Cimory Dairyland, Wisata Edukasi Ikonik yang Kekinian

Food & Travel 26 Februari 2021

Foto: Brisik.id / Evio Tanti Nanita

Long weekend ini, mungkin bisa menjadi waktu yang pas untuk merencanakan liburan bareng keluarga beserta si buah hati. Salasatu tempat wisata rekomendasi di Prigen, yaitu Cimory Dairyland. Sebuah wisata edukasi serta tempat pengolahan susu yoghurt yang menarik untuk dikunjungi. Selain menikmati wahana- wahana keren, pengunjung akan diajari langsung mengolah susu yoghurt yang lezat. Sungguh menarik bukan!

Cimory Dairyland ini memang tergolong masih baru yang diresmikan pada Desember 2019 lalu. Prigen berada di kawasan dataran tinggi pegunungan bersebelahan dengan Trawas sehingga udara disekitarnya juga terasa sejuk dengan keindahan alam yang memukau. Konsep wahana wisata modern dan kekinian dengan desain arsitektur bangunan, desain wahana, dan spot-spot foto ala western begitu melekat di dalamnya. Tak heran, pas weekend banyak sekali keluarga dan anak-anak yang berlibur di sini.

Foto: Brisik.id/ Evio Tanti Nanita

Selama pandemi ini, Cimory Dairyland menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Para pengunjung diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak aman dengan pengunjung lainnya. Sebelum masuk, masing - masing diharuskan mencuci tangan memakai sabun, kemudian melakukan pengecekan suhu tubuh. Selain itu, di musim hujan seperti saat ini, lebih disarankan bagi pengunjung untuk membawa payung.

Para pengunjung Cimory Dairyland akan dimanjakan dengan banyak wahana seperti, Dairyland, De Windmills, Milk Museum, Museum Lulu, Resto Dairy, dan Dairy Shop. Harga tiket masuknya Rp 20.000 per wahananya. Saat weekend Rp 30.000 per wahananya. Saat weekday, buka pukul 09.00-17.00 WIB. Sedangkan, saat weekend, buka mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

Foto: Brisik.id /Evio Tanti Nanita

De Windmills
Di wahana De Windmills ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan taman bunga serta kincir angin yang terbuat dari plastik berwarna-warni. Di sekelingnya terdapat spot- spot foto menarik sembari menelusuri keindahan dari sisi yang lainnya. Spot yang paling disukai pengunjung adalah sebuah terowongan besar yang tersusun dari kincir angin berwarna-warni. Semilir angin serta kontur tanah yang naik turun menambah kecantikan taman bunga dan kincir angin yang berwarna-warni ini. Sungguh menjadi latar foto yang begitu sempurna.

Dairyland
Sebelum masuk wahana Dairyland, setiap pengunjung mendapatkan satu botol yoghurt dari Cimory.  Tak hanya itu, ada juga sebuah tempat untuk menyewa kostum koboi bagi kalian yang tertarik untuk berfoto dengan kuda atau pun binatang lainnya saat di kebun binatang. Sebagian kostum ada yang disewakan, ada juga yang dijual. Untuk harga sewanya juga bervariasi mulai dari Rp 25.000.

Foto: Brisik.id /Evio Tanti Nanita

Saat pertama kali masuk Dairyland atau kebun binatang mini ini, para pengunjung akan disambut dengan berbagai binatang melata dan sejenisnya. Kemudian, ada berbagai macam burung. Di sekelingnya juga banyak spot foto menarik yang disediakan untuk wisatawan. Setelah itu, kita dimanjakan dengan binatang lainnya seperti, berbagai jenis kuda, keledai, unta, sapi, domba, burung onta, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa berfoto langsung dan naik kuda berkeliling area. Tak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan memberi makan binatang tersebut dengan makanan yang tersedia. Bahkan kalian juga bisa mencoba memeras susu sapi, tentunya dengan dipandu oleh petugasnya.

Foto: Brisik.id /Evio Tanti Nanita

Milk Museum
Bagi kalian yang doyan minum susu yoghurt, mungkin pernah membayangkan bagaimana proses pengolahannya dari seekor sapi hingga menjadi minuman menyehatkan ini. Di Milk Museum, kalian tidak akan dibuat penasaran lagi. Pasalnya, para pengunjung akan diajari langsung cara mengelola susu yoghurt yang nikmat dan lezat. Tempat yang pas bagi anak-anak untuk bisa menambah wawasan dan pengetahuannya, ya!

Museum Lulu
Museum Lulu ini merupakan wahana dengan menghadirkan spot-spot foto keren yang memberikan efek 3D trick art sehingga hasil foto akan nampak begitu nyata. Lukisan-lukisan 3D-nya menampilkan keindahan berbagai bentuk binatang seperti, dinosaurus, dan lukisan dengan konsep lainnya. Bagi kalian yang hobi foto tentu tidak akan kewalahan berpose di tiap sudutnya. Hasil fotonya yang begitu instagrammable, akan sangat disayangkan kalau sampai terlewatkan.

Foto: Brisik.id / Evio Tanti Nanita

Resto Dairy
Para wisatawan yang lelah dan lapar setelah menghabiskan banyak tenaga untuk jalan-jalan hingga berfoto di berbagai wahana, saatnya mampir ke Resto Dairy. Selain memiliki aneka menu makanan yang lezat, tempat makan ini juga mengusung konsep yang kekinian dan ikonik. Untuk menu andalan adalah susu segar dan varian susu segar yang dicampur dengan jelly yang tersedia dalam berbagai rasa. Harganya mulai dari Rp 13.000 - Rp 20.000 saja. Beberapa menu makanannya lainnya di antaranya, sate ayam, capcay, pecel, soto, sup iga, iga bakar, nasi goreng, dll. Harganya mulai dari Rp 35.000 sampai Rp 50.000.

Dairy Shop
Wahana yang terakhir adalah Dairy Shop, yang merupakan tempat untuk belanja oleh-oleh. Di sini, tersedia berbagai macam produk olahan susu dan juga yoghurt. Namun, yang paling best seller adalah Moo Moo Roll yang menjadi oleh-oleh khas Cimory. Tak hanya makanan, di sini juga tersedia bermacam-macam souvenir yang lucu dan khas, seperti boneka bentuk sapi, coklat, dan masih banyak lagi. 

Berlokasi di Jalan Raya Prigen, Nomor 8, Plembon, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.  Lokasinya sangat strategis dari Kota Pasuruan dan Mojokerto. Dari Mojokerto bisa mengambil dua rute, yakni bisa dari arah Trawas atau Japanan. Dari Trawas sekitar 18 menit saja, dengan jarak 8.6 km. Sedangkan, dari arah Japanan, sekitar 1. 5 jam dengan jarak tempuh 54 km. Sementara itu, dari Kota Pasuruan hanya 34 km saja atau sekitar 1 jam menuju lokasi. Kondisi area parkir juga luas. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 4000, roda empat Rp 5000.

Bagi pengunjung yang datang dari Malang bisa mengambil rute menuju jalan tol Malang-Pandaan, dilanjutkan ke arah Prigen. Sementara pengunjung yang dari arah Surabaya bisa melalui jalan tol waru, dari Pandaan langsung ke Prigen. Untuk akses jalannya sangat memadai bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. 

Ada banyak penginapan terdekat dengan wisata Cimory Dairyland ini karena memang letaknya di kawasan dataran tinggi. Di antaranya, Royal Senyiur Hotel, Inna Tretes Hotel, Pines Garden Resort Hotel, Tretes Raya Hotel and Resort. Dengan harga yang bervariasi tentunya. Yang paling dekat, yaitu Royal Senyiur Hotel hanya 3 menit saja atau 1.1 km menuju wisata. Terletak di Jalan Putuk Truno, Nomor 208, Prigen, Kecamatan Prigen. Dengan harga mulai dari Rp 529. 872 per malamnya.

Tags : liburan wisata edukasi prigen ikonik kekinian cimory dairyland

Artikel ini ditulis oleh : Piok


Berita Terkait

Food & Travel

Dawet Kemayu Tak Pakai Santan

Menghadirkan fiber cream sebagai pengganti santan

13 Apr 2021

Food & Travel

Gurih Crunchy Chunkee Chick, Jajanan Enak ala Korea

Camilan dari daging ayam dibalut tepung kaya rasa

10 Apr 2021

Food & Travel

Menikmati Makanan Burjo Dengan Suasan Restoran di Burjo Polopes solo

Fasilitas yang nyaman untuk menikmati burjo-mu.

10 Apr 2021

Voucher Rekomendasi

BoomBoom Waterpark

Waterpark

Rp 30,000 Rp 50,000

Kereta Api Mini TMII

Playground

Rp 19,000 Rp 25,000

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Karawitan Jawa dalam Rumah Kudus di Bentara Budaya Jakarta

Kamu bisa latihan tari nusantara atau latihan paduan suara di tempat ini tanpa dipungut biaya.

17 Maret 2021

Food & Travel

Menikmati Sunset Terindah dari Ocean View Residence Jepara

Resort ini terintegrasi langsung dengan Pantai Teluk Awur yang mengarah ke barat.

15 Februari 2021

Food & Travel

Yamaha Land, Tempat Nongkrong Satu Komunitas

Mewadahi kegiatan komunitas pecinta motor Yamaha yang ada di Surabaya dan sekitarnya.

19 Maret 2021

Food & Travel

Taman Abhirama, Tempat Santai di Tengah Sidoarjo

Salah satu spot favorit anak-anak adalah gazebo yang di bawahnya terdapat ikan untuk diberi makan.

02 Maret 2021

Food & Travel

Graha Bhakti Antara, Tempat Proklamasi Kemerdekaan Disiarkan ke Seluruh Dunia

Gedung bersejarah saksi Kemerdekaan Indonesia.

15 April 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Ada Kebun Rahasia di Kopihan

Kebun rahasia yang sangat romantis cocok banget sebagai tempat berdua bersama pasangan.

17 April 2021

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Food & Travel

Kedai TAPI, Kedai Kopi dengan Hidangan Daging Sapi Asap yang Lezat

Dagingnya memiliki tekstur lembut dan juice yang dihasilkan dari proses pengasapan selama 5-8 jam.

17 April 2021

Berita Video

more