Merasakan Sensasi Memiliki Pulau Pribadi di Gili Kondo

Food & Travel 30 November 2020

wisata lombok pulau gili kondo

Foto: instagram/@justdewa_


Salah satu daya tarik wisatawan ke Pulau Lombok adalah banyaknya pulau-pulau kecil atau gili di sekitar pantainya. Seperti Gili Kondo yang terletak di Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Gili Kondo memang tak sefamiliar Gili Trawangan, Gili Air atau Gili Meno, namun gili satu ini benar-benar menyimpan keidahan alam yang luar biasa. 

Gili Kondo merupakan daratan pasir di Pantai Sambelia yang tak terlalu luas. Lokasinya masih berdekatan beberapa gili lainnya seperti Gili Kapal, Gili Lampu dan Gili Bidara. Pasirnya berwarna putih gading seperti merica dan air lautnya berwarna biru muda jernih. Pulau kecil ini tak berpenghuni dan hanya dikunjungi oleh wisatawan.

Jika ada yang bertanya darimana asal nama Gili Kondo, sebenarnya 'kondo' merupakan Bahasa Sasak yang berarti burung bangau. Menurut mitos masyarakat lokal, dulu pulau kecil ini adalah sarang burung bangau. Karena itulah dinamakan Gili Kondo.

Pengunjung yang datang ke Gili Kondo tidak terlalu ramai sehingga kondisi alamnya masih benar-benar asri. Setiap pengunjung pasti akan merasakan sensasi seperti memiliki pulau pribadi.  

gili kondo
Foto: instagram/@nicolezehn

Hal yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Gili Kondo adalah menyaksikan keindahan alam bawah lautnya. Gili ini memang tak terlalu luas, namun pengunjung akan dibuat takjub saat menilik alam bawah lautnya yang begitu luas. Terdapat karang berwarna-warni serta satwa laut yang membuat banyak turis mancanegara rela datang untuk senorkeling dan diving. 



Panorama di sepanjang pantai gili ini juga menjadi harta karun bagi wisatawan. Pengunjung dapat menyusuri garis pantai sambil menikmati pemandangan pantai. Di sebelah barat gili terlihat kegagahan Gunung Rinjani, saat sore matahari akan berwarna kemerahan bersembunyi melalui Gunung Rinjani yang menjulang. Di arah timur nampak pemandangan gugusan Pulau Sumbawa Besar dan Sumbawa Kecil yang menawan.
 
Sejauh mata memandang, pengunjung akan menyaksikan pesona gili-gili lainnya. Seperti di bagian utara ada Gili Bidara dan Gili Bedagan. Jika air laut sedang surut, pengunjung juga dapat berjalan kaki menyusuri pasir putih sejauh 500 meter menuju Gili Bidara tanpa perlu menyeberang menggunakan kapal. 

gili kondo
Foto: instagram/@liburpedia

Selain untuk berwisata, Gili Kondo juga biasa dijadikan sebagai lokasi calon pengantin melakukan sesi foto pre-wedding. Tempatnya yang terbilang masih sepi pengunjung membuat proses pemotretan berlangsung mudah dan bebas tanpa ada gangguan. Hasil foto pun akan terlihat lebih romantis. 
 
Gili Kondo buka setiap hari 24 jam penuh. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Fasilitas di pulau ini cukup, seperti beberapa gubuk untuk beristirahat, penyewaan alat senorkeling dan diving, penyewaan kapal, toilet, beberapa warung makan, dan beberapa cottages untuk menginap.
 
Lokasi Gili Kondo berada 88 kilometer dari Kota Mataram atau sekitar dua jam perjalanan. Sekalipun perjalanannya jauh, kondisi jalan menuju lokasi seluruhnya sudah menggunakan hotmix dan tidak ekstrim.
 
Foto: instagram/@estergglez

Pengunjung perlu menyeberang dari Pelabuhan Padak Guar. Adapun rute menuju pelabuhannya, yakni: Kota Mataram - Cakranegara - Narmada - Sedau - Mantang - Kopang - Terara - Sikur - Paok Motong - Masbagik - Aikmel - Pringgabaya - Labuan Lombok Sambelia - Padak - Labuhan Padak Guar - Gili Kondo.
 
Untuk Transposrtasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dan jasa travel dengan harga Rp85.000-Rp300.000, karena belum ada angkutan umum bisa mengantarkan sampai ke pelabuhan. Tarif menyeberan ke Gili Kondo sekitar Rp25.000 per orang dengan estimasi waktu 10-20 menit. 
 
Adapun penginapan terdekat berada di Labuhan Padak Guar bernama Kondo Bungalow. Fasilitas yang disediakan adalah area parkir, akses Wi-Fi dan akses ke gili. Jika ingin menginap sebaiknya memesan terlebih dahulu karena jumlah kamarnya terbatas. Tarifnya sekitar Rp112.500 untuk sekali menginap. 
Artikel ini ditulis oleh Baiq

wisata lombok pulau gili kondo

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video