Piknik Asyik di Wapitt Family Travelling and Adventure!

Food & Travel 28 Desember 2020

temanggung piknik wapitt camping outbond wisata

Foto: Brisik.id/Shafiyah Setianingsih


Ingin menikmati alam, makan di tempat terbuka, camping di tengah hutan, beraktivitas outbound, piknik seru atau sekadar berfoto dengan background keren? Wapitt, Wisata Alam Jumprit Temanggung bertemakan Family Travelling and Advanture adalah jawaban untuk itu semua. Agar waktu bersama keluarga tidak terbuang percuma, Teman Brisik perlu merefleksikan destinasi liburan keluarga bernuansa asyik dan menyenangkan.

Lokasi yang dahulu terbengkalai karena area pohon pinus terserang penyakit dan sudah tidak dapat memproduksi getah, tercetuslah sebuah ide untuk menjadikannya destinasi wisata. Wapitt berlokasi di Dusun Jumprit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Sesuai namanya, tempat yang mengangkat tema outdoor ini berada di tengah-tengah hutan pinus yang menawarkan suasana asri serta pemandangan hijau.

wapitt area

Foto: Brisik.id/Shafiyah Setianingsih

Wapitt memiliki pesona tersendiri. Kegagahan panorama Gunung Sindoro dan udara yang sejuk membuat kawasan ini ramai disambangi. Persawahan dan ladang perkebunan akan pengunjung nikmati di sepanjang perjalanan menuju Wapitt. Menariknya, tempat ini juga berdekatan dengan wisata lainnya seperti Alam Sewu, Umbul Jupritt, Wisata Alam Kebun Teh, Sibajag Green Canyon dan masih banyak lagi. 

Wapitt terbilang cukup lengkap dengan fasilitas penunjang, seperti toilet, tempat parkir luas dan mushola. Wahana yang ditawarkan juga tak kalah menarik. Tersedia tempat bermain anak, lahan camping, arena outbond, rumah pohon, flying fox dan beberapa fasilitas lainnya. Bila ingin mengadakan outbond, perlu reservasi terlebih dahulu. Tambahan fasilitas panggung hiburan live music setiap hari Sabtu dan Minggu juga mejadi daya tarik.

wapitt area
Foto: Brisik.id/Shafiyah Setianingsih

Camping tidak melulu harus naik gunung. Wapitt cukup reccommended untuk dikunjungi karena memiliki area camping ground dengan suasana di dalam hutan pinus. Jika membawa peralatan pribadi, biaya untuk pelajar Rp25.000 per orang dan umum Rp35.000 per orang sudah include tiket masuk wisata, tiket parkir dan lokasi. Untuk paket camping lengkap dengan fasilitasnya, harga berkisar antara Rp250.000 – Rp750.000 per 4 orang. 

Selain menjadi objek wisata, Wapitt dimanfaatkan sebagai tempat foto prewedding dan foto buku tahunan sekolah. Untuk prewedding dikenakan cash seharga Rp100.000 dan foto buku tahunan sekolah seharga Rp200.000. Untuk berfoto biasa seperti foto wisuda dan foto keluarga tidak dikenakan cash.

Pernah membayangkan akad atau resepsi pernikahan ditengah hutan pinus? Di Wapitt ini sangat welcome menyediakan paket dengan berbagai tawaran fasilitas. Untuk paket akad dikenakan harga Rp3.000.000 – Rp6.000.000 dan untuk paket resepsi seharga Rp13.000.000 – Rp26.000.000. 

Foto: Brisik.id/Shafiyah Setianingsih

Tak ketinggalan dengan kegiatan edukasi, Wapitt sering mengadakan brewing class. Belajar dan sharing mulai dari budidaya kopi hingga proses seduh. Pengunjung juga bisa menambah pengalaman baru di Wapitt Green House, yang akan diajak untuk menjadi little farmer. Cukup dengan harga Rp25.000 per orang, sudah bisa mendapatkan pengalaman seru untuk membibit dan menanam, keliling green house, membawa pulang bibit strawberry, mendapat pot lucu serta guide untuk mengenal lebih jauh tentang green house. Pilihan jadwal little farmer ada di jam 11.00 WIB, 13.00 WIB dan 15.00 WIB.

Di Wapitt Green House juga ditanam tomat dengan metode hidroponik. Rasanya cukup manis dan segar. Beberapa hasil panen dari Wapitt Green House dijual. Pengunjung boleh memetik sendiri dengan harga Rp15.000 per 100 gram.



Foto: Brisik.id/Shafiyah Setianingsih

Di Wapitt ada kedai hutan yang khusus disediakan untuk membeli minuman maupun makanan. Berbagai jenis minuman kopi, milk, chocolate, teh dan wedang jahe bisa dibeli dengan kisaran harga Rp8.000 – Rp30.000. Menu makanan juga tak kalah menarik. Mulai dari rice box, sandwich, burger, mie, roti bakar dan macam snack lainnya cukup didapat dengan harga Rp8.000 – Rp20.000. 

Foto: Brisik.id/Shafiyah Setianingsih

Jika dari kota, akses menuju tempat ini cukup mudah. Jalan dari pintu gerbang Wapitt menuju parkiran tersusun dari bebatuan yang tertata rapi. Rute mencapai lokasi adalah menuju Jalan Baru, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Saat menemui pertigaan, belok ke kiri menuju Jalan Ngadirejo sekitar 6 km sampai menemukan lokasi Wapitt di ujung jalan sebelum belokan ke kanan.

Estimasi waktu tempuh dari Alun-alun Temanggung ke lokasi sekitar 35 menit dan berjarak kurang lebih 23 km. Jika diakses dari gerbang Kabupaten Wonosobo juga tak jauh, hanya sekitar 25 km dengan waktu tempuh kira-kira 37 menit. 

wapitt area
Foto: Brisik.id/Shafiyah Setianingsih

Pengunjung yang berasal dari luar Kabupaten Temanggung dan membutuhkan tempat bermalam, bisa menginap di Camp Omah Sejuk Hostel. Berjarak 6,7 km dari penginapan ke Wapitt dan butuh waktu 13 menit. Berlokasi tepat di depan SMA 1 Muntung, Candiroto, Temanggung. Lengkap dengan fasilitas sarapan, snack, kopi atau teh. Tak ketinggalan view Gunung Sumbing dan Sindoro melengkapi suasana. Type kamar tersedia 1 omah kayu, 1 omah camping dan tenda outdoor yang dibandrol sekitar Rp350.000 per unit untuk semalam.

Wapitt buka setiap hari di jam 09.00 WIB – 17.00 WIB setiap senin sampai jumat dan di hari Minggu. Untuk Sabtu buka di jam 09.00 – 22.00 WIB. Biaya masuk Wapitt sangat terjangkau yaitu Rp5.000. Parkir motor Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000. Untuk reservasi dan info terkini bisa menghubungi 081260631176 atau instagram @wapitt_temanggung. 

Artikel ini ditulis oleh Fia

temanggung piknik wapitt camping outbond wisata

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video