Alasan Tiap Hotel Wajib Punya Video Virtual Reality

Techno 31 Maret 2020

hotel reality virtual

Foto: news.hiinc.com


Penggunaan teknologi virtual reality (VR) dalam industri perhotelan dapat memberikan keunggulan kompetitif dan memungkinkan konsumen untuk mencoba hotel sebelum melakukan pemesanan. Namun, ada juga keuntungan lain untuk memanfaatkan metode pemasaran lewat VR.

Apa itu Virtual Marketing?
VR adalah teknologi yang membenamkan pengguna dalam lingkungan digital yang realistis tanpa harus berada di tempat sebenarnya. Virtual marketing adalah praktik menggunakan video VR untuk mempromosikan produk dan jasa. Video VR dapat memberikan pengalaman virtual yang realistis, yang secara akurat dapat menampilkan hotel dan atraksi. Video VR dapat ditampilkan pada semua perangkat, seperti ponsel, tablet, komputer desktop dan tentu saja pada headset VR.

Namun, secara tradisional, salah satu kendala bagi virtual marketing adalah biaya headset virtual reality dan kebutuhan perangkat lunak khusus.

Untuk hotel, ada sejumlah alasan mengapa video VR interaktif dapat bermanfaat.

1. Merasakan Pengalaman
Semua orang mencari liburan yang ideal ketika mereka memesan hotel. Oleh karena itu, salah satu manfaat utama dari video VR adalah memberikan konsumen sebuah pengalaman untuk mengenal properti hotel sebelum mereka kunjungi. Mulai dari resepsionis, kamar, kolam renang, pusat kebugaran, restoran dan fasilitas lainnya.

2. Menciptakan Nilai Tambah
Jika sebuah gambar bernilai seribu kata, dan video bernilai seribu gambar maka video VR tak ternilai harganya. Video VR adalah hal terdekat untuk menggantikan kehadiran secara fisik. Konsumen potensial akan dapat melihat kualitas yang unik dari hotel secara langsung, dan mendapatkan alasan kenapa mereka harus mem-booking hotel Anda.



3. Elemen Interaktif
Salah satu hal terbaik tentang video VR adalah kemampuan untuk menambahkan elemen interaktif. Misalnya, ketika konsumen memasuki hotel, Anda dapat memastikan mereka disambut hangat dan profesional oleh resepsionis. Konsumen dapat menggunakan ini untuk menerima informasi lebih lanjut, melihat kamar hotel dan restoran, melihat beragam kegiatan di hotel misalnya pernikahan, pertemuan bisnis atau mendengarkan chef saat menjelaskan menu di restorannya.

vr
Sumber foto:youtube/@Proffice France

4. Meningkatkan Pemesanan Langsung
Pemesanan langsung lebih disukai oleh pihak hotel, karena mereka bisa memotong biaya komisi yang harus diberikan kepada agen. Sebuah video VR dapat membantu konsumen untuk memutuskan secara cepat. Dengan menambahkan fungsi pemesanan langsung dalam video VR, otomatis konsumen bisa langsung memesan tanpa melalui agen.

5. Meningkatkan Tawaran
Lewat video VR, konsumen dapat dengan mudah memvisualisasikan jenis kamar yang berbeda. Hal ini membuat lebih mudah untuk menginspirasi mereka untuk meng-upgrade kamar atau kelas.

6. Lebih Kompetitif
Pada akhirnya, VR adalah alat pemasaran yang inovatif. Mengadopsi metode ini akan membedakan hotel Anda dari saingan yang tidak menggunakan teknologi VR. Dengan memberikan video VR, Anda dapat meningkatkan kemungkinan konsumen untuk memesan hotel. Hal ini dapat membantu untuk memberikan keunggulan kompetitif atas kompetitor di wilayah yang sama.
Artikel ini ditulis oleh Jihan

hotel reality virtual

Berita Terkait

Berita Video