Erok-erok, Rujak Khas Puger dengan Bumbu Berbeda

Food & Travel 18 November 2020

jember rujakbuah erokerok surabara jawatimur puger rujak

Foto: brisiki.id/ayupujining


Di Indonesia banyak sekali jenis rujak, dan hampir setiap daerah memiliki ciri khas rujak yang berbeda dengan daerah lainnya. Entah dengan bahan yang memang berbeda, ataupun dimodifikasi dan ditambah dengan bahan tertentu sehingga membuat cita rasa rujak semakin istimewa. Beberapa jenis rujak yang sangat terkenal antara lain rujak juhi, rujak sayur, rujak cingur, rujak soto, rujak kuah pindang dan berbagai jenis rujak lainnya.

Puger yang merupakan salah satu daerah di pinggiran pesisir Kabupaten Jember, juga memiliki rujak yang selalu menjadi primadona, namanya erok-erok.

Disajikan dengan berbagai macam buah, erok-erok sekilas memang terlihat mirip dengan rujak manis, padahal seratus persen sangat berbeda, khususnya pada bumbu rujaknya. Jika rujak manis menggunakan kacang serta gula merah, maka erok-erok menggunakan petis serta tomat.

Maka jangan heran ketika menyantap erok-erok akan merasakan asam dan asin gurih yang sangat membaur. Karena memang seperti itulah cita rasa khas erok-erok. Manis dan asam dari buah-buahan akan membaur dengan rasa asin dari bumbu rujaknya. Buah-buahannya terdiri dari berbagai macam buah seperti timun, nanas, mangga, bengkuang, mangga, dan pepaya.

Salah satu penjual erok-erok di Puger adalah Bu Komeng. Beliau telah menjual erok-erok selama 22 tahun. Namanya telah menyebar hingga ke berbagai kecamatan sekitar Puger.


Foto: Brisik.id/Ayupujining



Selain harga yang terjangkau, tempat jualan Bu Komeng pun juga mudah dicari. Dari Alun-alun Puger, hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit. Teman Brisik hanya perlu mengambil arah barat hingga SMP Achmad Yani yang ada di Jl. Polda Sabari No.27, Krajan II, Puger Kulon, Puger, Kabupaten Jember. Nah, Warung Bu Komeng berada tepat di samping kiri gedung sekolah tersebut.

Dengan harga hanya Rp5.000, jangan khawatir dengan porsi yang sedikit. Bu Komeng terkenal dengan rujaknya yang isinya banyak. Teman Brisik bisa meminta buah apa saja yang diinginkan serta meminta tambahan tahu ataupun lontong dengan harga masih sama.


Foto: Brisik.id/Ayupujining

Bu Komeng selalu buka warung setiap hari pukul 9 pagi - 4 sore. Jika Teman Brisik hendak membeli, khususnya ketika pukul mendekati jam makan siang, jangan heran jika warungnya akan terlihat penuh. Cukup akali dengan membeli di jam-jam awal buka untuk menghindari antrean.

Selain erok-erok, Bu Komeng juga menjual menu lainnya. Seperti tahu lontong, rujak sayur, serta rujak cingur. Porsinya juga menggila dan dengan harga yang sama seperti erok-erok.
Artikel ini ditulis oleh Ayu

jember rujakbuah erokerok surabara jawatimur puger rujak

Berita Terkait

Berita Video