Gulai Nangka Kerinci, Cita Rasanya Berbeda dari Gulai Nangka Biasa

Food & Travel 01 Desember 2020

kuliner gulainangka kerinci jambi gulai

Foto: brisik.id/Nur Ilmi Widya Ningsih


Masakan asli Nusantara terkenal dengan penggunaan rempah yang banyak dan bermacam-macam. Salah satu yang paling disukai adalah gulai. Hidangan ini memadukan santan, rempah, serta bumbu halus lainnya. Rasa creamy dari santan menyatu dengan rempah aromatik sehingga sangat legit dan punya cita rasa tersendiri.

Oleh karena itu, gulai menjadi masakan yang tidak pernah ditolak oleh masyarakat. Bahkan, mudah ditemukan di rumah makan terutama rumah makan Padang. Jenisnya pun macam-macam mulai dari gulai ayam, gulai tahu, gulai nangka, dan gulai pucuk ubi.

Salah satu jenis gulai yang kerap ada di rumah makan Padang adalah gulai nangka. Sesuai namanya, nangka menjadi bahan utamanya. Cara membuat gulai nangka dengan merebus potongan nangka muda bersama kuah santan yang telah diberi bumbu. Hasil akhirnya, kuah santan tetap encer.

gulai kerinci
Foto: brisik.id/Nur Ilmi Widya Ningsih
 
Namun, pernahkah mencicipi gulai nangka kering yang teksturnya mirip seperti rendang? Gulai nangka kerinci namanya.

Berbeda dengan gulai nangka ala Minang yang kuahnya encer, gulai nangka kerinci hampir tidak memiliki kuah alias kering, mirip seperti rendang. Bahan yang digunakan pun berbeda.

Gulai nangka biasa tidak menggunakan kelapa gonseng. Sedangkan gulai nangka kerinci menambahkan kelapa gonseng, lalu nangka dimasak hingga kuah santan mengental seperti bumbu rendang.

Selain itu, gulai nangka kerinci juga diberi daging, meski tidak terlalu banyak. Gulai akan semakin lezat disantap bersama sepiring nasi hangat dan sambal tomat. Biasanya olahan ini dibanderol sebesar Rp15.000.
 
Foto: brisik.id/Nur Ilmi Widya Ningsih



Untuk mendapatkan gulai nangka kerinci memang cukup sulit karena tidak banyak yang menjualnya, kecuali di Kabupaten Kerinci sendiri. Namun, di Kota Jambi, ada satu tempat yang menyediakan hidangan ini yakni Kedai Sate & Soto Millenium.

Lokasinya berada di Jalan M. Nur Atmadibra no. 11, Pematang Sulur, Telanaipura, Kota Jambi. Selain gulai nangko kerinci, kedai ini juga menyediakan beragam menu yang jarang ditemukan di tempat lain. Mulai dari ikan kukus, sarden rumahan, belut kerinci sambel ijo, ikan asin sambal ijo, ikan kemiri, dan ikan asin pedo sambal ijo.

Sesuai dengan namanya, kedai ini juga menyajikan soto dan sate. Ada soto daging dan soto ayam sedangkan menu satenya ada sate daging dan sate ayam.

gulai kerinci
Foto: brisik.id/Nur Ilmi Widya Ningsih

Jika ingin menikmati makanan yang simpel seperti mie instan atau nasi goreng, kedai ini juga menyediakan. Salah satu menu nasi goreng di tempat ini adalah nasi goreng rendang. Untuk minuman, tersedia aneka jus, kopi, dan teh.

Kedai ini buka setiap hari dari pukul 11.00 hingga 17.30 WIB. Bagi Teman Brisik yang ingin mencicipi gulai nangko kerinci, pastikan datang pada hari Rabu. Pasalnya, menu ini hanya disajikan setiap hari Rabu saja. Jangan lupa ya!
Artikel ini ditulis oleh Nur Ilmi Widya Ningsih

kuliner gulainangka kerinci jambi gulai

Berita Terkait

Berita Video