Mengunjungi Kampung Semanggi Benowo, Penghasil Primadona Kuliner Surabaya

Food & Travel 11 April 2021

Foto: https://magazine.job-like.com/advan.oomph

Jika berbicara tentang kuliner khas kota pahlawan Surabaya, maka ‘Pecel Semanggi’ atau populer dengan sebutan ‘Semanggi Suroboyo’ mustahil luput dari pembahasan. Namun akhir-akhir ini makanan yang berbahan dasar daun semanggi air ini sudah jarang ditemui dan bisa dikatakan terancam dilupakan, khususnya oleh arek-arek Suroboyo sendiri. Nah sebagai upaya melestarikannya, teman brisik bisa berkunjung ke Kampung Semanggi untuk lebih mengenal sekaligus mencicipi kuliner khas Surabaya ini. Kampung ini terkenal sebagai tempat yang sampai sekarang masih menjadi penghasil utama semanggi di Surabaya. Kampung Semanggi beralamat di Jl. Kendung RT.07 RW.III Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Surabaya

Penamaan ‘Kampung Semanggi’ sendiri bukan tanpa alasan, karena mayoritas warganya memang berprofesi sebagai penjual semanggi, sekaligus membudidayakan tanaman semanggi di lahannya.

Foto : ngopibareng.id/RizkyMutqiyyah/

Kenapa sampai ada Kampung Semanggi? Sedikit sejarah bahwa sejak dulu, karena pecel semanggi dijual dengan cara tradisional, dipikul dari satu kampung ke kampung lain. Hal ini membuat pecel semanggi agak sulit untuk ditemukan. Nah kebetulan ada perkampungan di Surabaya Barat di mana tanaman semanggi tumbuh subur di sana, dan banyak diolah menjadi pecel semanggi oleh warga kampung ini. Kampung inilah yang dijuluki Kampung Semanggi.

Di Kampung Semanggi, kalian bisa melihat, mencicipi maupun bertanya-tanya berbagai hal tentang semanggi mulai dari bahan dasarnya, proses pembuatan serta sejarah primadona kuliner Surabaya ini. Setiap harinya, para penjual semanggi di kampung ini yang terdiri dari para ibu-ibu, sambil membawa keranjang anyaman yang disebut rinjing berkeliling berjualan semanggi di berbagai tempat. Biasanya mereka tidak menjajakan semangginya di dalam kampung, melainkan di luar wilayah kampung dengan target utama yakni spot-spot wisata kota Surabaya. Tapi tenang, di kampung ini teman brisik masih tetap bisa mencicipi serta membeli semanggi di beberapa rumah yang menjualnya kok. 

Dalam membawa dagangannya, para penjual semanggi ada yang berkeliling menggunakan kendaraan motor, ada yang menggunakan gerobak tradisional, bahkan ada juga yang masih dengan cara dipikul loh. Para warga Kampung Semanggi tidak hanya berjualan saja, para warga kampung ini juga membudidayakan tanaman semanggi air yang tumbuh subur di sekitar pematang sawah kampung ini. Lalu mereka dapat mengolah sendiri hasil daun semangginya atau menjualnya ke pedagang lain.

Foto : idntimes.com/IsmahIrsalina/

Menariknya, untuk lebih meningkatkan inovasi warganya, Kecamatan Benowo bekerja sama dengan instansi lain juga sering mengadakan pelatihan pembuatan varian makanan berbahan dasar semanggi yang dihadiri ibu-ibu warga Kampung Semanggi. Dan ternyata tahukah kalian bahwa semanggi juga dapat diolah menjadi kuliner lain seperti Tahu Bakso, Donat bahkan Sirup, mantap bukan?

Sedikit informasi bagi teman Brisik yang belum pernah mencicipi pecel semanggi. Makanan ini dibuat dari daun semanggi air (marsilea) yang dikukus, kemudian dihidangkan di atas daun pisang lengkap dengan tambahan kangkung, kecambah, dan kerupuk uli. Bukan pecel namanya kalau tidak dilumuri bumbu saus, nah bedanya dengan pecel-pecel lain, pecel semanggi menggunakan bumbu saus yang terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah, dan tak ketinggalan petis. Yup, bumbu petis memang tak pernah absen sebagai bumbu makanan khas Jawa Timur. Uniknya lagi, biasanya penjual semanggi tidak menyediakan sendok atau garpu, sehingga menggantinya dengan kerupuk uli. Tapi tenang kok, beberapa penjual semanggi sudah ada yang mulai menyediakan sendok.

Foto : ngopibareng.id/RizkyMutqiyyah/

Bagi teman brisik yang ingin mencicipi kelezatan semanggi atau sekadar berkunjung ke Kampung Semanggi, kalian dapat dengan mudah menemui plakat penunjuk arah bertuliskan "Kampoeng Semanggi Benowo" dari Jl. Kendung dan Jl. Kendung IX. Kampung ini hanya berjarak sekitar 50 meter dari lapangan olahraga Gedung Aston Villa Kendung. 

Penjual pecel semanggi keliling juga dapat kalian temui di sekitar Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Masjid Al-Akbar, dan Taman Prestasi Surabaya. Sepincuk semanggi dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp8.000 sampai Rp10.000. 

Yuk kita lestarikan kuliner tradisional kota Surabaya!

 

Tags : travel melestarikan budaya tradisional kampung semanggi kuliner surabaya

Artikel ini ditulis oleh : Bayu


Berita Terkait

Food & Travel

Jelajah Beragam Bangunan Kolonial di Jalan Pahlawan Surabaya

Dahulu kawasan ini merupakan bagian dari wilayah Pasar Besar atau dalam penyebutan kolonial Passar Besar Weg.

06 Mei 2021

Food & Travel

Sajian Kuliner Menggugah Selera ala Domino Cafe

Domino Cafe hadir menawarkan ketenangan dari riuh kepadatan tengah kota.

06 Mei 2021

Food & Travel

Ketika Pendopo Nias Utara Jadi Rumah Kedua Bagi Kalangan Publik

Memiliki luas sekitar 2 hektar persegi dimanfaatkan oleh publik sebagai tempat istirahat atau berolah raga.

05 Mei 2021

Voucher Rekomendasi

Njana Tilem Museum

Travel

Rp 25,000 Rp 35,000

FUNWORLD - SURABAYA

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Mengenal Sego Tiwul, Makanan Legendaris Khas Kota Gaplek

Di Wonogiri sego tiwul biasanya disandingkan dengan cabuk

28 Januari 2021

Food & Travel

Ngopi Sambil Kerja di Kopi Teman Kerja

Furnitur dan dekorasi cukup unik menggunakan meja berbahan beton.

27 April 2021

Food & Travel

Lembur Kula Jadi Tempat Wisata Sekaligus Wisata Kuliner

Tidak hanya menawarkan kuliner, namun juga menyajikan spot foto menarik.

25 Januari 2021

Food & Travel

Habiskan Waktu di Tentwo

Kafe atau tempat nongkrong dengan suasana nyaman.

18 Maret 2021

Food & Travel

Singgah di Taman Kupu-Kupu sambil Merasakan Sensasi Memberi Makan Rusa

Kapan lagi berdekatan sambil memberi makan rusa

09 Februari 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Bakso President dan Sensasi Makan di Tepi Rel Kereta

Makan bakso sambil merasakan sensasi laju kereta api di atas rel.

07 Mei 2021

Food & Travel

Temukan cita rasa kopi otentik di kedai kopi kekinian El’s Coffee

Cafe ini menyuguhkan beragam kopi nusantara.

07 Mei 2021

Food & Travel

Makan Ketan Dengan Pemandangan Indah di Susu Ketan Pak Yan

Menggabungkan panorama gemerlapnya langit bersama dengan menikmati lezatnya ketan dengan segala topping.

07 Mei 2021

Food & Travel

WKWK Cafe, Mulai Dari Lokasi Strategis Sampai Menu Yang Unik

Cafe ini memiliki desain yang bisa dibilang hits, meja coklat tua, dan dinding yang didominasi warna putih lengkap dengan stiker kata-kata.

07 Mei 2021

Food & Travel

Dusty Coffee, Kopinya Tasty Tempatnya Cozy

Coffee shop modern yang patut untuk dikunjungi saat berada di daerah Kota Wisata Cibubur.

07 Mei 2021

Berita Video

more