Keuntungan Memiliki Kamar Pintar di Hotel

Techno   25 Maret 2020
Foto: digitalavmagazine.com


Teknologi kamar pintar adalah tren utama yang harus dilirik oleh pemilik hotel. Keinginan untuk menciptakan hotel pintar terus meningkat karena sejumlah alasan.

Apa itu Kamar Hotel Pintar?
Ini adalah kamar yang menggunakan perangkat pintar yang didukung oleh Internet of Things (IOT). Teknologi IoT ini berarti bahwa apa yang dulunya perangkat biasa, sekarang dilengkapi dengan konektivitas internet, memungkinkan mereka untuk mengirim dan menerima data dan secara efektif berkomunikasi satu sama lain.

Konektivitas internet dan kemampuan komunikasi ini memungkinkan perangkat menemukan informasi dari internet, dan berinteraksi dengan perangkat lain di sekitarnya.

Mengapa Teknologi Kamar Pintar Penting?
Semakin banyak hotel merangkul konsep kamar hotel pintar, tetapi mengapa teknologi ini menjadi begitu populer? Mungkin satu-satunya alasan terpenting adalah karena dapat meningkatkan pengalaman menginap di hotel, dengan meningkatkan aspek kenyamanan.

Dengan itu, solusi hotel pintar mengurangi beberapa biaya yang terkait dengan menjalankan hotel yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan. Selain itu, faktor kamar hotel pintar juga dapat digunakan untuk membantu hotel menjadi lebih menonjol dari hotel dan resor yang lebih tradisional, menjadikannya lebih menarik dari perspektif pemasaran.

5 Manfaat Kamar Hotel Pintar
1. Personalisasi
Salah satu manfaat utama dari kamar hotel pintar adalah kemampuan untuk menawarkan tingkat personalisasi yang lebih tinggi kepada para tamu. Ini berarti tamu dapat dengan cepat dan mudah melakukan penyesuaian pada kamar mereka seperti yang mereka inginkan, meningkatkan kenikmatan kamar dan membuatnya terasa seperti rumah.

Tamu dapat dengan cepat melakukan perubahan pada kondisi di dalam ruangan, seperti memilih suhu yang disukai dan tingkat pencahayaan. Melalui teknologi IoT, pemanas, pendingin udara, lampu, dll dapat merespons dan secara otomatis menjaga kondisi tersebut.

2. Keberlanjutan
Untuk manajemen hotel, salah satu keuntungan terbesar dari menciptakan hotel pintar adalah pengurangan biaya yang sering dikaitkan dengan konsep tersebut. Hal ini terutama disebabkan oleh peningkatan keberlanjutan dan efisiensi energi di dalam kamar hotel, dengan perangkat tertentu hanya digunakan ketika dibutuhkan.

Sebagai contoh, kamar pintar dapat diatur sehingga nyala bola lampu secara otomatis berkurang selama siang hari, atau agar AC otomatis mati ketika ruangan mencapai suhu tertentu, atau ketika ruangan kosong. Ini berarti lebih sedikit energi yang terbuang.

3. Peningkatan Pengalaman Pelanggan
Mungkin manfaat yang paling jelas dari kamar hotel pintar adalah peningkatan yang dapat diberikan dalam hal pengalaman pelanggan. Speaker cerdas seperti yang disediakan melalui layanan Alexa for Hospitality, memungkinkan TV, lampu, pemanas, dan perangkat lain dikontrol melalui perintah suara. Selain itu, kamar pintar dapat membantu dengan aspek lain, seperti meminta layanan kamar atau informasi.

4. Mengontrol Ruang dari Jarak Jauh
Manfaat lain dari kamar hotel pintar dan Internet of Things adalah kemampuan staf hotel untuk mengakses berbagai kontrol kamar dari lokasi yang jauh. Ini sangat berguna terutama dalam hal menyiapkan kamar hotel untuk tamu baru, meningkatkan tingkat kenyamanan yang akan mereka sambut saat check in.

Misalnya, kamar pintar dapat diatur sehingga proses penyejukan di kamar hotel secara otomatis dihidupkan pada jumlah waktu tertentu sebelum tamu check-in. Ini akan memastikan ruangan berada pada suhu ideal ketika mereka tiba, dan ini dapat dicapai tanpa staf harus benar-benar datang ke kamar hotel, menghemat waktu dan tenaga.

5. Perbaikan yang Lebih Cepat dan Lebih Dapat Diandalkan
Akhirnya, satu keuntungan kamar pintar adalah peningkatan kemampuan untuk mengantisipasi masalah teknis dengan perangkat dan melakukan perbaikan dengan cepat. Hal ini memungkinkan hotel untuk melakukan intervensi pada saat yang paling tepat, menghindari situasi di mana kebutuhan akan perbaikan menghambat pengalaman pelanggan.

Pada dasarnya, penggunaan teknologi IoT memungkinkan kinerja perangkat elektronik dimonitor dari jarak jauh, memberikan staf informasi langsung tentang status operasi mereka. Ini berarti masalah dengan kinerja dapat dilihat sebelum menjadi kritis, dan perbaikan dapat dilakukan sebelum kedatangan tamu.
back to top