Melepas Rindu Pulau Dewata, di Kampung Bali Bekasi

Lifestyle 11 April 2021

Foto: Brisik.id/Mutiara Annisa

Bali merupakan sebuah provinsi di Indonesia, dengan ibu kota provinsi Denpasar. Bicara tentang Bali tidak akan ada habisnya, karena memiliki keanekaragaman daya tarik wisata yang mengagumkan. Tidak heran jika pulau yang indah ini sanggup menghipnotis wisatawan dari seluruh mancanegara.

Bali terkenal akan tradisi dan budayanya. Tak jarang wisatawan datang untuk mengunjungi berbagai pura dan menyaksikan tarian daerah Bali yang memiliki karakteristik serta keunikannya tersendiri. Bahkan para wisatawan juga selalu mengincar kuliner khas Pulau Dewata ini.

Foto : Brisik.id/Mutiara Annisa

Banyak sekali yang dapat dijadikan kenangan saat berkunjung ke Bali. Untuk Teman Brisik yang rindu dengan suasana Pulau Dewata, kalian bisa datang ke Kampung Bali Harapan Jaya, Bekasi Timur. Kampung Bali merupakan perumahan yang dihuni oleh sebagian besar masyarakat yang berasal dari Bali.

Tentang Kampung Bali di Bekasi

Kampung Bali sudah ada sejak tahun 1990-an, dulu perumahan tersebut masih berupa alang-alang. Berawal dari kedatangan tiga orang asli Bali yang merantau ke Bekasi untuk bekerja di Kementerian Agama. Kemudian mereka membeli satu kavling untuk perumahan. Masyarakat Bali tersebut selalu bermain gamelan setelah pulang kerja, rutinitas tersebut akhirnya mengundang banyak masyarakat yang datang dan akhirnya membeli perumahan di sana. Perumahan yang dibangun di Kampung Bali, semuanya menggunakan ornamen Bali bertujuan untuk dijadikan sebagai ciri khas dan untuk melepas rindu para masyarakat asli Bali.

Line_167099365890034Foto : Brisik.id/Mutiara Annisa

Nuansa Bali yang Lekat

Saat memasuki Kampung Bali, Teman Brisik langsung di sajikan dengan nuansanya yang benar-benar serasa berasa di Bali. Mulai dari bangunan arsitektur rumah yang berbentuk pura, lukisan dinding perumahan, umbul-umbul, kain kotak-kotak berwarna hitam putih, patung Ganesa dan patung-patung khas Pulau Bali.

Semua ornamen Bali seperti patung di datangkan langsung dari Bali dan jika barang tidak tersedia biasanya warga Kampung Bali memesan dari daerah Magelang dan Jogja. Di sini juga terdapat pembuatan kerajinan keramik dan patung yang dibuat oleh Bapak I Wayan dan hasilnya sudah dijual belikan sampai keluar Bekasi seperti Jakarta dan Kuningan.

Tidak hanya ornamen saja yang menambah nuansa khas Bali, namun tarian Bali juga tersedia di sini. Kampung Bali ini memiliki sanggar tari yang dibuka setiap hari Jumat sore dan Jumat malam. Jadi untuk Teman Brisik yang ingin sekali belajar tarian Bali bisa langsung datang kesini, karena di buka untuk umum.

Line_166690811889087Foto : Brisik.id/Mutiara Annisa

Masyarakat Kampung Bali sanggatlah ramah dan welcome kepada para pengunjung. Bahkan jika ada acara umat Hindu, mereka mengajak untuk melihat suasana saat acara. Ada yang lebih unik dari Kampung Bali ini, karena masyarakat di sini ternyata terdiri dari tiga keagamaan. Ada yang berasal dari agama Hindu, Kristen dan Islam, namun walaupun berbeda agama mereka jauh akan konflik.

Kampung Bali dibuka untuk umum hari Sabtu-Minggu dari pagi hingga sore hari. Biasanya banyak pengunjung yang berasal dari komunitas sepeda. Banyak juga makanan yang dijual oleh masyarakat di sana, mulai dari bakso, mie ayam dan aneka makanan ringan.

IMG_20210312_111840_517Foto : Brisik.id/Mutiara Annisa

Lokasi Kampung Bali sendiri terletak di Jl. Merpati Bali, Rt.011/Rw.009, Harapan Jaya, Kec. Bekasi Utara, Jawa Barat. Untuk aksesnya sendiri, Teman Brisik menggunakan KRL turun di Stasiun Bekasi. Kemudian naik angkutan umum K15A jurusan Pondok Ungu dan turun di Jl. Raya Kaliabang. Kemudian jalan kaki 850 meter ke arah Jl. Merpati Bali, Kalian akan sampai ke tempat tujuan.

Bagi Teman Brisik yang datang dari luar kota, pastinya kalian lelah bukan? Nah, tidak jauh dari Kampung Bali, kalian dapat menginap di Harris Hotel & Conventions Bekasi. Jaraknya tidak cukup jauh, hanya menempuh 5,1 KM saja. Harga per malamnya mulai dari Rp477.000/malam.

Untuk menikmati wisata Kampung Bali, tidak dipungut biaya alias gratis loh. Jadi untuk teman Brisik yang ingin berswafoto dengan nuansa Bali tanpa harus berpergian jauh ke Pulau Dewata, kalian bisa langsung datang ke Kampung Bali Harapan Jaya Bekasi.

 

Tags : bekasi kampung bali wisata brisik.id

Artikel ini ditulis oleh : Mutiara


Berita Terkait

Food & Travel

Wakacao, Cita Rasa Kuliner Berkonsep Hot Plate yang Enaknya Kacau!

Kedai ini memadukan kuliner ala western dengan bumbu bercita rasa nusantara yang tersaji di atas hot plate.

05 Mei 2021

Food & Travel

Toko Kue Ibu Mariana, Toko Rumahan Rasa yang Nikmat

mulai dari kue bolu marmer, bolu kukus, ombekook, hingga bolu pisang dan bolu tape tersedia disini.

03 Mei 2021

Food & Travel

Menu Jepang Lengkap Rasa Enak di Torico

Tempat ini merupakan restoran Jepang dengan menu yang cukup komplit dan harga yang dapat di katakan cukup terjangkau.

01 Mei 2021

Voucher Rekomendasi

FUNWORLD - BEKASI

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

OHANA Waterpark

Waterpark

Rp 50,000 Rp 100,000

Transera Waterpark

Waterpark

Rp 45,000 Rp 95,000

BoomBoom Waterpark

Waterpark

Rp 30,000 Rp 50,000

INUL VIZTA Harapan Indah

Karaoke

Rp 49,000 Rp 79,000

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Dawet Kemayu Tak Pakai Santan

Menghadirkan fiber cream sebagai pengganti santan

13 April 2021

Food & Travel

Me-Time City View di Hotel Mercure Gatot Subroto

Setiap kamar memiliki jendela untuk melihat ibukota, selain itu tersedia beragam fasilitas lengkap mulai dari kolam renang, gym sampai tempat spa.

07 Mei 2021

Food & Travel

Ragam Edukasi Berbalut Keseruan Wisata di Kebun Pak Budi

Cocok dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak.

21 Maret 2021

Food & Travel

Konsep Syariah di The Legacy Residence

Ingin bermain lebih bersih.

02 April 2021

Food & Travel

Makan Burger Sambil Kongkow Seru di Dope Burger & Co

Mencicipi burger dengan rasa dan porsi yang tidak biasa.

26 April 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Berfoto Ria Di Gang Kecil Dengan Nuansa Kolonial di Jalan Prenjak

Di sini merupakan tempat bersejarah dengan bangunan tua sebagai latarnya.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bakso President dan Sensasi Makan di Tepi Rel Kereta

Makan bakso sambil merasakan sensasi laju kereta api di atas rel.

07 Mei 2021

Food & Travel

Temukan cita rasa kopi otentik di kedai kopi kekinian El’s Coffee

Cafe ini menyuguhkan beragam kopi nusantara.

07 Mei 2021

Food & Travel

Makan Ketan Dengan Pemandangan Indah di Susu Ketan Pak Yan

Menggabungkan panorama gemerlapnya langit bersama dengan menikmati lezatnya ketan dengan segala topping.

07 Mei 2021

Food & Travel

WKWK Cafe, Mulai Dari Lokasi Strategis Sampai Menu Yang Unik

Cafe ini memiliki desain yang bisa dibilang hits, meja coklat tua, dan dinding yang didominasi warna putih lengkap dengan stiker kata-kata.

07 Mei 2021

Berita Video

more