Warung Mba Fey Bikin Lemas

Food & Travel 22 Januari 2021

kalsel banjarmasin lemes ayam hot pedas kuliner food

Foto: instagram.com/warungmbafey


Makanan pedas pasti sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Saking akrabnya, makanan pedas sering menjadi buruan hingga menu-menu baru yang bercita rasa pedas sebagian besarnya berakhir menjadi populer.

Seperti yang beberapa waktu belakangan ini, ayam geprek dan ayam penyet. Sekilas nampak sama saja, namun sebenarnya dua varian menu ayam bercita rasa pedas ini memiliki sedikit perbedaan. Yakni bumbu dalam pembuatan sambalnya, dan juga cara penyajiannya. Dalam ayam geprek, ayamnya ikut diulek bersama sambal. Sedangkan ayam penyet, ayamnya hanya dipenyetkan sedikit lalu dibaluri sambal di atasnya.

Menyusul dua menu populer ini, muncul varian ayam bercita rasa pedas lainnya Namanya ayam lemes. Sebenarnya ayam lemes tidak berbeda dengan ayam geprek. Hanya saja tingkat kepedasannya yang lebih tinggi. Sehingga nama ayam lemes sendiri diambil karena saat memakan menu ayam yang satu ini kita bisa dibuat lemas saking pedasnya.

fey
Foto: instagram.com/warungmbafey

Di Kota Banjarmasin sendiri, ada satu tempat makan yang menyediakan menu ayam lemes. Dikatakan demikian karena tempat makan yang satu ini merupakan tempat makan pertama yang menyajikan menu ayam lemes di Kota Banjarmasin sejak tahun 2016. Tempat makan yang dimaksud adalah Warung Mba Fey di Jalan Dharma Bakti VF No. 97, Pemurus Luar, Banjarmasin Timur. Beroperasi setiap harinya pada jam 09.00 – 17.00 WITA.



Untuk menu ayam sendiri, Warung Mba Fey menyajikannya dengan harga yang terbilang terjangkau, mulai dari Rp22.000 saja per porsinya. Bagi yang tidak terbiasa dengan makanan pedas, atau masih ragu mencicipinya, bisa memilih tingkat kepedasan: tidak pedas, pedas sedang, dan pedas.

Warung Mba Fey masih memiliki menu istimewa lainnya dan tentu saja masih memiliki hubungan dengan menu ayam lemes. Di sini juga terdapat menu baso lemes, jamur lemes, paru lemes, hingga perpaduan antara beberapa menu lemes dan dicampur menjadi satu. Sama halnya dengan menu ayam, baso lemes dan paru lemes juga disajikan dengan harga Rp22.000 per porsinya dengan opsi level pedas yang sama.


Foto: instagram.com/warungmbafey

Bosan memakannya dengan nasi? Tenang… karena di Warung Mba Fey Anda bisa menyantap berbagai menu lemes ditemani oleh mi goreng instan. Demi memanjakan lidah, juga bisa menambahkan berbagai macam ekstra hanya dengan menambah biaya sebesar mulai dari Rp5.000 saja. Ekstra yang bisa ditambahkan di antaranya seperti telur orak arik, keju mozzarella, telur mata sapi, petai, telur dadar, berbagai macam kerupuk, peyek, hingga amplang.
 
Artikel ini ditulis oleh Tirameashu

kalsel banjarmasin lemes ayam hot pedas kuliner food

Berita Terkait

Berita Video