Kampung Main Cipulir, Gudangnya Permainan Outdoor

Food & Travel 02 Januari 2021

jakarta cipulir kampung wisata

Foto: brisik.id/Maulinia


Kampung Main Cipulir (KMC) adalah tempat tujuan wisata keluarga. Berada di sisi barat Kota Jakarta, KMC mudah dicapai dari berbagai tempat. Bila Teman Brisik tinggal di Jakarta dan ingin beraktivitas luar ruangan bermain bersama alam, tidak perlu bepergian jauh ke arah Bogor. Menghindari kelelahan di jalan, Kampung Main Cipulir hadir sebagai sebuah alternatif tujuan wisata alam di tengah perkotaan.

kampung main cipulir
Foto: brisik.id/Maulinia

Di KMC tersedia fasilitas outbound yang diperuntukan bagi anak-anak dan dewasa. Permainan yang disajikan dalam kegiatan outbound dirancang bukan hanya mengembangkan aspek psikomotorik (fisik), tetapi juga aspek afeksi (emosi) dan kognisi (kemampuan berfikir).

Dengan suasana ceria dan gembira, mengajak pengunjung untuk membangung kerja sama tim, kepemimpinan, dan kreatifitas. Semua aktivitas outbound diawasi ketat oleh trainer berpengalaman. Pengunjung juga dilengkapi peralatan keamanan selama melakukan aktifitas outbound.

kampung main cipulir
Foto: brisik.id/Maulinia

Di tempat ini juga ada jalur khusus untuk berkuda melewati rimbun pepohonan. Ada berbagai titik keren untuk berfoto, tersedia jalur untuk motor ATV, lapangan memanah yang melatih konsentrasi anak, flying fox yang membangun keberanian, serta taman labirin yang melatih daya ingat.

taman main cipulir
Foto: brisik.id/Maulinia

Untuk anak yang lebih kecil, tersedia wahana Kiddy Rides. Beraneka permainan yang digerakan mesin seperti mobil-mobilan, robot-robotan, kereta-keretaan, perahu kecil, bouncer, pemancingan anak, maupun bianglala mini, siap menghibur anak-anak.

Anak-anak dan dewasa dapat berenang untuk merasakan kegembiraan sambil melatih fisik serta pernapasan. Terdapat satu kolam dewasa dan satu kolam anak.

taman main cipulir
Foto: brisik.id/Maulinia



Untuk aktivitas non fisik, di tempat ini hadir kegiatan mewarnai kain dan panggung karaoke. Kedua aktivitas tersebut lebih berfokus untuk pengembangan bakat seni anak yaitu seni rupa dan seni musik.

Pengunjung yang merasa lapar dapat bersantap di kantin dan pujasera yang berada di dalam KMC. Adapun makanan tersebut tidak harus makan di meja-mea. Pengujung bebas makan di berbagai saung dan aula kecil di sekitaran KMC, atau menggelar tikar di bawah rimbun pepohonan dan semilir angin yang isis. Harga sewa tikar Rp10.000.

Untuk acara besar, saung dapat disewa khusus untuk rombongan dengan harga Rp300.000 per hari. Rombongan pun dapat menyewa mic untuk bernyanyi. Bahkan membayar musisi organ tunggal untuk mengiringi lagu-lagu yang akan dimainkan. Tempat ini juga sering digunakan untuk acara arisan besar, seperti pernikahan dan gathering.

kampung main cipulir
Foto: brisik.id/Maulinia

KMC dapat diakses oleh kendaraan pribadi. Terdapat lapangan parkir luas dengan tarif Rp10.000 per mobil dan Rp5.000 per motor. Tidak ada angkutan umum untuk mencapai KMC karena letaknya yang tersembunyi di belakang pemukiman. Akses angkot dan busway hanya berada di Jl. Cileduk Raya dan harus diteruskan dengan ojek atau mobil sewaan.

Harga tiket masuk Kampung Main Cipulir pada hari Senin-Jumat adalah Rp7.000, sementara hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional menjadi Rp8.000. Harga tersebut terpisah dari tarif sejumlah wahana di dalam KMC.

Kampung Main Cipulir menyediakan fasilitas lengkap. Di dalam areanya, sudah disediakan akomodasi berupa penginapan. Pengunjung dapat menginap di tempat ini dengan dua cara. Pertama, dengan berkemah di Camping Ground. Harga sewanya Rp15.000 per orang per hari di luar sewa tenda. Kedua, dengan menginap di Rumah Betawi. Satu rumah dapat dipakai oleh satu keluarga besar. Harga sewanya Rp500.000 per malam.

kampung main cipulir
Foto: brisik.id/Maulinia

Kampung Main Cipulir terletak di belakang Komplek Cipulir Permai. Alamatnya di Jl. Masjid Cidodol, Gg. H. Sairi, No.14, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Informasi acara dan kegiatan dapat menghubungi (021) 7202868.

Tempatnya sangat asri dan menyenangkan. Banyak pohon rindang membawa keteduhan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah adanya kolam dan semak yang membuat tempat ini rawan nyamuk. Apabila ingin melakukan kegiatan outdoor, selain berenang, maka perlu mempertimbangkan untuk menggunakan obat anti-nyamuk oles. Terutama bagi pengunjung anak-anak perlu dilengkapi perlindungan dari serangga. 

Artikel ini ditulis oleh Maulinia

jakarta cipulir kampung wisata

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video