C2O Library and Collabtive, Cafe & Surga Buku

Food & Travel 07 Agustus 2020

kopi buku cafe

Foto: instagram.com/dapurc2o


Kurangnya ketertarikan orang-orang terutama anak muda pada buku membuat tingkat literasi di Indonesia masih belum membaik. Mereka lebih suka pada hal-hal yang sedang trendy. Salah satunya, tren nongkrong di kafe-kafe yang instagramable.

Hal ini yang mendorong C2O Library and Collabtive menambah tata ruang mereka dengan menyediakan kafe dan tempat nongkrong untuk para pengunjungnya. Konsep perpustakaan yang diusung di awal, berubah menjadi konsep perpustakaan sekaligus kafe dengan surga buku di dalamnya.

C2O Library and Collabtive ini terletak di Jalan Doktor Cipto No.22, RT.003/RW.16, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya. Apabila dari arah Monumen Polri, lurus sedikit ke arah barat daya melewati Jl. Dr. Soetomo lalu menuju ke Jalan Doktor Cipto. Lokasi tempatnya berada di dekat pertigaan jalan, dihimpit oleh rumah penduduk.

c20
Sumber foto: instagram.com/ririsadn

Dari tampak depan, mata pengunjung akan langsung disuguhkan dengan warna hijau dari berbagai jenis tanaman. Konsep tata ruang hijau dipilih sebagai daya tarik sekaligus untuk menambah kesan menenangkan kepada para pengunjung. Desan interior modern dengan nuansa yang benar-benar estetik membuat tempat ini sangat instagramable.

Menu yang disediakan di kafe ini sangat beragam. Minumannya antara lain bluebellvine lime, passion fruit panna cotta, es kopi robusta, blue chai latte, es kopi susu with froth, dan berbagai varian ice tea. Harga yang dibanderol benar-benar terjangkau mulai dari Rp7.000 hingga Rp18.000 saja. Minuman yang paling diminati di kafe ini adalah bluebellvine lime. Terdiri atas campuran jeruk nipis, mint, soda, dan bunga telang yang menyehatkan.

Menu makanan yang disajikan juga tak kalah menariknya. Antara lain roti bakar gandum, chicken spaghetti, egg toast, dan nasi telang ayam sambal matah. Menu makanan di sini menggunakan bahan-bahan yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Mulai dari roti bakar gandum yang dibakar menggunakan minyak kelapa, chicken spaghetti yang diolah dengan minyak zaitun, dan juga nasi telang ayam sambal matah yang dimasak menggunakan air olahan bunga telang. Harga yang dibanderol mulai dari Rp10.000 hingga 30.000 saja.



Sewa Bacaan
C2O Library and Collabtive memiliki koleksi buku sekitar 7.000 buku yang terdiri atas majalah, komik, novel, majalah, dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Buku-buku di sini diperbolehkan untuk dipinjam oleh para pengunjung. Dengan syarat, bagi pengunjung yang ingin meminjam dan membawa pulang harus daftar menjadi anggota dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp50.000 sebagai jaminan. Namun, bagi yang ingin meminjam dan membaca buku di tempat hanya diharuskan meninggalkan kartu identitas.

buku
Sumber foto: instagram.com/ririsadn

Selain menu makanan dan koleksi buku, C2O Library and Collabtive juga menyediakan ruangan khusus yang bisa digunakan sebagai tempat seminar, diskusi, pameran, maupun kegiatan lainnya.

Konsep tata ruang hijau yang asri dan menyegarkan, desain interior modern yang sangat instagramable, koleksi buku yang banyak dan bermacam-macam, dan menu makanan unik yang menggugah selera membuat kafe ini ramai dikunjungi banyak orang.

Ada yang ingin menikmati koleksi buku, ada yang ingin mencicipi makanan uniknya, ada yang hanya ingin menikmati suasana kafe yang tenang, bahkan ada yang datang karena penasaran dengan pesonanya yang sudah dikenal di mana-mana. Tak heran jika kafe ini menjadi spot favorit bagi banyak orang untuk menghabiskan waktunya.
Artikel ini ditulis oleh Achmad Fauzi

kopi buku cafe

Berita Terkait

Berita Video