Faktor Pertimbangan Dalam Memilih Kamera Aksi

Techno 05 Juni 2020

faktor aksi kamera

Foto: dji.com


Jika Anda seorang pemula di dunia fotografi, akan menjadi tugas berat bagi Anda untuk memilih action cam (kamera aksi) terbaik dari berbagai produk yang tersedia di pasar. Apakah itu untuk kegiatan saat bersepeda gunung atau saat snorkeling, untuk setiap situasi Anda harus memiliki kamera aksi khusus.

Di bawah ini ada beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan dalam memilih sebuah kamera aksi.

1. Desain dan Bentuk
Kamera aksi biasanya hadir dalam tiga bentuk unik yakni kubus, peluru dan kotak. Masing-masing cocok untuk situasi yang berbeda. Misalnya kamera aksi berbentuk kotak kompatibel dengan hampir semua jenis aksesori pemotretan dan lebih disukai untuk dipasang di dada. Sedangkan yang berbentuk peluru jarang dipakai karena kompatibilitasnya terbatas. Tapi kamera ini ideal untuk dipasang di setang, papan, dan helm.

kamera
Sumber foto:amazon.com

2. Berat dan ukuran
Kamera aksi sebagian besar dipasang di beberapa peralatan tertentu atau helm. Makanya pilih model yang paling ringan dan terkecil.

3. Tahan Air
Kamera aksi selalu diinginkan bisa dipakai di semua kondisi cuaca. Jadi pilih produk yang tahan air, atau belikan casing tahan air.

4. Harga
Ada tiga kategori harga yang bisa Anda pertimbangkan: Di bawah Rp1 juta, Rp1 juta – Rp2 juta, di atas Rp2 juta. Umumnya yang harganya di bawah Rp1 juta hanya memiliki beberapa fitur dasar saja. Sedangkan yang lebih tinggi akan sarat dengan kemampuan, misalnya live streaming, stabilisasi gambar, waterproof, peningkatan konektivitas Wi-Fi dan resolusi tinggi.

5. Resolusi dan Frame Rate
Ketika kita harus menilai kualitas kamera aksi, resolusi dan frame rate dianggap sebagai aspek utama. Resolusi lebih tinggi berarti Anda akan mengambil video dan gambar dengan sangat jelas. Di sisi lain, frame rate berhubungan dengan kelancaran rekaman; frame rate yang lebih tinggi menghasilkan rekaman yang lebih halus.

6. Bidang Pandang
Bidang pandang dapat didefinisikan sebagai area total yang dapat dilihat melalui lensa kamera pada saat tertentu. In diukur dari sudut dimana sudut yang lebih besar memberikan proyeksi yang lebih luas dengan rekaman imersif.



7. Konektivitas
Fitur ini sangat penting jika Anda suka mengunggah gambar serta video di situs media sosial atau ingin mentransfernya ke perangkat lain. Model-model terbaru kamera aksi dilengkapi berbagai opsi konektivitas termasuk Wi-Fi.

8. GPS
Saat ini semua fotografer ingin memiliki unit kamera berkemampuan GPS. Fitur ini membantu menghasilkan tag geografis otomatis untuk semua gambar dan video. Ketika

9. Memori
Kartu memori adalah opsi penyimpanan yang paling umum untuk unit kamera karena kapasitas penyimpanannya yang besar dan ukurannya yang kecil. Sebagian besar kamera menggunakan kartu microSD sedangkan beberapa mungkin berisi kartu SD.

10. Baterai
Bahkan jika Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli unit kamera paling canggih, Anda masih harus mengatasi masalah baterai. Baterai mungkin bisa dipakai selama beberapa jam. Disarankan untuk membeli beberapa baterai bersama dengan charger portabel sehingga kamera Anda tidak akan pernah kehabisan daya.

baterai
Sumber foto:amazon.com

11. Aksesori
Jangan lupa untuk membeli semua aksesori penting bersama dengan kamera. Tidak boleh ada kompromi untuk kualitas. Pilih opsi pemasangan yang benar dan aksesori lainnya sambil memastikan kompatibilitas yang tepat dengan unit kamera Anda.

faktor aksi kamera

Berita Terkait

Berita Video