Kue Jongkong, Camilan Manis Legit Khas Palembang

Food & Travel 21 November 2020

palembang jongkong kue kuliner

Foto: instagram/@makanan.cici


Palembang tak hanya melulu soal pempek. Di sana, ada salah satu kue tradisional yang digemari. Kudapan ini paling sering dijadikan sebagai takjil di bulan puasa. Meski begitu, di hari-hari biasa pun kue ini masih bisa ditemukan. Namanya kue jongkong.

Jongkong adalah makanan yang berasal dari Bangka, dimana kuliner ini terbagi menjadi 2 lapisan, yaitu lapisan putih dan lapisan hijau. Kue tersebut lantas diberi siraman kuah gula merah. 

kue jongkong
Foto: brisik.id/Angga Nugraha

Bahan-bahan untuk membuat kue ini mudah didapatkan di pasar tradisional. Untuk membuat lapisan putih jongkong terdiri dari air, tepung beras, sagu, garam, dan gula. Masukan tepung beras dan sagu ke dalam wadah adonan kemudian diberi tambahan garam, gula dan air. Adonan kemudian diaduk sampai tercampur dengan sempurna, lalu dimasak sampai matang.

Untuk lapisan hijaunya,  bahannya terdiri dari air, daun pandan suji, santan kental, tepung beras, tepung sagu, garam, dan gula. Cara membuatnya hampir sama seperti pembuatan lapisan pertama, hanya saja ada penambahan air pandan ke dalam adonan.

Berikutnya untuk membuat bahan siraman, bahan yang digunakan adalah gula merah dan air. Iris tipis gula merah, lalu masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air. Rebus gula merah sampai matang.



Setelah semua adonan jadi, tinggal memasukkan ke dalma wadah, biasanya berupa gelas kecil. Urutan memasukan dimulai dari lapisan hijau terlebih dahulu, kemudian lapisan putih, baru yang terakhir adalah kuah gula merah.  

Foto: brisik.id/Angga Nugraha

Di bulan puasa, kuliner ini tidak sulit untuk dicari. Hampir setiap penjual pinggir jalan menjajakannya. Namun pada hari-hari biasa, susah-susah gampang mencari camilan satu ini.

Ada satu penjual yang konsisten menyediakan kue jongkong kapan pun. Lapaknya berada di Jl. Beringin Janggut, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, atau lebih tepatnya di kawasan Sentral Pempek 26 Ilir Palembang. Posisi sang penjual persis di sebelah kiri gapura.

Untuk menikmati satu porsi jongkong cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000. Selain jongkong, lapak ini juga menjual menu lain berupa kue srikaya yang dibanderol dengan harga Rp2.500 per buah. 

Foto: brisik.id/Angga Nugraha

Soal rasa, kue jongkong memiliki cita rasa gurih dari lapisan putih, dan rasa manis dari lapisan hijau. Rasanya semakin legit dengan tambahan kuah gula merah yang disiram ke dalam cup.

Tertarik mencicipi kuliner khas Palembang ini? Dijamin setelah mencicipinya bakal ketagihan.

Artikel ini ditulis oleh Angga

palembang jongkong kue kuliner

Berita Terkait

Berita Video