Viral Tulisan Berbahasa Indonesia di Toilet Jepang

News   13 Februari 2020
Foto: Twitter/@imanlagi


Sebuah unggahan berupa foto yang menampilkan tulisan berbahasa Indonesia di toilet Jepang menjadi viral. Foto itu ramai diperbincangkan oleh warganet di Twitter.

Dilansir kompas.com, foto itu diketahui diunggah oleh akun @imanlagi. Dalam postingannya, ia menulis cuitan, “Di salah satu objek wisata di Jepang, ada toilet yg ada tulisan gini. Ngga ada versi bahasa lain.”

Pemilik akun @imanlagi, Iman Sjafei mengaku bahwa foto itu tulisan berbahasa Indonesia memang benar ditempel di dinding toilet Jepang. Pria berusia 31 tahun itu menambahkan, bahwa benar foto itu diambil oleh dirinya sendiri,

“Motret sendiri,” ujarnya.

Disebut, Iman mendapat gambar itu saat liburan ke Jepang bersama keluarga, tepatnya di Iyashi No Sato, Yamanashi.

Diketahui, Iyashi No Sato adalah salah satu desa wisata di Jepang yang lokasinya berada di sisi barat tepi Danau Saiko. Desa ini juga menjadi desa tradisional paling populer seantero Jepang, selain Shirakawago dan Boso no Mura.

Desa Iyashi No Sato menawarkan beragam kesenian Jepang, seperti bangunan tradisional, sewa baju adat zaman dulu, museum, galeri, toko, workshop, dan masih banyak lagi. Iman mengaku datang ke Iyashi No Sato pada Sabtu, 8 Februari 2020 lalu.

Iman menuturkan, saat hendak buang air kecil, ia dibuat kaget begitu memasuki toilet. Pasalnya dirinya menemukan ada tulisan berbahasa Indonesia menempel di dinding toilet.

Ia pun sangat yakin bahwa tulisan yang menempel di dinding toilet itu adalah bahasa Indonesia, bukan bahasa Melayu seperti yang disangka beberapa warganet di Twitter.

“Indonesia itu. Cek dan bedain saja bahasa-bahasa baku Malaysia,” katanya.

Tak sampai di situ, untuk menjawab rasa penasaran, Iman sempat menanyakan kepada pihak pengelola mengapa ada tulisan tersebut.

“Waktu itu saya tanya. Katanya banyak yang wudu di sana,” ungkap Iman.

Iman pun mengaku jika tulisan itu hanya ada di toilet itu saja. Tak ditemukan tulisan sejenis di tempat lain selama dirinya berlibur di Jepang.
back to top