Cara Menghindari Biaya Data Roaming Ketika di Luar Negeri

Techno 03 Januari 2021

Foto: 123RF.com/georgejmclittle

Membeli paket data internasional saat bepergian bisa membuat budget membengkak karena operator cenderung mengenakan biaya besar untuk menggunakan paket data di luar negeri. Membeli kartu SIM lokal juga bisa menjadi proses yang menyulitkan karena banyaknya aturan dan registrasi.

Airalo adalah marketplace eSIM yang bisa digunakan pengguna smartphone untuk membeli paket data seluler sementara saat bepergian ke luar negeri. Anda dapat membeli paket data seluler tanpa harus membeli kartu SIM secara fisik di toko ponsel. Jika kuotanya habis, cukup lakukan top up atau membeli eSIM dari operator lain. Paket data seluler Airalo benar-benar terpisah dari paket data seluler standar dan bisa dipakai di jaringan lokal.

Ini menghemat banyak waktu, terutama jika bepergian ke negara seperti Singapura atau Prancis di mana paspor akan dipindai dan dicatat ketika membeli kartu SIM.

eSIM
Hampir semua smartphone baru memiliki fitur eSIM. Fungsinya sama seperti kartu SIM lainnya dan berisi nomor telepon dan paket data, memungkinkan smartphone terhubung ke jaringan seluler untuk data, panggilan, dan teks.

Namun, tidak seperti SIM standar, eSIM tertanam di ponsel atau tablet. Pengguna umumnya memasukkan eSIM ke perangkatnya dengan memindai kode QR atau memasukkan kode di perangkatnya.

esim
Foto: techprolonged.com

Beberapa perangkat yang sudah mendukung eSIM antara lain iPhone, iPhone XS, XS Max, XR, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max. Beberapa ponsel Android unggulan juga mendukung eSIM, seperti Pixel 3, Pixel 4, dan berbagai perangkat lainnya.

Baik iOS maupun Android mendukung penggunaan eSIM dan kartu SIM standar secara berbarengan. Ini berarti Anda dapat mengatur kartu SIM fisik untuk menangani pesan suara dan SMS, sementara kartu eSIM Anda menangani semua data seluler. Ini sangat berguna untuk pengguna WhatsApp karena Anda tetap bisa menggunakan nomor pribadi saat bepergian ke luar negeri dan menggunakan eSIM untuk penggunaan kuota Internet-nya.

Perbedaan eSIM Airalo
Semua eSIM yang tersedia di Airalo hanya menawarkan kuota untuk data, yang berarti pengguna tidak diberi nomor telepon dan tidak dapat melakukan atau menerima panggilan atau SMS.

Semua paketnya bersifat pra-bayar dan tidak diperpanjang secara otomatis, yang berarti Anda tidak perlu khawatir tentang membatalkan paket data atau berurusan dengan operator secara langsung ketika Anda meninggalkan negara yang dikunjungi.

esim
Foto: readyjetroam.com

Airalo bisa dibeli melalui aplikasi atau di situs web Airalo. Setelah dibeli, Anda akan menerima kode QR untuk diinstal di perangkat. Airalo menawarkan eSIM untuk 100+ negara di seluruh dunia. (red)

Tags : internet kuota smartphone esim


Berita Terkait

Techno

Aplikasi Travelling Yang Bisa Dipakai Tanpa Internet

Menghemat uang dan mempermudah perjalanan.

27 Apr 2020

Techno

Manfaat yang Diperoleh Industri Travel dari IoT

IoT menawarkan banyak manfaat bagi mereka yang beroperasi dalam industri travel.

29 Feb 2020

Terbaru

more

Food & Travel

Mengunjungi Kampung Semanggi Benowo, Penghasil Primadona Kuliner Surabaya

Semanggi merupakan salah satu bahan pecel khas Surabaya.

11 April 2021

News

Kembali Buka! Yuk, Wisata ke Taman dan Hutan Ibu Kota

Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.

11 April 2021

Food & Travel

Jiwa-Jawi Jogja, Destinasi Kuliner dan Budaya

Restoran dengan konsep Jawa baik dari sajiannya maupun desain bangunannya

11 April 2021

Food & Travel

Frogshelter, Punk Coffee Bar Bernuansa Konser Musik

Ngeband sambil ngopi bisa disini.

11 April 2021

Lifestyle

Self Service, Salah Satu Budaya Berjualan di Malang

Konsep self service sangat mudah dijumpai baik dalam berbagai bidang usaha di Kota Malang.

11 April 2021

Berita Video

more