Singgah Sejenak di Kampung Batik Betawi Terogong

Food & Travel 15 Juli 2020

jakarta terogong betawi batik kampung wisata

Foto: instagram/@batikbetawiterogong


Warga Jakarta selalu punya ciri khasnya sendiri. Di balik gemerlap kehidupan yang sudah terdampak modernisasi, ibu kota negara ini masih menunjukkan eksistensi budayanya yang lahir secara turun temurun. Selain kesenian alat musiknya yang terkenal, kerajinan batik khas Betawi tak pernah lepas dari sorotan.

Di daerah Cilandak, Jakarta Selatan ada sebuah perkampungan yang masih mempertahankan budaya betawi yang masih kental. Warga di lingkungan kampung betawi ini terkenal dengan produksi batik betawinya. Di sini, Anda bisa mempelajari lebih banyak tentang pembuatan batik betawi.

kampung batik terogong
Foto: instagram/@batikbetawiterogong

Kampung batik ini terletak di Jalan Terogong III No. 27C, ada di antara apartemen dan sekolah internasional Jakarta International School. Dari pinggir jalan, Anda akan menemukan kampung ini dengan mudah karena ada gapura dengan spanduk bertuliskan “Kampung Batik Betawi Terogong”. Jangan lewatkan slogan “Tinggal di Betawi Kudu Pake Batik Betawi” yang akan menyapa Anda. Slogan ini sekaligus menunjukkan jati diri warga Betawi.

Didirikan oleh Siti Laela atau yang biasa dikenal dengan Mpok Lela pada tahun 1960, Kampung Batik Betawi Terogong menjadi salah satu pusat pembuatan batik betawi yang cukup tersohor di wilayah Jakarta Selatan. Selain warga sekitar, wisatawan yang berkunjung datang dari berbagai kalangan.

kampung batik terogong
Foto: instagram/@batikbetawiterogong

Hingga saat ini, Kampung Batik Betawi Terogong telah banyak memproduksi ratusan potong kain batik cap maupun tulis. Harganya pun sangat beragam. Pengunjung bisa membeli sesuai selera mulai dari harga Rp125.000 – Rp1.000.000 tergantung motif, jenis batik cap atau tulis, juga bahan kain yang digunakan.

Seperti batik pada umumnya, pembuatan batik di Kampung Batik Betawi Terogong masih menggunakan metode tradisional yang mengandalkan malam untuk menggambar motif di kain. Ciri khas dari batik betawi dibanding batik dari daerah lain adalah motifnya yang menjadi ikon Jakarta seperti monas, ondel-ondel, sepeda ontel, penari Yapong, kembang api, topeng, hingga tanjidor. Selain itu, kesenian batik betawi identik dengan warna-warna terang yang diaplikasikan pada kain. Jadi, jangan heran jika Anda menemukan warna-warna mencolok menjadi warna utama di kain batik betawi.

kampung batik terogong
Foto: instagram/@batikbetawiterogong



Saat ini, ragam motif batik betawi sudah banyak berkembang seiring kemajuan zaman. Namun, satu motif yang dinilai memiliki makna paling mendalam serta yang paling menggambarkan karakter warga Betawi yaitu motif ondel-ondel. Selain sebagai simbolis penolak bala, kesenian ondel-ondel merupakan budaya Betawi yang sampai sekarang masih eksis dan sering ditemui.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli batik betawi dalam jumlah besar, Kampung Batik Betawi Terogong menerima pemesanan batik partai besar. Sudah banyak lapisan masyarakat yang telah berlangganan di sini mulai dari pemerintahan, sekolah, komunitas, hingga para kolektor kain batik.

kampung batik terogong
Foto: instagram/@batikbetawiterogong

Karena kualitasnya yang bagus, banyak pengunjung yang datang untuk belajar membatik. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Kampung Batik Betawi Terogong ialah mengeksplor semua hal tentang suku Betawi. Para wisatawan juga bisa mencicipi makanan dan minuman yang dijual dan menjadikan batik betawi sebagai buah tangan saat pulang ke daerah masing-masing. Bahkan banyak wisatawan luar negeri yang mengaku mengagumi keindahan batik betawi.

Kampung Batik Betawi Terogong terbuka untuk umum dari pukul 9 pagi hingga jam 4 sore. Bagi siapa saja yang ingin merasakan pengalaman membatik dan membeli souvenir khas kota Jakarta bisa mampir ke sini. Disarankan untuk datang ke Kampung Batik Betawi Terogong pada akhir pekan karena akan ada proses pembuatan batik yang dilakukan oleh warga sekitar.

Salah satu penginapan dekat dengan kampung ini adalah ZEN Rooms Terogong. Beralamat di Jl. Terogong Raya No.9, RT.3/RW.10, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau sekitar 3 menit berkendara menuju Kampung Batik.

Penginapan ini menawarkan kamar-kamar dengan Wi-Fi gratis. Setiap kamar di guest house dilengkapi dengan meja, kamar mandi pribadi, AC dan TV layar datar.

Harga menginap per malam mulai dari Rp300.000. Informasi lebih lanjut hubungi zenrooms.com.
Artikel ini ditulis oleh Firda Ardita Kaesti

jakarta terogong betawi batik kampung wisata

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video