Jelajah Merapi Sambil Naik Jip

Food & Travel 21 Juli 2020

sleman jip tur merapi

Foto: brisik.id


Ingin merasakan sensasi berpetualang dengan mengendarai Jip terbuka, wisata yang satu ini mungkin layak dicoba. Ya wisata Lava Tour di desa Kaliurang yang terletak di kaki gunung Merapi, Kabupaten Sleman ini menawarkan sensasi bertualang yang membuat adrenalin terpacu.

Dalam Lava Tour Merapi, wisatawan akan diajak menyusuri indahnya pemandangan kaki gunung Merapi menggunakan jip Willys buatan Amerika yang disediakan oleh sejumlah operator wisata.

Anda akan dibawa mengunjungi sejumlah tempat ikonik yang merupakan jejak-jejak sisa erupsi Merapi pada 2010 silam seperti bunker Kaliadem, Kali Kuning, dan sejumlah tempat yang terdampak erupsi.

tur merapi

Harga Paket Tergantung Rute
Paket yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp300 ribu - 750 ribu tergantung dari jumlah titik yang akan dikunjungi dan durasi berkendara.

Misalnya untuk paket yang paling murah seharga Rp300 ribu-350 ribu, Anda akan diajak menyusuri tempat-tempat tersembunyi di kawasan Kaliurang dengan durasi sekitar satu setengah jam.

Untuk rutenya dimulai dari basecamp di kawasan Kaliurang, kemudian menuju gardu pandang – trek basah Kali Kuning dan kembali ke basecamp.

Sedangkan untuk paket sedang yakni paket sunrise tarifnya sekitar Rp400 ribu- 500 ribu. Anda akan diajak mengunjungi bunker Kaliadem, museum mini, batu alien atau stonehenge dan Kali Kuning. Wisata akan dimulai pada pukul 04.30 dan akan berlangsung selama 3 jam.

Sementara untuk paket yang paling lengkap seharga Rp750 ribu durasinya lebih panjang, yaitu sekitar 4 jam dan spot yang dikunjungi lebih banyak.

Wisatawan nantinya sudah dilengkapi dengan helm, asuransi untuk tiga penumpang, masker, tiket masuk objek wisata, dan sopir yang juga bertugas sebagai pemandu.



Biasanya tarif itu sudah termasuk penjemputan dan penghantaran jika Anda menginap di hotel yang berada di Kaliurang.

tur merapi

Selama mengikuti jelajah Lava Tour Merapi, sepanjang perjalanan wisatawan bisa menyaksikan pemandangan yang beragam seperti perkampungan yang sudah rata dengan abu, lautan pasir, hingga gunung Merapi yang berdiri dengan megahnya.

Petualangan kemudian dilanjutkan dengan menyusuri hamparan pasir luas lengkap dengan batu-batu besar yang berserakan. Wisatawan juga akan merakan sensasi bagaimana serunya melewati jalanan sempit dengan turunan curam dan berkelok.

Penginapan
Jika Anda wisatawan dari luar kota, tak perlu khawatir karena banyak sekali penginapan atau homestay di kawasan Kaliurang dengan harga cukup bersahabat.

Ada sejumlah penginapan yang tarifnya di bawah Rp200 ribu seperti D’Kaliurang Resort & Cottage atau Villa Mak Cik. Jika ingin menginap di hotel berbintang, pilihannya ada K Hotel, hotel bintang dua dengan tarif sekitar 360 ribu rupiah, atau anda juga bisa menginap di Joglo Plawang Boutique Villa & Resort, hotel bintang 4 dengan harga kamar mulai dari Rp700 ribu.

Usai menikmati tur yang menguras adrenalin, Anda harus mencoba kuliner khas Kaliurang yaitu jadah tempe atau burger ndeso. Dinamakan burger ndeso karena makanan ini disusun mirip burger. Hanya saja jika burger berupa roti dan daging, sementara jadah tempe berupa ketan dan tempe bacem. Rasa gurih dari jadah akan berpadu dengan rasa manis dari tempe bacem akan menghasilkan sensasi rasa yang unik.
Artikel ini ditulis oleh Chandra

sleman jip tur merapi

Berita Terkait

Berita Video