Kolaborasi Budaya di Little Tokyo Jakarta

Lifestyle 23 Desember 2020

blok m sub budaya little tokyo jakarta lifestyle jepang japanese culture

Foto: Brisik.id/Maulinia


Little Tokyo adalah sebutan untuk sebuah daerah inklusif Jepang yang berada di kawasan Gandaria, Blok M, hingga Blok S dan sekitarnya. Di tempat ini, kalian akan menemui nuansa kehidupan masyarakat Jepang yang berbaur dengan keseharian warga ibukota.

Berbeda dari restoran milik Indonesia yang menyajikan masakan Jepang, disini setiap restoran memiliki karakteristik tak tergantikan milik Negeri Matahari Terbit.  Kuliner di tempat ini jauh lebih autentik dan memiliki kedalaman budaya yang berbeda. Hanya bisa disajikan oleh mereka yang pernah menjalani kehidupan di Jepang dan memahami nilai keseharian di sana.

Dimasak oleh koki dari Jepang, bumbu impor Jepang, disajikan dalam interior layaknya di Negeri Sakura. Mereka yang makan di tempat ini sebagian besar orang-orang Jepang yang tinggal di Indonesa. Bahkan, menu ditulis dalam huruf Kanji, Katakana, dan Hiragana. Hampir tidak ada keterangan dalam bahasa Indonesia. Bagi para tamu yang tidak mengerti bahasa Jepang harus membaca dalam bahasa Inggris.

Ini adalah kawasan khusus yang menyimpan suatu sub-budaya. Diketahui oleh sebagian orang yang telah memiliki ketertarikan terhadap budaya Jepang.



Foto : Brisik.id/Maulinia

Di tempat ini, banyak aktivitas yang benar-benar "Jepang". Kalian dengan mudah menemukan club malam yang terdiri dari tamu hingga pelayan merupakan orang Jepang. Kebanyakan Pub dan bar disini merupakan tempat eksklusif bagi para eksekutif dan pebisnis Jepang yang tinggal di Indonesia.

Sedikit unik, bahkan security di tempat ini memiliki tampang sangar seperti di film-film Yakuza yang menjaga bar. Walau akan lebih unik lagi, jika kita melihat di pagi hari saat klub dan pub telah tutup kemudian security keturunan Jepang berwajah dan bertato Yakuza itu merasa kurang enak badan kemudian dipijat oleh tukang parkir yang asli Indonesia.

"Jepang tapi bukan Jepang" sangat cocok untuk menggambarkan kawasann ini. Kawasan ini merupakan tempat akulturasi budaya. Memiliki arti yang baik, masyarakat dan pendatang hidup berdampingan dalam harmoni dengan tetap mempertahankan jati diri mereka masing-masing.


Foto : Brisik.id/Maulinia

Di Little Tokyo, kita juga akan menemukan laundry yang dijalankan oleh orang Jepang. Tentunya dengan keterangan layanan dan harga yang ditulis dalam bahasa Jepang. Selain itu terdapat pula jasa pengenalan Sekolah internasional yang menyampaikan pendidikan dalam bahasa Inggris dan Jepang. Biro perjalanan ke berbagai tujuan wisata di Indonesia dengan pemandu dan program khusus turis Jepang.

Tak hanya itu kawasan ini juga dilengkapi dengan ATM untuk perbankan Jepang, Layanan perbaikan jam dan kacamata waralaba Jepang, Tempat menjual DVD film-film Jepang yang tidak masuk bioskop Indonesia dan tidak tayang di TV kabel, Serta toko aksesoris khusus produk Jepang. Bahan makanan impor dan sake terbaik bisa kalian temukan di sini.


Foto : Brisik.id/Maulinia

Kawasan ini memang menjadi tempat favorit orang-orang Jepang di Jakarta bersosialisasi. Sebagian dari mereka tinggal dan menikah dengan orang Indonesia dan menjalankan bisnis di Indonesia. Di kawasan ini pula sudah menjadi biasa untuk melihat orang-orang Jepang menjadi koki, penjahit, pelayan toko, guru, atau mengajar kriya dan bahasa.  

Tempat ini juga sering menjadi lokasi event Jak Japan Matsuri (JJM). Di negara asalnya, Matsuri adalah upacara persembahan ritual dalam agama Shinto untuk Kami (Dewa). Biasanya sebagai wujud syukur atas hasil bumi dan kesejahteraan, Matsuri diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai daerah di Jepang. Adapun di Indonesia, Matsuri dilakukan satu tahun sekali oleh komunitas Jepang.

Acara ini selalu mendapat dukungan besar dari masyarakat Indonesia. Banyak yang datang untuk menonton bahkan ikut terlibat dalam arak-arakan dan cosplay.



Selain itu Little Tokyo memiliki manfaat penting bagi keeratan hubungan kedua bangsa. Turis Jepang dapat tinggal sementara di tempat ini saat datang ke Indonesia. Mereka tidak perlu kesulitan menghadapi perbedaan bahasa karena di Little Tokyo banyak yang siap membantu.

Sebagian besar pelayan di Little Tokyo menguasai bahasa Jepang dasar hal ini juga mengurangi shock culture sehingga mereka lebih mudah beradaptasi dengan suasana yang baru. 

Terdapat pula majalah gratis berisi informasi tentang Indonesia yang ditulis dalam bahasa Jepang. Buku petunjuk mengenai tempat-tempat yang bisa dikunjungi selama berwisata dan bagaimana cara mencapainya. Bahkan informasi mengenai supir dan PRT terpercaya yang bisa bahasa Jepang. Semua itu akan memudahkan para turis selama di Indonesia.


Foto : Brisik.id/Maulinia

Selain untuk orang Jepang kawasan ini juga memiliki manfaat bagi orang Indonesia yaitu memiliki kesempatan untuk mempelajari budaya Jepang tanpa harus jauh-jauh ke Negeri Sakura. Mengenal bagaimana mereka berinteraksi, etos kerja, seni, dan kuliner.

Bagaimana standar Jepang dalam mengolah dan menyajikan makanan serta tata cara mereka memperlakukan tamu dan pelanggan, Semua yang ada di sini sanagat mendekati budaya Jepang di negara asalnya. 


Foto : Brisik.id/Maulinia

Jika kalian ingin merasakan kehidupan Little Tokyo maka penginapan terbaik adalah Golden Boutique Hotel Melawai. Hotel bintang 4 dengan interior bergaya Prancis didukung fasilitas mewah. Terletak di Jl. Melawai 8 No. 6-8, Blok M, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Golden Boutique Hotel Melawai berada di pusat Little Tokyo, tepatnya di Kawasan Blok M Square.

Dari hotel ini, kalian bisa berjalan kaki ke convinient store Jepang, Papaya. Serta dikelilingi oleh rumah makan Jepang yang autentik. 

Menginap di Boutique hotel mulai dari Rp550.000.- per malam. Pemesanan kamar dapat melalui reservation@goldenboutiquehotel.com atau telepon di (021) 625 5555.

Artikel ini ditulis oleh Maulinia

blok m sub budaya little tokyo jakarta lifestyle jepang japanese culture

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video