Yuk Ikutan Tur Virtual Keliling Jakarta

News 29 April 2020

guide jakarta virtual tur

Foto: twitter.com/JKTgoodguide


Gara-gara pandemi Corona, rencana liburan yang mungkin sebelumnya sudah kita rencanakan jadi berantakan. Sektor pariwisata memang menjadi salah satu sektor yang paling terpukul dengan adanya pandemi ini.

Teknologi menjadi salah satu solusi dalam kondisi seperti saat ini. Hal itulah yang dilakukan oleh para pemandu wisata berlisensi yang tergabung dalam Jakarta Good Guide. Dengan menggunakan salah satu aplikasi conference call, Zoom, mereka membuat tur wisata virtual menjelajahi sejumlah lokasi yang ada di Jakarta seperti Kota Tua, Pecinan, Manggarai, Jatinegara, Blok M, dll.

Informasi mulai dari perkembangan sejarah hingga lokasi kuliner terkenal dijelaskan dengan gaya bertutur, lengkap dengan foto dan video pendukung.

Namun tur virtual ini bukan berarti tidak memiliki kendala. Seperti yang dijelaskan oleh Chandra Adwitiyo, salah seorang pemandu wisata dari Jakarta Good Guide. Kendala yang sering muncul adalah permasalahan kuota dan sinyal seluler. Selain itu tidak semua guide terbiasa menggunakan fasilitas conference call di komputer.

tur

Setiap harinya tur virtual ini menyajikan rute dan lokasi wisata di Jakarta yang berbeda-beda. Rute dan lokasi wisata virtual ini dipilih dari sejumlah lokasi yang sudah biasa ditunjukkan oleh pemandu wisata di Jakarta Good Guide saat membawa wisatawan dalam kondisi normal. Dengan durasi sekitar 1,5 jam, tur wisata virtual ini mendapatkan animo dan respon positif dari para peserta.



″Di tur virtual ini kita akan ditunjukkan foto-foto yang nggak dikasih tahu saat jalan beneran. Misalnya gambar mukanya patung Pancoran,″ kata Katherina sebagai salah satu peserta tur virtual.

tur

Untuk mengikuti tur wisata virtual ini, Jakarta Good Guide tidak mematok tarif. Peserta membayar secara sukarela lewat sistem transfer bank. Berafiliasi dengan para pemandu wisata di kota lain, tur virtual seperti ini juga digelar di Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut serta pendaftaran, Anda bisa kunjungi https://jakartagoodguide.wordpress.com.

guide jakarta virtual tur

Berita Terkait

Berita Video