Curug Luhur, Suguhkan Wisata Alam Modern di Bogor

Food & Travel 16 Oktober 2020

curugluhur wisataalambogor wisatabogor wisataalammodernbogor

Foto: Brisik.id/Salsabila Destasari


Wisata alam memang banyak diminati untuk sekadar berkumpul atau rekreasi bersama keluarga. Bogor sebagai salah satu daerah tujuan wisata alam memiliki berbagai destinasi mulai dari curug, gunung, hingga perbukitan.

Bogor memiliki banyak sekali curug baik yang sudah terkenal ataupun yang masih belum banyak diketahui orang. Salah satunya ialah Curug Luhur yang sudah terkenal dan dikelola menjadi wisata alam modern.

Lokasi dan Aksesibilitas
Curug Luhur berada di kaki Gunung Salak. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Curug Nangka, yaitu di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Objek wisata ini bisa diakses dari pusat Kota Bogor dengan jarak ± 20 km atau sekitar 50 menit perjalanan. Kondisi jalan menuju curug sudah baik dan beraspal sehingga bisa diakses dengan motor dan mobil.

Foto: Brisik.id/Salsabila Destasari

Dari pusat Kota Bogor arahkan kendaraan menuju Bogor Trade Mall dan mengambil arah Ciapus. Ikuti jalan sepanjang ± 16 km sampai ada papan petunjuk menuju Curug Luhur.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional
Harga tiket masuk Curug Luhur yaitu Rp40.000/orang sedangkan biaya parkirnya yaitu Rp10.000/motor dan Rp20.000/mobil. Harga tersebut bisa dibilang cukup mahal, tapi selain menikmati keindahan curug, wisatawan juga bisa berenang di wahana waterboom.

Jam operasional Curug Luhur yaitu pukul 07.30-17.30 WIB dan dibuka Senin-Minggu. Saat weekend, jumlah wisatawan yang datang cukup ramai sehingga disarankan datang lebih pagi agar bisa menikmati Curug Luhur lebih lama.

Fasilitas dan Sarana Prasarana
Fasilitas dan sarana prasarana di Curug Luhur cukup lengkap. Untuk fasilitas umum terdapat warung yang menjual berbagai macam makanan mulai dari snack hingga makanan berat. Kemudian terdapat toilet, musala, gazebo, tempat penjual oleh-oleh, dan lahan parkir yang luas. Sedangkan untuk fasilitas wisata terdapat jalur tracking yang sudah tertata, wahana waterboom, kolam kecil, dan lain sebagainya.

Foto: Brisik.id/Salsabila Destasari

Untuk akomodasi terdekat yaitu Bumi Luhur Resort yang terletak 2,2 km dari Curug Luhur. Alamatnya di Jalan Curug Luhur Indah No.119, Gunung Malang, Tenjolaya, Bogor. Harga menginap per malamnya mulai dari Rp390.000. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan cocok untuk staycation. Informasi lebih lengkap ada di laman bumiluhurresort.com

Daya Tarik Curug Luhur
Curug Luhur sudah dikelola sedemikian rupa sehingga bisa dikunjungi oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Makna dari Curug Luhur sendiri yaitu "curug" yang artinya air terjun dan "luhur" yang artinya tinggi. Curug Luhur bisa diartikan air terjun yang tinggi.



Begitu melihat ketinggian air terjunnya, wisatawan akan memahami kenapa dinamakan Luhur. Pasalnya, curug ini memiliki ketinggian sekitar 62 meter. Kedalaman kolam di bawahnya mencapai 15 meter. Namun, pengelola mempertimbangkan keamanan sehingga memasukan bebatuan dan kerikil hingga kedalaman kolam menjadi 7 meter saja.

curug luhur

Foto: Brisik.id/Salsabila Destasari

Air di Curug Luhur terasa dingin dan segar. Bila tidak bisa berenang, disarankan untuk tidak masuk ke kolam demi keselamatan. Namun Curug Luhur juga memiliki curug kecil di pinggirannya sebagai alternatif bagi yang tidak bisa berenang. Selain itu, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas gazebo untuk bersantai sambil menikmati Curug Luhur dari jauh.

Karena mengusung konsep wisata modern juga, pengelola membuat waterboom di depan curug sehingga anak-anak bisa bermain air. Wahana ini menjadi daya tarik lain dari Curug Luhur.

Kolam renang yang dibangun menyesuaikan dengan ketinggian anak-anak sampai dewasa. Bahkan, terdapat fasilitas perosotan juga.

Menariknya lagi, air kolam renang ini pun dialirkan langsung dari Curug Luhur sehingga wisatawan tetap bisa merasakan segarnya air yang bersumber dari Gunung Salak.

Yuk liburan ke Curug Luhur!

Artikel ini ditulis oleh Ola

curugluhur wisataalambogor wisatabogor wisataalammodernbogor

Berita Video