Yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Ponsel ke Luar Negeri

Techno 29 Juli 2020

travel ponsel

Foto: travelchannel.com


Membawa ponsel ke luar negeri tidak bisa sembarangan atau Anda akan digigit balik dengan biaya roaming yang tinggi. Sebelum berangkat, periksa dulu beberapa faktor berikut ini.

Bagaimana Anda Akan Menggunakannya
Bagaimana Anda berencana untuk menggunakan ponsel Anda saat berada di luar negeri menentukan bagaimana Anda harus menyiapkannya. Apakah hanya memanfaatkan Wi-Fi, membeli paket data internasional, atau menggunakan kartu SIM lokal?

Misalnya, Anda hanya pergi beberapa hari dan tinggal di rumah kerabat atau kawan yang memiliki Wi-Fi dan berencana untuk mengantar Anda berkeliling. Di kasus ini Anda mungkin tidak memerlukan paket data sama sekali. Cukup bawa ponsel apa adanya, dan hanya gunakan saat terhubung ke Wi-Fi.

Sebaliknya, jika Anda bepergian ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya dan tidak kenal siapapun di sana, pastikan bahwa Anda akan memiliki akses ke aplikasi dan informasi seperti peta dan terjemahan digital.

Membeli paket data internasional juga bisa jadi opsi. Tapi tergantung pada kebutuhan Anda dan lama tinggal di luar negeri. Pilihan lainnya adalah membeli kartu SIM lokal di negara yang Anda datangi.

Jika terlalu sulit, pertimbangkan untuk membeli atau menyewa telepon murah ketika Anda tiba di tujuan, dan gunakan smartphone utama Anda hanya saat terhubung ke Wi-Fi.

Cara Mengurangi Penggunaan Data
Jika Anda perlu menghemat data saat bepergian, ada beberapa trik yang sangat sederhana untuk meminimalkan penggunaan data.

Aktifkan Mode Pesawat
Ketika ponsel dalam mode pesawat, tidak akan menggunakan data apa pun. Tidak menarik e-mail secara otomatis, tidak menerima notifikasi dari medsos, tidak memeriksa pembaruan aplikasi.

Nonaktifkan Sinkronisasi Data
Menonaktifkan sinkronisasi juga dapat membantu, tetapi berhati-hatilah dengan apa yang Anda nonaktifkan di sini.



Jika Anda mematikan sinkronisasi untuk foto, misalnya, yang mungkin menghemat data, tetapi jika ponsel Anda hilang atau dicuri, Anda tidak akan menyimpan foto-foto itu di tempat lain. Paling tidak, lihat apakah sinkronisasi dapat dilakukan hanya jika terhubung ke Wi-Fi.

Opsi sinkronisasi bisa diakses di menu Setting > Accounts.

sync
Sumber foto: quicksetupguide.com

Aktifkan Mode Hemat Data
Sejak Android 7, telah hadir opsi Data Saver dalam pengaturan. Jika diaktifkan akan menghentikan aplikasi dari menggunakan data di latar belakang, dan mengurangi jumlah data yang digunakan oleh aplikasi yang Anda gunakan.

Ini adalah cara sederhana dan efektif untuk membatasi jumlah data yang digunakan. Jika Anda perlu mengizinkan aplikasi tertentu untuk mengakses data di latar belakang, Anda dapat memberinya izin untuk melakukannya tanpa membiarkan yang lain bebas mengonsumsi data.

data saver
Sumber foto: wikihow.com

Beralih ke Manual
Untuk aplikasi e-mail dan messaging khususnya, pertimbangkan untuk mengubah pengaturan dari push ke pengambilan manual (kadang-kadang juga disebut "fetch manually"). Saat dalam mode pengambilan manual, aplikasi hanya memeriksa pesan baru saat Anda menyuruhnya. Biasanya dengan cara menarik layar ke bawah untuk refresh.

Gunakan VPN
Instal aplikasi VPN di ponsel Anda, dan pastikan Anda tahu cara menggunakannya sebelum bepergian.

VPN adalah aplikasi yang jika diaktifkan akan menambahkan lapisan keamanan tambahan ke aktivitas online Anda. Kapan pun Anda menggunakan Wi-Fi yang sifatnya publik seperti di hotel, terminal, taman, perpustakaan, dll Anda harus mengaktifkan VPN.

travel ponsel

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video