Spot Foto Instagramable Berlatar Gedung De Majestic Nuansa Vintage

Food & Travel 01 Maret 2021

Foto: Brisik.id/Syarif Pulloh Anwari

Saat akhir pekan tiba sudah menjadi keharusan untuk jalan-jalan di Kota Bandung menghilangkan penat yang setiap harinya disibukkan dengan pekerjaan atau tugas sekolah. 

Selain terkenal dengan kulinernya, Bandung punya banyak amunisi tempat wisata yang seharian saja tak habis untuk disambanginya. Saat menikmati keindahan Kota Bandung tak afdol rasanya jika tak mengabadikannya dalam bentuk foto. 

Kota Bandung banyak sekali tempat spot foto yang sangat instagramable dengan latar bangunan tua terutama di sekitar Braga. Salah satunya bangunan tua bernama De Majestic. Gedung ini kini digunakan menjadi gedung kesenian dan kebudayaan. Di sini, kalian dapat menyaksikan berbagai konser musik, pementasan tari tradisional maupun modern, hingga pameran berskala nasional seperti lukisan hingga barang antik.

Gedung De Majestic ini sudah ada sejak pertengahan 1920an menjelma menjadi pusat pertokoan yang sangat bergengsi jaman dulunya. 

Foto : Brisik.id/Syarif Pulloh Anwari

Dulu gedung Majestic ini menjadi sarana hiburan dan yang paling terkenal adalah bioskopnya. Awal 1920an di orderlah Technisch Bureau Soenda untuk melaksanakan pembangunan. Arsiteknya Prof. Ir. Wolf Schoemaker merupakan seorang guru besar dari Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB) yang karya-karyanya tersebar di Bandung. 

Awal berdiri gedung ini dahulu dinamai dengan nama Bioscoop Concordia karena letaknya berada di sebelah Societeit Concordia yang kini menjadi Gedung Merdeka. Concordia memiliki arti yang merupakan nama Dewa Keharmonisan dan Kedamaian Romawi Kuno. Bioscoop Concordia ini merupakan salah satu bioskop pertama di Kota Bandung. 

Film pertama yang ditayangkannya adalah film asli legenda Sunda yakni  "Loetoeng Kasaroeng", yang disutradarai oleh dua orang Belanda bernama G Kruger dan L. Heuveldorp serta dibintangi pemain pribumi. Film produksi NV Java Film Company ini diambil dari pantun "Si Lutung yang Tersesat". Kala itu, pantun ini tengah populer di masyarakat Sunda. Pemutaran perdananya di lakukan pada 31 Desember 1926. 

Bioscoop Concordia sudah beberapa kali berganti nama menjadi Oriental Bioskop dan Bioskop Dewi. Pada tahun 2002 gedung ini alih fungsi menjadi tempat pertemuan, pameran, acara musik, dan lain sebagainya. Bangunan ini pun sempat diberi nama menjadi Asia Africa Cultural Center (AACC). 

Bangunan De Majestic ini yang memiliki nilai historisnya panjang dari zaman ke zaman, masuk bangunan cagar budaya kelas A yang artinya bangunan ini harus tetap ada dan dilindungi kelestarian. Sehingga jika ingin melakukan renovasi atau ada perubahan dari sisi arsitektur bangunannya, harus lebih dulu berkonsultasi dengan tim cagar budaya.

Foto : Brisik.id/Syarif Pulloh Anwari

Kini gedung De Majestic pun pengelolaannya oleh PD Jasa dan Kepariwisataan Provinsi Jawa Barat. Lokasi gedung De Majestic berada di Jalan Braga No.1, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Teman Brisik saat kalian sedang jalan-jalan di sekitar Braga, bisa sempatkan dan sambangi gedung De Majestic ini. Dengan latar jalan Braga yang berasa di Eropa banget. Kalian wajib mampir ke gedung yang satu ini apalagi buat yang hobi fotografi atau sekedar selfie di pintu masuknya, dengan latar gedung yang memiliki gaya neo-klasik yang bisa kalian temui di beberapa kota besar lainnya seperti Kota Tua di Jakarta.

Jika kalian ingin bermalam di sekitar Braga, kalian tak perlu repot, tepatnya di seberang gedung De Majestic ini ada penginapan yakni Ibis Styles Bandung Braga. Untuk tarifnya sangat terjangkau kisaran Rp300.000 per malam. Cukup terjangkau bukan? Kalian bisa sambil menikmati Kota Bandung.

 

Tags : vintage bandung bangunan tua de majestic gedung de majestic

Artikel ini ditulis oleh : Syarif


Berita Terkait

Food & Travel

Sensasi nongkrong ala tahun 90an di Kopi Mama Ury

Tempat makan 90an di Surabaya dengan dekorasi unik.

16 Apr 2021

Food & Travel

Suguhan Rasa Istimewa dari Waroeng Mie Kocok Cijagra 2

Asin gurih pada kuah mie kocok dijamin mampu meningkatkan selera makan.

15 Apr 2021

Food & Travel

Cizz Cheesecake & Friends, Katanya Cheesecake Terenak di Bandung

Menjual berbagai cheesecake yang lumer di mulut dengan beragam rasa.

15 Apr 2021

Voucher Rekomendasi

FUNWORLD - BANDUNG

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

Dago Dreampark

Travel

Rp 27,000 Rp 33,000

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Tulip Living Cafe & Home Decor, Cafe dengan Suasana ala Bali di Yogyakarta

Suasana bohemian yang menghiasi seluruh cafe ini akan membuat kamu semakin nyaman dan betah.

06 April 2021

Food & Travel

Ada Galeri dan Mini Market Korea di Namu Coffee & Eatery

Makanan yang disajikan pun a'la Korea.

08 April 2021

Food & Travel

Say Story, Kedai Minuman Dingin si Penambah Semangat

Rasa dari Redvelvet-nya sendiri manis, tetapi tidak semanis coklat, sehingga sangat pas di mulut.

04 April 2021

Food & Travel

PoSaRang, Dagingnya Korea Banget!

Harganya miring dan tentu saja halal.

05 April 2021

Food & Travel

Kepiting Sadis, Tega Bikin Kamu Ketagihan

Hidden gems untuk nikmati seafood enak, banyak dan murah.

08 Maret 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Fluffy Pancake Japan Hadir di Pan&Co

Fluffy pancake otentik dari Japan.

17 April 2021

Food & Travel

Ada Kebun Rahasia di Kopihan

Kebun rahasia yang sangat romantis cocok banget sebagai tempat berdua bersama pasangan.

17 April 2021

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Berita Video

more