Youtuber Masak Jenglot Goreng Tepung, Apa Rasanya?

News   19 November 2019

Sumber: Youtube

Belum lama ini seorang YouTuber melakukan aksi nekat dengan memboyong sesosok jenglot ke dalam konten videonya. Dia adalah Rio Ardhillah.

Lewat chanel Youtubenya, Rio Ardhillah mengunggah video yang merekam dirinya tengah menggoreng jenglot. Tak sendiri, proses memasak itu ditemani oleh dua sobat karibnya.

Rio dan dua rekannya mengawali video berjudul 'Cuma Kita yang Berani Goreng Benda Ini' dengan beberapa kalimat pembuka. Secara singkat mereka menjelaskan isi konten video yang akan dibuat. Ia memberi tema video ini 'Rio ekspedisi misteri'.

Meski mengusung nama misteri, namun isi kontennya justru terkesan nyeleneh. Sebelum mulai memasak, Rio mulai menunjukkan jenglot yang baru saja dikeluarkan dari kotak hitam.

jenglot goreng
Sumber: Youtube

Ada alasan khusus mengapa Rio membuat video tutorial memasak jenglot. Rupanya ia sudah cukup jengah melihat banyak orang Indonesia percaya hal-hal berbau musyrik. Contohnya seperti menyimpan jenglot sebagai penglaris atau jimat kebal.

“Kenapa kita goreng jenglot ini. Jenglot ini sudah sangat meresahkan, banyak yang minta ini-itu ke jenglot. Masa gara-gara jenglot aja kita menyekutukan Allah,” kata Rio.

Dalam video berdurasi 15 menit itu, Rio menyebut dirinya berhasil memperoleh jenglot ini di sebuah toko online shop seharga Rp 800 ribu.

“Katanya, jenglot ini tuh orang yang sudah bertapa lama. Lalu diam aja, lama-lama berubah jadi jenglot,” jelas Rio.

jenglot goreng
Sumber: Youtube

Jenglot yang akan dimasak itu terlihat kecil berwarna hitam. Jika diperhatikan sosoknya memang menyeramkan, tubuh mungilnya ditumbuhi rambut panjang menjuntai.

Setelah memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak, Rio dan dua temannya kemudian meraciknya. Mereka membuat adonan dari tepung terigu yang dicampur air. Sekilas mirip adonan untuk membuat gorengan.

Adonan yang sudah siap itu kemudian dicelupkan jenglot dan diaduk hingga rata. Seluruh bagian jenglot tertutupi adonan tepung. Setelah siap, jenglot langsung digoreng di minyak panas hingga matang.

“Wah wanginya enak loh, kaya ayam,” ujar Youtuber ini.

jenglot goreng
Sumber: Youtube

Sontak aksi Rio yang diunggah pada 15 November 2019 ini menarik perhatian. Banyak netizen menganggap bahwa kini hantu sudah tak ditakuti lagi. Namun ada juga netizen yang menantang para selebriti chef untuk memasak jenglot krispi.

Di akhir video, tiga pria ini tak menyantap jenglot yang sudah matang itu. Jenglot hanya digoreng untuk membuktikan jika benda ini cuma barang mati yang tak perlu diagung-agungkan apalagi disembah.

“Nah temen-temen akhirnya sudah jadi masakan kita jenglot goreng krispi. Tujuan kita bikin video ini biar jangan percaya sama benda-benda seperti ini. Jangan musyrik percaya sama selain Allah,” pungkas Rio.

Artikel ini ditulis oleh Jihan
back to top