Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara

Food & Travel 16 Oktober 2020

wisata destinasi pulau pulauindah labengki southeastsulawesi kendari

Foto: instagram/@ibadahmimpi


Banyaknya tempat wisata yang menarik membuat referensi liburan juga semakin beraneka ragam, mulai dari air terjun yang indah, gunung dengan kesan ekstrim, hingga pantai yang eksotis. Semuanya tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Pulang Labengki salah satunya. Sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun luar negeri.

Pemandangan yang begitu menakjubkan dengan laut yang jernih menjadi alasan utama berlibur pulau ini. Selain itu, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung untuk mengetahui informasi mengenai Pulau Labengki yang didiami oleh suku Bajo.

Labengki merupakan sebutan pulau-pulau kecil yang mana di sekitarnya memiliki beberapa pantai yang indah dan masih terjaga lingkungannya. Kemana pun pengunjung pergi di Labengki, suasana pantai yang memanjakan mata siap menyambut.

Dari pulau-pulau tersebut, hanya Labengki yang berukuran kecil yang padat penduduknya. Suku Bajo mendominasi pulau ini. Sementara Labengki Besar merupakan tempat hutan yang dilindungi dan tidak didiami penduduk.

labengki island
Foto: instagram/@harivalzayuka

Hampir seluruh tempat di Pulau Labengki ini bisa dinikmati pengunjung. Mulai dari perahu kayu di dermaga kecil Labengki, pantai yang indah, dan air laut yang begitu bening. Pengunjung bisa memanjakan mata dan menikmati segarnya laut Labengki.

Kegiatan snorkeling jangan sampai terlewatkan karena Labengki terkenal akan keindahan bawah lautnya. Ada cukup banyak tempat untuk ber-snorkeling seperti Pantai Pasir Panjang dan blue lagoon. Eksplor keindahan underwater-nya untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan. Setelah itu, jelajahi pula seluruh pantainya yang sangat eksotis.

Liburan di Labengki juga harus berbekal fisik yang bugar dan stamina yang bagus. Pengunjung akan tergiur untuk mendaki batu-batu karst yang cukup licin untuk melihat kepulauan Labengki dari ketinggian. Dari atas, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan yang memesona selayaknya miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara.



Satu tempat yang tak kalah menarik adalah Teluk Cinta. Pantai yang begitu indah ini akan membuat pengunjung jatuh cinta. Apalagi jika melihatnya dari ketinggian, pantai tersebut memiliki bentuk menyerupai hati.

labengki island
Foto: instagram/@harivalzayuka

Ada banyak jalan untuk menuju Pulau Labengki ini tapi tentu saja semuanya jalur laut. Namun, jangan khawatir karena di sini sudah disediakan perahu wisata yang akan mengantarkan pengunjung ke tempat tujuan.

Untuk tarifnya berkisar Rp100.000 hingga Rp150.000. Bila datang dengan rombongan teman atau keluarga, tarifnya akan lebih murah.

Beberapa rumah warga disewakan sebagai penginapan untuk para pengunjung. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari 300 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Dari Kota Kendari, Pulau Labengki bisa dicapai dengan jarak tempuh sekitar 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan saja. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa.

Tunggu apalagi? Kalau ada waktu, mari berlibur ke Pulau Labengki yang panoramanya serasa di Raja Ampat.
Artikel ini ditulis oleh FAJRUL

wisata destinasi pulau pulauindah labengki southeastsulawesi kendari

Berita Terkait

Berita Video