Sejuta Keindahan di Pantai Mekaki

Food & Travel 20 November 2020

Foto: instagram/@ridho_farit_hardja

Jika menyukai wisata dengan suasana petualangan, tidak ada salahnya untuk mencicipi keindahan Pantai Mekaki. Pantai Mekaki atau dikenal sebagai Teluk Mekaki adalah salah satu pantai di Pulau Lombok yang masih alami dan terjaga keasriannya. Sehingga sangat cocok untuk rileksasi atau mencari ketenangan. Pantai ini berlokasi di Jalan Raya Mekaki, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong Tengah, Lombok Barat.
 
Salah satu hal yang menarik saat berwisata ke Pantai Melaki terletak pada perjalanannya. Sepanjang jalan, pengunjung akan ditemani pemandangan alam yang subur berupa perbukitan, hamparan sawah hingga peternakan. Semakin dekat ke arah pantai, akan disambut dengan pemandangan tiga gili, yakni Gili Gede, Gili Nanggu, dan Gili Penyu.
 
Foto: instagram/@kepusek

Pemandangan garis Pantai Mekakaki yang melengkung seperti bulan sabit menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ditambah dengan pasir putih dan warna biru lautan yang terhampar. Ombak pantai ini terbilang tenang dan aman untuk aktivitas olahraga air seperti berenang, berkano dan senorkeling. Hembusan hangat angin pantai akan membuat perasaan nyaman, terlebih saat cuaca sedang cerah.
 
Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Mekaki untuk menghilangkan stres dan penat. Cukup duduk di atas pasir putih, sambil menikmati suara ombak dan hembusan angin akan membuat pikiran menjadi tenang. Berjalan menyusuri garis pantai sambil dan menikmati pesona pantai yang indah juga merupakan pilihan yeng tepat saat berada di Pantai Mekaki.

pantai mekaki
Foto: instagram/@lutitorn

Pasir pantai Mekaki ini didominasi dari material kulit kerang yang hancur sehingga butirannya agak kasar namun tetap aman untuk diinjak. Banyaknya kulit kerang yang tersebar di pinggir pantai menjadi salah satu objek fotografi untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Selain itu juga terdapat objek menarik lainnya untuk difoto seperti lanskap perbukitan, nelayan, dan perahu. 
 
Jika ingin menikmati view keseluruhan pantai, silakan mendaki perbukitan yang terdapat di sebelah kanan pantai. Dari perbukitan tersebut, pengunjung bisa menyaksikan garis pantai yang berbentuk cekung ke dalam di antara perbukitan yang mengelilinginya seperti bulan sabit berwarna biru. 
 

Foto: instagram/@lutitorn

Jika sudah puas mengelilingi dan menikmati panorama sepanjang garis Pantai Mekaki, bisa bersantai di bawah jajaran pohon kelapa yang rindang di tepian pantai. Biasanya banyak masyarakat setempat yang akan menawarkan kelapa muda bagi pengunjung dengan harga Rp10.000. 

Jam Buka, Tiket Masuk dan Fasilitas
Pantai Mekaki dibuka setiap hari 24 jam, namun masih minimnya penerangan jadi pengunjung disarankan meninggalkan tempat jika sudah sore hari. 
 
Tiket masuk Pantai Mekaki sebesar Rp5.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor, parkir mobil sebesar Rp10.000 dan bus sebesar Rp20.000. 
 
Pantai Mekaki menyediakan fasilitas berupa tempat parkir dan pantai itu sendiri, belum terdapat fasilitas lainnya seperti musala, warung makan, toilet, toko oleh-oleh dan penginapan. 
 
Akses, Rute dan Transportasi
Pantai Mekaku berada sekitar 63 kilometer dari Kota Mataram, dengan waktu tempuh selama 1 jam 30 menit perjalanan. Kontur jalannya sudah beraspal panas, namun di beberapa bagian terdapat jalan menanjak dan menurun yang cukup ekstrim. Dan terdapat sekitar 100 meter menuju pintu masuk jalan berbatu namun masih aman untuk dilewati kendaraan. 
 
Rute menuju Pantai Mekaki: Mataram - Banyumulek - Lembar - Jakem - Eyat Mayang - Cendimanik - Sekotong - Pelangan - Pantai Mekaki. 
 
Belum terdapat angkutan umum yang dapat membawa Teman Brisik sampai ke lokasi pantai. Selain kendaraan pribadi, Teman Brisik bisa menyewa kendaraan dengan tarif untui motor sekitar Rp85.000, mobil sebesar Rp250.000 dan jasa travel sekitar 200 ribu hingga 350 ribu per hari. 
 
Penginapan Terdekat
Salah satu penginapan terdekat dari Pantai Mekaki adalah Palmyra Indah Bungalow. Penginapan berjarak sekitar 7 kilometer dari lokasi pantai. Alamatnya di Pelangan, Sekotong Tengah, Lombok Barat. Penginapan ini menyediakan fasilitas berupa: area parkir, bar, restoran, akses pantai, laundry, akes Wi-Fi dan sarapan. Tarifnya sekitar Rp273.000 untuk sekali menginap.

Tags : laut pantai mekaki lombok lombok barat sekotong pasir bukit

Artikel ini ditulis oleh : Baiq


Berita Terkait

Food & Travel

Bukit Tengah Klungkung yang Damaikan Hati

Hadirkan alam hijau nan indah dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat refreshing.

26 Apr 2021

Food & Travel

Pelecing Kangkung, Panganan Khas di Pulau Lombok

Bahkan di setiap tempat wisata di Lombok menjadikan pelecing kangkung sebagai menu wajib tersedia.

24 Apr 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 Apr 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Menyambangi Museum POLRI Jakarta yang Edukatif Sekaligus Ramah Anak

Tempat terbaik mengenal dunia polisi dengan suasana seru dan edukatif.

11 Agustus 2020

Food & Travel

Ciwidey Valley Resort, Sanggraloka Dengan Pemandian Air Panas

Sumber airnya alami bersumber dari Kawah Putih.

25 Oktober 2020

Food & Travel

Menaklukkan Ombak Pantai Gerupuk yang Menantang

Tidak hanya terkenal sebagai pusat surfing, Pantai Gerupuk juga memiliki keindahan yang menawan

06 Februari 2021

Food & Travel

Surga Dimsum Ada di Dimsuming

Bisa memilih dimsum kukus maupun goreng.

21 Januari 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Berburu Makanan dan Minuman di KRJ (Kampoeng Ramadhan Jogokariyan)

Pasar takjil yang lengkap dan bisa lanjut beribadah sesudah berbuka.

07 Mei 2021

Food & Travel

Mencoba Mie Jadoel Cirebon di Mie Murni

Mencicipi mie tradisional dengan resep turun temurun di Cirebon.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bermalam Dalam Tenda Ger di The Highland Park Resort

Serasa seperti orang bangsa Mongol atau Indian.

07 Mei 2021

Food & Travel

Kumpul lagi di Kedai Kopi Kawan Lama

Ngopi sambil di temanin iringan lagu dari para bang-band ini bisa banget di Kedai ini.

07 Mei 2021

Food & Travel

Berfoto Ria Di Gang Kecil Dengan Nuansa Kolonial di Jalan Prenjak

Di sini merupakan tempat bersejarah dengan bangunan tua sebagai latarnya.

07 Mei 2021

Berita Video

more