Nikmati View Mooi Indie di Wisata Irigasi Talangseng

Travel 10 September 2021

Foto: Brisik.id/Ferdy

Indonesia dikenal dengan makanan pokok bagi masyarakatnya berupa nasi. Hal ini jadi alasan banyak terdapat lumbung padi di setiap daerah dari Sabang sampai Merauke. Salah satu alasan ini juga yang bikin kolonial Belanda saat dahulu menjuluki Nusantara sebagai Mooi Indie atau "Hindia yang molek".

Namun, siapa bilang lumbung padi cuma ada di perdesaan? Masih banyak daerah di Indonesia yang pusat kotanya terdapat sawah-sawah luas. Wisata Irigasi Talangseng di Kabupaten Garut merupakan satu di antaranya. Sajian kesejukan serta keindahan alamnya bisa jadi alternatif melepas penat bagi teman Brisik kalau berkunjung ke daerah yang dijuluki Kota Intan ini.

Foto: Brisik.id/Ferdy

Mula Nama Talangseng

Talangseng sendiri diambil dari nama saluran irigasi yang berupa jembatan. Nama Talangseng punya arti saluran air yang terbuat dari seng atau juga jenis logam lainnya. Saluran irigasi Talangseng pun ternyata punya dua fungsi sekaligus. 

Pertama, bangunan ini dibikin untuk mengalirkan air dari satu kawasan ke kawasan lain yang terpisah oleh jurang sungai. Kedua, fungsi saluran ini juga menjadi sarana lalu lintas warga lantaran bagian atasnya tertutup selayaknya jembatan biasa. Pada kedua sisi kiri dan kanannya jembatan irigasi ini pun terdapat besi pembatas.

Foto: Brisik.id/Ferdy

Kombinasi Irigasi dan Lumbung Padi

Wisata Irigasi Talangseng terletak di Kampung Ciburuy, Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Talangseng merupakan salah satu blok dari kawasan irigasi Cimaragas. Sebelum punya fungsi tambahan sebagai tempat wisata, sekitaran lokasi Wisata Irigasi Talangseng ini cuma diperuntukkan sebagai lumbung padi dan perkebunan warga. 

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, luasan pematang sawah di blok Talangseng mencapai 5.770 m2. Sehari-hari, terlihat sejumlah warga yang turun ke sawah mengurus lahannya. Ada pula yang memanfaatkan saluran irigasinya untuk menangkap hewan air.

Foto: Brisik.id/Ferdy

Lantaran mempunyai pemandangan yang sangat indah, warga pun berinisiatif untuk menjadikan kawasan irigasi Talangseng sebagai tempat wisata. Sejumlah fasilitas penunjang wisata pun dibangun. Mulai dari warung-warung, saung atau pondokan, lokasi swafoto hingga taman bunga. Hingga kemudian Wisata Irigasi Talangseng ini diresmikan oleh Pemda Garut pada Juli 2020 lalu. 

View Mooi Indie di Wisata Irigasi Talangseng

Teman Brisik pasti pernah menggambar pemandangan sawah, sungai dan gunung saat sekolah dasar kan? Nah, pemandangan itu jadi tema lukisan favorit para seniman Eropa di masa kolonial Belanda atau disebut aliran Mooi Indie. Orang-orang Eropa begitu terkesan dengan keindahan alam Hindia Belanda ketika itu. Pemandangan semacam inilah yang jadi daya tarik utama Wisata Irigasi Talangseng.

Foto: Brisik.id/Ferdy

Kalau berkunjung ke Wisata Irigasi Talangseng, Teman Brisik bakal langsung disambut dengan hamparan pematang sawah sejauh mata memandang. Saat melihat ke sebelah Utara, tampak pemandangan Gunung Cikuray yang menjulang tinggi. Pemandangan Gunung Karacak tampak di arah Selatan. Sementara di sebelah Barat dan Timurnya, tampak perbukitan dan sejumlah permukiman warga.

Nuansa pedesaan yang hijau dan asri di Wisata Irigasi Talangseng bisa menjadi pelepas penat dari hiruk-pikuk kesibukan kota. Aliran air dari saluran irigasi dan sungai di bawah jembatan pun makin menambah kesan kesegaran yang alami.

Foto: Brisik.id/Ferdy

Jalur Favorit Joging dan Bersepeda

Pagi dan sore hari menjadi waktu-waktu paling tepat untuk berkunjung ke Wisata Irigasi Talangseng. Sebab, suasana di sana akan makin terasa sejuk dengan angin sepoi-sepoi. Teman Brisik bisa menghabiskan waktu untuk sekadar duduk-duduk santai di shelter yang tersedia. Kalau datang bareng keluarga, bisa pula makan bersama atau botram dan berfoto.

Foto: Brisik.id/Ferdy

Selain itu, tempat ini juga ternyata jadi jalur joging dan bersepeda favorit banyak orang. Jalanan setapak yang melintasi tempat wisata ini banyak disukai para peminat olahraga karena keasriannya. Selalu ada saja orang yang berkunjung untuk beristirahat sejenak usai joging atau bersepeda. Pada akhir pekan, rombongan komunitas gowes pun kerap terlihat mengunjungi Kawasan Irigasi Talangseng.

Nuansa Desa di Dekat Kota

Wisata Irigasi Talangseng merupakan destinasi wisata yang paling dekat dengan pusat kota Garut. Lokasi wisata ini cuma berjarak 4,5 km dengan waktu tempuh berkendara sekitar 15 menit saja dari alun-alun Garut. Sebetulnya ada dua jalur untuk menuju ke sana, dari arah Jalan Garut-Tasik dan Jalan Bratayudha. Namun, pada tulisan ini jalur dari Jalan Bratayudha yang bakal dijelaskan.

Foto: Brisik.id/Ferdy

Kendaraan umum maupun pribadi bisa membawa wisatawan menuju lokasi. Kalau memakai kendaraan umum, wisatawan bisa naik angkutan kota (angkot) warna cokelat dengan nomor trayek 02 tujuan Terminal Garut-Sukadana dan ongkos sekitar Rp5.000. Berhenti di pertigaan Margawati, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan memakai jasa ojek pangkalan dengan kisaran ongkos Rp15.000. Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini, wisatawan sudah langsung disajikan pemandangan kebun, sawah dan saluran irigasi usai memasuki kawasan Cimaragas.

Foto: Brisik.id/Ferdy 

Sementara kalau menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dianjurkan menggunakan sepeda motor yang bisa langsung menuju ke lokasi wisata melalui jalan setapak. Sebab, Wisata Irigasi Talangseng tampaknya belum mempunyai lahan parkir khusus untuk mobil. 

Sejauh ini, Wisata Irigasi Talangseng masih terbuka untuk umum dengan tanpa adanya tiket masuk. Lantaran fasilitas yang tersedia pun belum lengkap, wisatawan yang menginap bisa memilih hotel atau penginapan di sekitaran kota. Penginapan terdekat dari Wisata Irigasi Talangseng adalah Sudirman Guesthouse Syariah. 

Cuma berjarak 2,3 km dari lokasi wisata, penginapan ini juga dekat dengan sejumlah rumah sakit dan pusat oleh-oleh kerajinan kulit Sukaregang. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap mulai dari lingkungan kamar yang rapi dan bersih lengkap dengan air panas, AC, Wi-Fi gratis, bisa extra bed serta dekat dengan warung karena berada di pinggir jalan utama. Harga sewa untuk satu malam pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp200.000-an. 

Tags : garut wisata travel brisik.id brisik talangseng irigasi lumbung padi sawah mooi indie liburan alam holiday

Artikel ini ditulis oleh :

Ferdy
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Garut {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Kuliner

Karpen Coffee, Tempat Ngopi Sore di Pinggiran Sawah

Cafe ini menawarkan tempat nongkrong tengah kota dengan view persawahan yang ada di sekitar kedai.

26 Sep 2021

Kuliner

Sweet Cantina Toko Ice Cream Kekinian

Merasakan es krim enak home made di Bandung.

22 Sep 2021

Kuliner

Nuansa Segar Persawahan di Sawah Segar Sentul

Berkonsep alam pedesaan dengan gaya tradisional.

21 Sep 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Kuliner

Duduk Cerita, Tempat Nongkrong Asyik di Sudut Kota Cimahi

Suasananya asri dan nyaman mirip dijumpai di rumah nenek.

08 Juli 2021

Kuliner

Kubu Coffee, Suguhkan Pemandangan Kota Palangkaraya dari Atas Ketinggian

Coffe shop nyaman yang mengusung konsep minimalis elegan di Palangkaraya.

17 Juni 2021

Travel

Alam Caldera, Tempat Glamping di Kintamani

Menikmati berkemah dengan fasilitas layaknya hotel berbintang.

01 Agustus 2021

Kuliner

Rumah Makan Joglo Tirto Ngrowo, Berdiri di Tengah-Tengah Kebun Khas Pedesaan

Merasakan sensasi bersantap di rumah joglo yang nyaman.

01 September 2021

Travel

Pertapaan Kembang Lampir, Dulu Tempat Bertapa Kini Jadi Petilasan Keramat

Konon sebagai tempat pertapaan Ki Ageng Pemanahan.

15 September 2021

Terbaru

more

Travel

Berkunjung Ke Klenteng Tertua di Bekasi, Hok Lay Kiong

klenteng ini berdiri sejak tahun 1700.

29 September 2021

Kuliner

Leren Sejenak dari Hiruk Pikuk Yogyakarta di Leeren by Curio Espresso

Tempat istirahat sejenak dari kesibukan kota Jogja tanpa harus menempuh jarak jauh.

28 September 2021

Travel

Keindahan Alami Air Terjun Pancor di Pedalaman Desa Pakuniran

Dikelilingi oleh hutan dan airnya sangat jernih karena berasal dari mata air gunung.

28 September 2021

Travel

Pesona Menawan di Pantai Indah Widarapayung

Selain bermain air di pantai disini juga dapat mengendarai kuda yang ada di pinggir pantai.

28 September 2021

Kuliner

Nasi Goreng Porsi Jumbo dan Harga Bersahabat ala Pak Dji

Sejumlah pejabat dari Jakarta pernah makan nasi goreng ini.

28 September 2021

Berita Video

more