Wisata Candi di Jawa Tengah Mulai Dibuka Juni

News 20 Mei 2020

pandemi wisata candi

Foto: maritim.go.id


Transportasi umum seperti penerbangan, bus sudah mulai dibuka aktivitasnya oleh pemerintah. Bagaimana dengan lokasi wisata, apakah sudah ada yang buka?

Hingga saat ini lokasi wisata masih ditutup, namun sudah ada beberapa lokasi wisata yang mengambil ancang-ancang untuk segera kembali dibuka. Beberapa lokasi wisata ini merupakan candi-candi yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun untuk pembukaannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada dan mengikuti konsep new normal.

Beberapa candi yang akan dibuka lagi pada awal Juni 2020 mendatang antara lain Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Hal ini diungkapkan oleh Edi Setiono selaku Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko saat melakukan penyerahan bantuan kepada seniman Ramayana Candi Prambanan.

Konsep new normal ini akan diterapkan bukan hanya bagi wisatawan saja namun juga bagi pengelola maupun pelaku usaha lain yang terkait dengan lokasi di candi tersebut. Diharapkan dengan adanya pembukaan kembali, roda perkenomian dan sektor wisata dapat segera kembali bergerak. Lewat pembukaan ini diprediksi semuanya akan dapat kembali ke jalur semula pada September 2020.

″Dalam perhitungan kami ketika kita buka di Juni, kita berharap semua elemen itu akan bergerak bersama. Perhitungan kami sekitar bulan September sudah mulai ada rebound,″ jelas Edi.

Destinasi wisata candi di Jawa Tengah dan juga Yogyakarta sebelumnya memang merupakan destinasi wisata yang cukup digandrungi. Namun sejak terjadinya pandemi, ada penurunan yang cukup signifikan sejak Januari 2020. Bahkan bisa tanpa ada pendapatan sama sekali semenjak pihak pengelola menutup kunjungan wisata dan menghentikan kegiatan.

pandemi wisata candi

Berita Video