Sendok Ajaib yang Bisa Meningkatkan Rasa Makanan

Techno 23 Oktober 2020

rasa canggih gadget sendok

Foto: indiegogo.com


Saat mencicipi sebuah makanan, belum tentu enak di lidah. Ada yang kurang asin, terlalu asam hingga hambar. Bagaimana kalau ada perangkat canggih yang bisa membuat suapan makanan jadi terasa lebih enak tanpa menambahkan bumbu apapun. Terdengar seperti magis ya?

Datanglah SpoonTEK, yang disebut sebagai sendok penambah rasa. Sendok ini menggunakan muatan listrik ringan untuk meningkatkan persepsi kita tentang rasa.

Elemen desain yang paling penting dari sendok ini adalah dua elektrodanya. Satu di bagian bawah pegangan dan yang lainnya di mangkuk sendok. Sensor ini membantu membangkitkan lidah akan kemungkinan rasa yang mengasyikkan.

Untuk memahami cara kerja SpoonTEK, pertama-tama penting untuk memahami cara kita memandang rasa. Lidah manusia dapat memproses lima rasa sekaligus: manis, asin, asam, pahit, dan gurih. Reseptor rasa di dalam selaput rasa akan aktif saat kita makan dan mengirimkan informasinya ke otak.

Pada akhirnya, otaklah yang memiliki keputusan akhir tentang bagaimana kita merasakan rasa. Keputusan akhir ini juga dipengaruhi oleh sistem sensorik lain seperti penglihatan dan penciuman. Pengalaman memakan makanan di masa lalu dan rasa lapar juga berperan.

sendok
Foto: indiegogo.com

Bagaimana Cara Kerja SpoonTEK?
SpoonTEK menggunakan perangkat canggih bersama-sama dengan sensor alami yang ada di lidah dan otak untuk memberi Anda pengalaman makan yang luar biasa.

Saat makanan bersentuhan dengan elektroda di sendok dan jari menyentuh elektroda pada sensor di pegangan, arus listrik ringan mengalir melalui makanan. Arus ini mencapai mulut, lidah, pengecap, dan reseptor rasa di dalam lidah.

Teman Brisik akan tahu prosesnya berhasil saat lampu LED pada gagangnya menyala. Meskipun arus listriknya tidak terasa, Anda akan menyadari betapa enaknya rasa makanan.

Bagaimana ini bisa terjadi? Arus listrik membangkitkan indra perasa di lidah, memungkinkan lidah dan otak merasakan rasa yang lebih halus dan lebih baik.



SpoonTEK secara otomatis akan aktif saat Teman Brisik memegang elektroda di gagangnya dan saat ada makanan di sendok. Jadi, Anda bisa menggunakan sendok ini seperti sendok biasa. Tidak ada yang perlu dihidupkan atau dimatikan atau diisi daya, yang membuat produk ini sangat mudah digunakan.

sendok
Foto: indiegogo.com

Jenis Makanan yang Bisa Digunakan dengan SpoonTEK?
SpoonTEK sangat cocok untuk makanan yang asam dan memiliki sisa rasa yang tertinggal. Teknologi di dalam sendok menetralkan rasa yang lebih keras dan membuat pengalaman makan menjadi lebih nikmat.

Contohnya plain yogurt, meski disebut tanpa rasa tapi kenyataannya rasanya bisa agak asam. Namun dengan SpoonTEK, Teman Brisik tidak akan lagi merasakan sensasi tidak menyenangkan itu.

Begitu juga untuk makanan hambar atau diet rendah garam, sendok ini bisa meningkatkan rasa yang sudah ada, membuatnya terasa lebih enak tanpa penambah rasa.

Dengan pemikiran tersebut, sendok canggih ini cocok dengan yogurt, es krim, sup, dan hampir semua hal lain yang dapat Anda makan dengan sendok.

SpoonTEK adalah gadget keren dan akan menjadi tambahan yang bagus untuk dapur pintar . Jika Teman Brisik kesulitan menjalani diet yang lebih sehat, sendok penambah rasa ini dapat membantu.

Selain itu, jika Teman Brisik ingin menikmati lebih banyak jenis makanan tetapi sensitif terhadap rasa asam, sendok ini dapat memberi lebih banyak pilihan. Secara keseluruhan, sendok unik ini meningkatkan cita rasa makanan dan benar-benar bisa membuat makan lebih menyenangkan.

SpoonTEK harganya $29 dan masih dalam proses penggalangan dana di Indiegogo. (red)

rasa canggih gadget sendok

Berita Video