Masjid Agung An Nuur, Ikon Religi Kota Wisata Batu

Food & Travel 19 November 2020

Foto: Brisik.id/Rayhan Aulia Prakoso

Tepat di seberang utara Alun-Alun Kota Wisata Batu, terdapat sebuah masjid yang menjadi ikon Kota Apel itu. Masjid Agung An-Nuur, demikian namanya. Masjid yang beralamat di Jalan Gajahmada No. 10, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu itu merupakan salah satu bangunan yang telah ada jauh sebelum Kota Batu berdiri. Tak hanya megah, namun juga fasilitasnya cukup lengkap dan siap memanjakan siapapun yang datang.


Foto: Brisik.id/Rayhan Aulia Prakoso

Akses menuju masjid ini cukup mudah, sama persis dengan akses menuju Alun-alun Kota Wisata Batu. Selain dengan jasa ojek online, pengunjung bisa menumpang angkutan kota (angkot) dengan trayek BB (Batu-Bumiaji) dan BS (Batu-Songgoriti). Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, tersedia lahan parkir yang cukup luas di halaman masjid.

Penginapan yang dekat dengan masjid ini juga banyak tersedia, seperti Hotel Kartika Wijaya dan Hotel Arjuna di Jalan Panglima Sudirman serta Apple Green Hotel di Jalan Diponegoro. Tarif per malamnya mulai Rp358.000 untuk Hotel Kartika Wijaya, Rp366.000 untuk Hotel Arjuna, dan Rp267.000 untuk Apple Green Hotel.

Tempat makan di sekitar masjid ini juga cukup beragam. Pos Ketan Legenda dan pujasera Alun-Alun yang berada di sisi barat alun-alun merupakan dua tempat makan favorit pengunjung saat bertandang ke alun-alun ataupun ke Masjid Agung An Nuur.

Selain itu, terdapat Warung Es Mungil di sisi timur alun-alun yang menawarkan konsep rooftop dining sehingga pengunjung bisa menikmati panorama kota sembari menyantap makanan.


Foto: Brisik.id/Rayhan Aulia Prakoso

Masjid Agung An-Nuur diperkirakan berdiri sekitar tahun 1823. Saat itu masih berupa langgar kecil. Barulah pada tahun 1920 dibangun agak lebih besar sebagai masjid. Masjid ini sudah mengalami beberapa kali renovasi. Renovasi terakhir dilakukan pada awal 2008, di mana renovasi ini mengubah total fisik masjid. Renovasi ini selesai pada Maret 2008 dan diresmikan pada 8 Maret 2008 oleh walikota saat itu, Eddy Rumpoko.


Foto: Brisik.id/Rayhan Aulia Prakoso

Bangunan Masjid Agung An-Nuur didominasi warna hijau dan kuning. Marmer merah marun melapisi tiang-tiang teras. Masjid ini memiliki tiga kubah, yaitu satu kubah teras dan dua kubah di puncak bangunan masjid. Ketiganya adalah kubah enamel dengan warna dan kombinasi yang sama. Masjid ini tidak memiliki menara sebagaimana umumnya masjid besar. Hanya ada dua menara kembar yang berfungsi sebagai pos satpam di pintu gerbang utama masjid.

Masjid ini berbentuk memanjang dan terbagi menjadi dua gedung. Bangunan inti memiliki dua lantai dan dinaungi oleh kubah berbentuk setengah bola. Bangunan selanjutnya memiliki tiga lantai dan dinaungi oleh kubah bawang. Tempat wudhu pria berada di basement selatan (halaman depan), sementara tempat wudhu perempuan berada di basement utara (belakang masjid).

Jika eksterior masjid didominasi kombinasi warna hijau dan kuning, maka interior masjid berwarna kontras. Interior masjid didominasi oleh kombinasi warna cokelat dan krem. Plafon dan tiang-tiang di ruang utama masjid ini berhiaskan gipsum bermotif Islami. Demikian juga dengan kubahnya, yang juga berhias gipsum dan kaligrafi.


Foto: Brisik.id/Rayhan Aulia Prakoso

Lengkungan berbentuk kubah bawang cukup mendominasi fisik masjid. Lengkungan ini bisa dijumpai, terutama di pintu, jendela, dan mihrab masjid. Mihrab masjid berwarna cokelat tua dan dipadukan dengan warna krem dan emas di plafonnya yang berbentuk seperempat bola.


Foto: Brisik.id/Rayhan Aulia Prakoso

Fasilitas yang tersedia di masjid ini boleh dibilang lumayan lengkap. Masjid ini memiliki aula pertemuan di basement, bersebelahan dengan tempat wudhu pria. Ada juga ATM Center di sebuah gedung di sisi barat masjid. Gedung yang sudah dalam tahap penyelesaian pembangunan ini juga ditempati oleh tempat penitipan barang, tempat wudhu, dan toilet khusus jamaah difabel. Rencananya, di lantai dua gedung ini akan digunakan sebagai perpustakaan.

Masjid ini juga menyediakan rest area berupa ruang terbuka dan kamar mandi dengan air panas. Fasilitas kamar mandi air panas ini barangkali jarang ditemukan selain di masjid ini. Tarifnya cukup miring, hanya Rp8.000 untuk sekali mandi. Kamar mandi air panas ini berada di sisi timur masjid, tepatnya di basement. Pengunjung yang akan ke kamar mandi air panas hanya harus menuruni tangga yang bersebelahan dengan rest area.

Tags : batu malang an nuur religi masjid

Artikel ini ditulis oleh : Rayhan Aulia Prakoso


Berita Terkait

Food & Travel

Bakso President dan Sensasi Makan di Tepi Rel Kereta

Makan bakso sambil merasakan sensasi laju kereta api di atas rel.

07 Mei 2021

Food & Travel

Makan Ketan Dengan Pemandangan Indah di Susu Ketan Pak Yan

Menggabungkan panorama gemerlapnya langit bersama dengan menikmati lezatnya ketan dengan segala topping.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bebek Gembira yang Membuat Perut dan Kantong Riang Gembira

Berbeda dengan tempat makan pada umumnya, di sini tersedia beragam permainan yang cocok untuk keluarga.

07 Mei 2021

Voucher Rekomendasi

FUNWORLD - SUZUYA BAGAN BATU

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

Kamu Mungkin Tertarik

News

Pahami Aturan Baru Nonton di Bioskop

Wajib dipatuhi demi kesehatan bersama.

18 Oktober 2020

Food & Travel

Pondok Pesona Kebun Teh Gambir

Tempat yang tepat untuk menghilangkan penat.

20 November 2020

Techno

Perang Konsol PS5 vs Xbox Scarlett

Tahun depan semuanya akan dirilis dalam waktu yang hampir bersamaan.

10 Oktober 2019

Food & Travel

Brambang Asem, Sajian Pedas Manis Menyegarkan Dari Daun Ubi Jalar

Daun ubi jalar yang direbus lalu disiram dengan sambal pedas manis.

11 Mei 2020

Food & Travel

Rela Antre Demi Bandeng Bakar ala Aroma Dermaga Seafood

Ciri khas resto ini adalah kehadiran sambal rujak bercita rasa manis, asam, dan sedikit pedas.

08 Desember 2020

Terbaru

more

Food & Travel

Berburu Makanan dan Minuman di KRJ (Kampoeng Ramadhan Jogokariyan)

Pasar takjil yang lengkap dan bisa lanjut beribadah sesudah berbuka.

07 Mei 2021

Food & Travel

Mencoba Mie Jadoel Cirebon di Mie Murni

Mencicipi mie tradisional dengan resep turun temurun di Cirebon.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bermalam Dalam Tenda Ger di The Highland Park Resort

Serasa seperti orang bangsa Mongol atau Indian.

07 Mei 2021

Food & Travel

Kumpul lagi di Kedai Kopi Kawan Lama

Ngopi sambil di temanin iringan lagu dari para bang-band ini bisa banget di Kedai ini.

07 Mei 2021

Food & Travel

Berfoto Ria Di Gang Kecil Dengan Nuansa Kolonial di Jalan Prenjak

Di sini merupakan tempat bersejarah dengan bangunan tua sebagai latarnya.

07 Mei 2021

Berita Video

more