Sedapnya Night Street Food di Gultik Blok M

Food & Travel 22 Mei 2020

jakarta blokm gultik kuliner

Foto: Instagram/@kulinerjabodetabek


Mendengar nama Blok M, maka sudah tak asing lagi dengan jajanan malamnya yang sangat berlimpah. Mulai dari restoran, fast food, hingga jajanan pinggir jalan yang membuat perut terasa gaduh. Blok M pun menjadi salah satu tempat makan favorit di semua kalangan. Mulai dari orang tua dan anak-anak yang hanya sekedar mampir makan, hingga banyaknya anak muda yang nongkrong bersama teman-teman.

Gultik alias Gulai Tikungan, hanya menyediakan satu varian menu saja. Yaitu gulai yang berisikan irisan daging dengan pelengkap kuah gulai, serta perasan jeruk nipis yang membuatnya terasa pecah dilidah. Ditambah lagi dengan adanya toping sate yang beragam, juga taburan bawang goreng dan kerupuk yang membuat gultik terasa lebih nikmat untuk disantap.

Makanan ini rasanya kurang lebih mirip seperti tongseng, hanya saja gultik tidak memiliki campuran sayur seperti kol maupun tomat. Inilah yang membuat tampilan gultik nampak lebih sederhana.

sate gultik
Foto: Instagram/@galontrip_travelbog

Menempati pinggir trotoar, para pengunjung dapat dengan mudah menyaksikan ramainya jalananan, bisingnya kendaraan, serta banyaknya anak-anak kecil yang ngamen. Terlebih, ondel-ondel pun ikut serta untuk sesekali datang mengiringi para pembeli. Akan tetapi disamping itu semua tidak membuat para pelanggan gultik merasa terganggu. Justru mereka senang bisa sering-sering berkunjung.

Jika ke sana, maka bersiaplah untuk dibuat pusing oleh banyaknya penjual. Tapi tidak perlu khawatir bila tidak mendapatkan tempat duduk. Suasana yang ramai membuat para pengunjung tidak berlama-lama di sana. Hanya sekedar mengisi perut dan melepas canda tawa bersama teman maupun bersama pasangan. Serta ditemani seporsi gultik yang membuat suasana menjadi tambah hangat.

Anda bisa mendapatkan seporsi gultik dengan harga sangat merakyat. Cukup dengan Rp10.000 saja dan harga sate per-tusuknya mulai dari Rp5.000. Namun, biasanya para pengunjung banyak yang nambah, dikarenakan porsinya yang sedikit dan bikin kalap.

gultik
Foto: Instagram/@galontrip_travelblog

Gultik Blok M, terletak di Bulungan, Jl. Mahakam, Kby Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya yang strategis berada tepat dipinggir jalan, membuatnya mudah ditemukan. Jika masih bingung karena Blok M ada dua, yaitu Blok M Plaza dan Blok M Square, maka gultik ini posisinya tepat di trotoar belakang Mall Blok M Plaza atau dekat dengan pintu masuk parkir mobil dan motor.

Bila membawa kendaraan pribadi, disarankan membawa motor saja. Jika membawa mobil, lumayan susah untuk mencari parkir dikarenakan kebanyakan kendaraan parkir di pinggir jalan. Anda juga bisa mencapainya dengan menggunakan kendaraan umum seperti TransJakarta, MRT, atau yang lebih mudah menggunakan Ojek Online.

Jika kalian menggunakan TransJakarta, bisa turun di halte Blok M Plaza. Selanjutnya, jika menggunakan MRT, bisa turun di Stasiun Blok M dan tinggal jalan sedikit ke lokasi gultik.

gultik blok m
Foto: Instagram/@yeremiadion

Gultik mulai buka dari jam 17.00 sore hingga jam 04.00 pagi menjelang subuh. Semakin malam, maka semakin banyak pula yang berdatangan. Terlebih para pemuda yang mampir di malam hari.

Tak ada salahnya menyempatkan waktu ngumpul bersama teman maupun keluarga untuk makan di pinggir jalan. Bila sudah puas makan, bisa geser ke tempat tongkrongan kedai kopi yang ada di sana. Perlu diingat, jika pulang teralu larut berkendaralah dengan aman.

Artikel ini ditulis oleh Lq Nabiilah - Jakarta Utara

jakarta blokm gultik kuliner

Berita Video