Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko Ditutup Sementara

News   21 Maret 2020
Foto: bumn.go.id


Mencegah penyebaran virus corona, tiga destinasi ikonik di Jawa Tengah, yaitu Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko ditutup untuk sementara waktu.

Dilansir kompas.com, PT Taman Wisata Candi (TWC) sebagai pengelola ketiga candi tersebut menyampaikan penutupan mulai dilakukan pada hari Jumat (20/3/2020) sampai Minggu (29/3/2020).

“Mulai 20-29 Maret 2020, PT TWC menutup sementara taman Wisata Candi beserta fasilitasnya,” kata Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC), Emilia Eny Utari.

Berdasarkan press rilis, fasilitas di taman candi yang dilakukan penutupan yaitu pementasan sendratari di area Ramayana Candi Prambanan. Selain itu, seluruh restoran di bawah pengelolaan PT TWC juga ikut ditutup.

prambanan
Foto: traveloka

Keputusan ini diambil usai koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi DIY, serta dengan Kementerian BUMN.

Keputusan penutupan juga diambil setelah PT TWC melakukan koordinasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono menjelaskan, langkah penutuapan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Aksi penutupan ini sudah sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran virus dari Satgas Anti Penyebaran COVID-19 PT TWC.

“Kami mengikuti kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19,” ujarnya.

ratu boko
Foto: pinterest

Penutupan candi dan fasilitasnya ini akan terus diikuti dengan upaya preventif berkala, yakni dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan menjaga kebersihan lingkungan kerja.

“Kami akan menjaga lingkungan agar tetap steril dan bersih. Semoga situasi ini terus membaik, sehingga dunia pariwisata kembali pulih,” pungkasnya.

Bagi pelanggan yang ingin bertanya berkaitan dengan ticketing, dapat menghubungi call center TWC di nomor 0811-2688-000.

Artikel ini ditulis oleh Jihan
back to top