Cilok Cipoki Sajikan Modifikasi Cilok Kekinian

Food & Travel 27 November 2020

cilok lezat madeinindonesia umkm cipoki jember indonesia kuliner culinary

Foto: instagram.com/cilokcipoki.id


Cilok konon katanya ada di setiap daerah di Indonesia, tapi mungkin dengan nama yang berbeda. Kudapan tersebut berasal dari provinsi Jawa Barat dan berasal dari kata aci dicolok sehingga disingkat menjadi cilok. Biasanya dalam satu porsi terdiri dari pentol cilok, tahu berisi tepung kanji, mi, terkadang juga ada siomai.

Kota Jember memiliki sebuah kedai yang menyediakan berbagai menu makanan berbahan cilok yang dimodifikasi, namanya Cipoki. Usut punya usut ternyata Cipoki ini merupakan singkatan dari Cilok Punya Orang Kece Indonesia. Menurut akun Instagram-nya, mereka ingin menaikkan image cilok yang jadi makanan pinggir jalan dan kelas bawah.

Cipoki menyediakan cilok original sampai cilok masa kini dengan sentuhan cita rasa a’la Eropa. Misalnya cipoki great (cilok dan siomai goreng), cipoki twist (cilok, macaroni pasta dan siomai goreng) cipoki macs (cilok dan macaroni pasta), cipoki soms (siomai kukus dan macaroni pasta), somiun (siomai kukus) isi 3-5, somreng (siomai goreng) isi 3-5 dan macapoks (macaroni pasta). Harganya mulai Rp9.000 - 16.000.

Bagaimana penyajiannya? Misalnya cipoki pangs dengan isian cilok daging, siomai, bakso dan makaroni yang diguyur dengan saus spesial. Karakter rasanya kuat dengan tambahan taburan wijen.

Ternyata Cipoki tidak saja menyediakan menu-menu andalan berbahan cilok tapi ada juga ada yang berbahan dasar mi. Misalnya, pastamona (spageti) seharga Rp16.000, hingga carborio (carbonara) seharga Rp18.000. Selain menu-menu di atas ada menu hits yang berbahan dasar batagor dengan harga Rp16.000.

Misalnya cipgore atau batagor dengan isian daging yang disiram dengan tidak menggunakan saus kacang seperti batagor umumnya, tapi menggunakan saus khusus kreasi mereka sendiri.




Foto: instagram.com/cilokcipoki.id/

Cipoki berada di Jalan Kalimantan No. 37 berhadapan dengan Senyum Media, juga dekat dengan Universitas Jember. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online supaya bisa sampai di kedai tersebut atau melakukan pemesanan melalui aplikasi. Cipoki mulai beroperasi pada pukul 08.00 - 23.00 WIB.

Selain bisa pesan menu makanan matang siap santap, Cipoki juga menyediakan versi bekunya. Konsumen cukup menggoreng dan memanaskan sausnya. Cocok untuk stok bahan makanan di rumah atau kos yang bisa dikonsumsi sewaktu-waktu.

cipoki
Foto: instagram.com/cilokcipoki.id/
Artikel ini ditulis oleh Karina Kusuma

cilok lezat madeinindonesia umkm cipoki jember indonesia kuliner culinary

Berita Terkait

Berita Video