Siomay Mas Peyok, Kuliner Hits Harganya Murah Abis

Food & Travel 28 Oktober 2020

siomay batagor siomaymaspeyok solo surakarta food travel kuliner

Foto: Brisik.id/Ariska Anggraini


Solo nampaknya patut dijuluki dengan surga kuliner murah. Salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia ini memiliki beragam kuliner dengan harga ramah kantong, salah satunya siomay Mas Peyok.

Katanya, Siomay Mas Peyok merupakan salah stau kuliner hits di kota Solo. Banyak foodgram, youtuber, dan food blogger dari berbagai daerah berlomba-lomba untuk mereview kuliner pinggir jalan ini. Seperti apa kenikmatan dan keunikan siomay ala Mas Peyok?

Kesitimewaan siomay Mas Peyok

Siomay Mas Peyok menjadi salah satu siomay populer di Solo. Meski hanya berlokasi di pinggiran jalan, siomay ini selalu menjadi buruan banyak orang yang penasaran dengen kelezatan dan harganya yang murah. Hanya dengan Rp6.000, pembeli bisa mendapatkan seporsi siomay lengkap dengan telur utuh dan sayuran, serta siraman kuah kacang yang menyajikan sensasi manis dan gurih di lidah.

Maka tak heran, dalam satu hari sang pemilik bisa menghabiskan 25 kilogram tepung kanji, 8 kilogram gandum, 15 kilogram telur, 5 kilogram pare, serta 15 kilogram kentang dan kubis. Tak hanya itu, bumbu kacang yang menjadi pelengkap sajianya pun diakui membuat ketagihan para pembeli. 

siomay mas peyok

Foto: Brisik.id/Ariska Anggraini

Sang pemilik juga menerapkan teknik penjualan yang unik, yakni membiarkan pembeli memilih sajian favoritnya secara prasmanan dengan harga Rp1.000 tiap satuannya. Keunikannya ini membuat banyak orang tertarik dan ramai-ramai mengulasnya di media sosial.

Setiap hari antrean pembeli yang ingin menikmati kelezatan siomay Mas Peyok selalu mengular. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kenikmatan siomay ini harus memesan nomor antrean terlebih dahulu.

Menu yang tersaji

Sesuai namanya, menu andalan Siomay Kang Peyok adalah sajian siomay yang dilengkapi dengan kubis, kentang, pare, dan satu buah telur utuh. Pembeli bisa memilih varian siomay goreng atau kukus. 

Tekstur siomay kukus ala Mas Peyok juga terasa empuk dan kenyal di lidah. Cita rasa ikan dalam campuran aci pun sangat kentara namun tidak menimbulkan sensasi amis saat mengunyahnya. Siraman kuah kacang yang melimpah dan kental semakin membuat siomay ala Mas Peyok ini sulit dilupakan kelezatannya.

Sedangkan saat mencicipi siomay goreng, pembeli bisa mendapatkan sensai kriuk diluar namun kenyal di bagian dalamnya.



Di tempat ini juga menyediakan menu batagor yang tak kalah nikmatnya. Cita rasa ikan yang diisi ke dalam tahu dan kulit pangsit renyah juga terasa menyatu dengan siraman kuah kacang ala Mas Peyok.

Foto: Brisik.id/Ariska Anggraini

Cara mendapatkan siomay Mas Peyok

SiomayMmas Peyok buka setiap hari mulai pukul 17.30 WIB hingga 23.00 WIB. Jika tak ingin mengantri panjang bisa datang lebih awal. Pasalnya, hanya berselang hitungan menit sejak awal jam buka pembeli pun sudah membludak.

Jika ingin mencicipinya, bisa memesan terlebih dahulu lewat nomor telepon 0821-3860-8692 atau datang langsung ke Jalan Slamet Riyadi, Dusun I, Kartasura. Lokasinya persis dibelakang pasar Kartasura dan tepat di samping gereja katolik Santa Maria. 

Siomay ini bisa kita nikmati langsung di lokasi atau kita bawa pulang untuk dinikmati bersama teman dan keluarga. Jika berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mencicipinya. Dijamin ketagihan!

Artikel ini ditulis oleh Ariska anggraini

siomay batagor siomaymaspeyok solo surakarta food travel kuliner

Berita Terkait

Berita Video