Wakobar, Kedai Rustic Classic di Tengah Barongan

Kuliner 26 Maret 2021

Foto: brisik.id/Evio Tanti Nanita

Menyeruput kopi dengan nikmat ditemani panorama pepohonan bambu hijau dengan semilir udara sejuk memang asyik dan syahdu. Di tengah hiruk pikuk Kota Mojokerto yang panas, siapa sangka suasana semacam ini bisa didapati hanya dengan menyambangi Wakobar alias Warung Kopi Barongan (Kebun Bambu). Berbeda dengan kedai kopi lainnya di Kota Mojokerto, kafe ini mengusung konsep rustic classic. Tak heran jika Warkobar menjadi salah satu tempat ngopi hits para pecinta kopi. 

Bertempat di Dusun Kedungpring, Desa Jampirogo, Kecamatan Sooko, Mojokerto. Lokasinya terbilang cukup dekat dari pusat Kota Mojokerto, yakni sekitar 13 menit perjalanan menggunakan kendaraan dari alun-alun Kota Mojokerto yang berjarak 5.7 km. Perjalanan dimulai dari Alun-alun Kota di Jalan Majapahit menuju ke arah Jalan RA Basuni. Kemudian masuk ke Gang Jalan Kedungpring gg Baru. Akses masuknya berada di gang sebelah Dinsos Kabupaten Mojokerto. 

Foto: brisik.id/Evio Tanti Nanita 

Ide awal Wakobar bermula dari Erwin Andisusanto (33) pemilik kafe yang ingin menggabungkan suasana asri pepohonan bambu di pekarangan belakang rumahnya dengan nikmatnya secangkir kopi. Dalam bahasa Jawa kata 'Barongan' memiliki arti rumpun bambu yang lebat. Sesuai namanya warung kopi ini berada di bawah rumpun bambu. Warung Kopi Barongan ini sudah beroperasi sekitar empat bulan lalu. 

Foto: brisik.id /Evio Tanti Nanita 

Kedai kopi ini menghadirkan konsep classic rustic dengan view deretan pohon bambu yang rindang. Luasnya kira-kira 15x25 m persegi. Wakobar ini menampilkan gubuk yang terbuat dari bambu dan hunian yang nyaman beratap jerami sebagai tempat nongkrong.

Selain gubuk dan bambu, desain interior tempat ini dibuat sangat sederhana. Ditambah lagi dengan hiasan beragam barang-barang kuno dan langka mulai dari TV kotak, meja jahit, lukisan kayu dan pajangan lain yang terpampang pada dinding-dindingnya. Semakin menambah lengkapnya identitas kedai kopi ini dengan ciri khas classic rusticnya.

Sambil lesehan, para pengunjung bisa bersantai menikmati sajian kopi panas dengan ditemani hembusan angin sepoi-sepoi dari pohon bambu. Tak heran, jepretan foto- foto instagenic berlatar deretan pohon bambu di Wakobar pun mulai ramai di media sosial. 

Foto: brisik.id/Evio Tanti Nanita 

Tempatnya yang berada di pinggir perkotaan membuat suasana di sini cukup hening. Wakobar ini asyik dan menarik recomended untuk piknik bersama teman maupun keluarga. Selain itu, didukung dengan pemandangan hijaunya bambu yang menyejukkan.

Ratusan pohon bambu berdaun rindang menjadi atap peneduhnya dan dikelilingi oleh pepohonan pisang. Ditambah lagi semilir suara angin yang meniup ujung-ujung bambu membuat suasana syahdu ala pedesaan. Tak jarang, para pengunjung kedai kopi ini tidak hanya dari kalangan milenial tetapi ada juga anak-anak hingga orang tua. 

Foto: brisik.id/Evio Tanti Nanita 

Menu makanan favorit di Wakobar yaitu Nasi Bakar Jamur + Ayam, Sego Lodeh dan Mie Goreng Tahu Gunting. Untuk menu makanan ringan diantaranya, gorengan, pentol pedas, kripik, tape, usus bakar, telur puyuh bakar, kerupuk dan menu menarik lainnya yang enak dijadikan camilan teman kopi.

Menu minuman yang disajikan pun cukup beragam seperti aneka minuman kopi, maupun non kopi yang disajikan dingin atau pun panas. Bagi yang tidak suka kopi ada juga menu non kopi, diantaranya es belewah, susu, aneka jus buah dan yang lainnya. Selain kopi, minuman yang menjadi andalan Warkobar, yakni es janggelan susu. Harga minuman maupun makanan disini sangatlah terjangkau mulai dari  Rp5.000 - Rp20.000 saja.

Jam operasional Wakobar buka setiap hari dari pukul 07.00 - 22.00 WIB. Fasilitas penunjang lain untuk para pengunjung yaitu musholla, toilet, serta area parkir yang cukup luas.

Tags : mojokerto bambu kopi cafe wakobar



Berita Terkait

Kuliner

Kopi Kompleks Ngagel, Ngopi Asyik Dengan Nuansa Cozy dan Cutie

Nongkrong di kafe dengan konsep retro vintage yang unik.

28 Jan 2022

Kuliner

Nongkrong di Malam Minggu Makin Seru di Kafe Jejakmu

Nongkrong asyik di kafe dengan minuman dan menu yang unik .

28 Jan 2022

Kuliner

Metsa Kopi, Kafe Berkonsep Industrialis di Tengah Hutan

Berada di pegunungan, dikelilingi pepohonan damar yang menjulang tinggi

27 Jan 2022

Kamu Mungkin Tertarik

Kuliner

Menikmati Hidangan Pencuci Mulut di Warung Cucimulut Jogja

Mencicipi berbagai macam pencuci mulut yang enak dan unik.

04 Oktober 2021

Kuliner

Di Sun Osing Banyuwangi, Bisa Makan di Tepi Laut

Memadukan panorama pantai, ornamen bangunan yang cozy, dan sajian kuliner yang beragam.

20 November 2021

Travel

Aneka Tanaman Cantik di Taman Gading

Menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan bunga.

24 Juli 2021

Kuliner

Adore Cafe, Pesona Cafe Palembang Rasa Bali

Tempat ini menghadirkan tempat nongkrong dengan nuansa Bali di Palembang.

18 Agustus 2021

Travel

Coconut Galaxy Villa, Next Level Glamping di Bali

Penginapan bertema futuristik ini menawarkan penginapan lengkap dengan kolam renang private.

03 September 2021

Terbaru

more

Kuliner

Kopi Kompleks Ngagel, Ngopi Asyik Dengan Nuansa Cozy dan Cutie

Nongkrong di kafe dengan konsep retro vintage yang unik.

28 Januari 2022

Kuliner

Nongkrong di Malam Minggu Makin Seru di Kafe Jejakmu

Nongkrong asyik di kafe dengan minuman dan menu yang unik .

28 Januari 2022

Travel

Curug Gomblang, Airnya Adem Banget!

Airnya dingin banget tidak disarankan untuk mandi.

27 Januari 2022

Travel

Warna-warni Dam Sewu

Seiring berjalannya waktu, keberadaan dam sekaligus dijadikan sebuah tempat wisata gratis.

27 Januari 2022

Kuliner

Sarapan Di Warung Kongde Dengan Nama Lauk Yang Unik

Mencoba bersantap di warung makan dengan nama dan menu yang unik.

27 Januari 2022

Berita Video

more