Menikmati Sirup Kawista, Kesegarannya Setara Cola

Food & Travel 29 Oktober 2020

rembang legendaris kawista sirup

Foto: instagram/@isnajepang


Rembang, daerah pesisir yang memiliki banyak keunikan mulai dari segi wisata, kuliner, maupun produk UMKM. Wisatawan yang berkunjung ke kota ini pun tidak lupa menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khas berupa makanan, minuman, atau kain batik. Salah satu minuman khas Rembang yang telah ada sejak dulu ialah sirup kawista.

Kawis yang memiliki nama latin Limonia Acidissima ini masih satu rumpun dengan buah jeruk. Buah langka ini memiliki ciri khas dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, baik buah asli ataupun olahannya, seperti sirup dan manisan, selalu diincar wisatawan.

Sebagai salah satu buah yang sangat langka, Kawis hanya bisa ditemui di daerah-daerah tertentu. Persebarannya dari India hingga Asia Tenggara. Di Indonesia, buah ini bisa ditemui di Jawa dan Nusa Tenggara. Salah satu sentra penghasil kawis di Jawa adalah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Foto: instagram/@epoyteri_luwuk

Sirup kawista atau yang dijuluki sebagai Cola van Java merupakan salah satu minuman yang terbuat dari olahan buah kawis. Bagi yang tinggal di luar Rembang mungkin masih asing mendengar namanya.

Sirup ini telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Salah satu produsen yang paling terkenal adalah sirup kawista dengan label "Cap Dewa Burung" yang sudah mulai diproduksi sekitar tahun 1925. Tentu, sirup ini memiliki keistimewaan tersendiri hingga bisa bertahan sampai sekarang.

Mesti saat ini banyak varian sirup yang dijual di pasaran, sirup kawista tidak kalah populer. Hal ini dikarenakan sirup terbuat dari bahan alami yang mana diambil dari sari buah kawis sendiri.

Buah kawis memiliki aroma menyengat dan khas. Sebagian orang berpendapat aromanya kurang sedap. Namun, dibalik aromanya yang menyengat, rasa buahnya sangat segar.

Foto: instagram/@emharley

Sirup Kawista Cap Dewa Burung ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan dingin, apalagi diminum saat siang hari yang sangat panas. Teman Brisik akan merasa dihipnotis oleh kesegarannya. Rasanya pun unik seperti soda atau cola. Oleh karena itu, banyak orang yang menyebutnya sebagai Cola van Java atau Cola nya Jawa.



Harga Sirup Kawista Cap Dewa Burung sangat terjangkau. Saat ini pengemasannya pun cukup beragam, ada yang berukuran kecil, sedang, dan besar.

Ukuran kecil siap minum dibanderol Rp6.000. Sementara untuk sirup kawis botol plastik isi 2 seharga Rp61.000 dan sirup kawis kemasan botol kaca seharga Rp31.000. Jika ingin membawanya ke luar kota, disarankan membeli kemasan botol plastik supaya aman di perjalanan.

Foto: instagram/@info_rembang

Bagi Teman Brisik yang ingin membeli, Toko Sirup Kawista Cap Dewa Burung buka mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Toko ini terletak di Jalan Diponegoro No. 45, Tasikagung, Rembang.

Lokasinya sangat strategis karena berada di jalan Pantura. Jika dari arah Semarang - Surabaya, Teman Brisik bisa menyusuri sepanjang jalan Pantura, tepatnya di sebelah selatan jalan raya. Jarak dari pusat kota kurang lebih 1 km.

Toko ini merupakan tujuan utama para wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas Kota Rembang. Teman Brisik bisa menemukan sirup dan berbagai produk lokal lainnya.

Artikel ini ditulis oleh Alfiyaturrohmaniyyah

rembang legendaris kawista sirup

Berita Video