Corona Masih Mewabah, Dendeng Tikus Malah Diselundupkan

News 12 Februari 2020

corona virus tikus dendeng daging penyelundupan

Foto: China Press


Seorang pria di Malaysia membuat heboh dengan aksinya menyelundupkan makanan ekstrem ke pesawat. Makanan ini disorot lantaran kekhawatiran tentang virus corona merebak.

Dilansir World of Buzz, hingga saat ini ada 18 orang di Malaysia yang dinyatakan positif terjangkit virus corona. Kondisi ini membuat otoritas setempat melakukan pengamanan ketat di bandar udara.

Tapi belum lama ini petugas Bea Cukai di Penang International Airport memergoki seorang penumpang yang menyelundupkan daging tikus. Daging dari hewan pengerat itu sudah diolah dengan cara dikeringkan atau dibuat dendeng.

dendeng tikus
Foto: China Press

Petugas melakukan penelusuran lebih lanjut dan didapat bahwa penumpang pria asal dari Kamboja yang membawa panganan ini. Pria yang tak disebutkan identitasnya itu juga dilaporkan tidak membekali dirinya dengan surat izin atau dokumen medis terkait kepemilikan dendeng tikus itu.



Tak ingin menimbulkan kekacauan, petugas akhirnya menahan penumpang ini. Pasalnya dikhawatirkan dendeng tikus yang dibawanya mengandung virus corona.

Pria itu juga meresahkan petugas lantaran dendeng tikus yang dibawanya cukup banyak, yakni mencapai 780 gram. Jumlah itu sudah mendekati angka satu kilogram.

Karena penemuan dendeng tikus ini, penumpang tersebut diamankan untuk dilakukan investigasi lebih lanjut. Jika terbukti bersalah, pria itu akan dikenakan denda sebesar RM100,000 atau sekitar Rp330 juta. Selain itu, hukuman kurungan penjara maksimal enam tahun juga mengancamnya.

corona virus tikus dendeng daging penyelundupan

Berita Video