Menilik Kampung Sepatu Mojokerto

Lifestyle 25 Maret 2021

Foto: brisik.id/Fajri Kurnia

Jika di Jawa Barat ada Cibaduyut yang terkenal dengan pusat industri sepatunya, maka Jawa Timur juga memiliki Kota Mojokerto sebagai daerah produsen sepatu. Sepatu menjadi produk unggulan dari Kota Mojokerto. Komoditi industri sepatu pun turut andil dalam menyumbang pendapatan daerah dan tumpuan ekonomi sebagian warga Mojokerto. Industri sepatu ini sejatinya sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Sampai saat ini industri sepatu masih menjadi salah satu komiditi andalan Mojokerto.

Kota seluas 16,46 km2 ini mempunyai puluhan home industry yang menyebar di beberapa kelurahan. Kelurahan yang menjadi sentra produksi sepatu di Kota Mojokerto adalah Surodinawan, Miji, Blooto dan Prajuritkulon. Banyaknya home industri sepatu, maka tidak heran Kota Mojokerto dikenal sebagai daerah Kampung Sepatu.

Foto: infopublik.id/Syaiful Arif

Produksi sepatu di Kota Mojokerto memang digerakkan oleh industri rumahan sekelas UMKM. Walaupun merupakan produk UMKM, kualitasnya tidak usah diragukan lagi. Sepatu bikinan perajin Mojokerto ini tidak hanya didistribusikan di Jawa Timur saja, namun telah merambah hingga pasar nasional. Biasanya sepatu dikirim ke seluruh Jawa Timur, Solo, Yogyakarta dan Kudus. Sementara untuk daerah luar Jawa, produk seringkali dikirim ke Bengkulu dan Mataram NTT.

Model dan desain yang dihasilkan dari tangan kreatif warga Mojokerto ini bervariasi. Mereka memproduksi mulai dari sepatu anak-anak, remaja hingga dewasa. Bukan hanya sepatu formal seperti pantofel saja yang diproduksi. Aneka desain sepatu lainnya juga tidak kalah bagus. Sepatu yang bergaya casual pun tidak luput dikerjakan oleh perajin kampung sepatu Mojokerto. Mereka juga mengikuti selera pasar yang kini sedang trend.

Melihat desain serta kualitasnya, beberapa diantara merek ternama di Indonesia mulai melirik home industri kampung sepatu Mojokerto. Tidak sedikit dari perajin yang menjalin kerja sama dengan pabrik sepatu bermerek. Bentuk kerja sama ini adalah para perajin memasok sepatu kepada pabrik. Kondisi ini membuat home industri sepatu kian berkembang.

sepatu mojokertoFoto: sindonews.com/Ali Masduki

Produk sepatu Mojokerto terbuat dari kulit sintetis. Akan tetapi ada pula beberapa rumah industri yang memproduksi sepatu dari kulit asli. PVC menjadi bahan utama yang paling digunakan perajin untuk membuat sepatu kulit sintetis, selain lem dan benang. Bahan PVC lebih dipilih karena bahan relatif murah, awet dan memiliki tekstur yang mengkilat.

Para perajin sepatu sangat bergantung dengan ketersedian dan harga dari bahan-bahan tersebut. Oleh karena itu tidak jarang di dekat home industri sepatu dijumpai toko yang menjual bahan-bahan untuk produksi. Di saat harga bahan sepatu tengah naik, di saat itulah para perajin harus pintar memutar otak agar usahanya tetap berjalan.

Foto: brisik.id/Fajri Kurnia

Rata-rata home industri ini dapat menghasilkan 5-20 kodi dalam sehari. Produksi sepatu bisa lebih dari angka tersebut bila permintaan sedang tinggi. Terutama menjelang lebaran, masuk sekolah, natal dan tahun baru, biasanya pesanan sepatu akan semakin ramai.

Namun dari beberapa perajin mengatakan bahwa tiga tahun terakhir ini permintaan tidak seramai dulu. Terlebih lagi tidak dapat dipungkiri bahwa di masa pandemi covid-19, omzet penjualan para perajin sepatu di Kota Mojokerto mengalami penurunan drastis. Pasar sedang lesu serta bahan baku juga tersendat. Pasokan bahan baku seperti kulit sintetis dan lem didapatkan dari Cina, sehingga ketika pandemi melanda secara otomatis bahan baku menjadi cukup sulit ditemukan. Seperti yang kita lihat, kini home industri sepatu Mojokerto tengah bertahan dan berjibaku menghadapi badai pandemi.

Tags : jawa timur produk ekspor kampung sepatu mojokerto

Artikel ini ditulis oleh : Fajri


Berita Terkait

Food & Travel

Bipang Jangkar, Makanan Legendaris Yang Penuh Filosofi

Dari beras jadi berondong kemudian disatukan dengan adonan gula.

17 Apr 2021

Food & Travel

Griya Café & Resto, Lokasinya Ciamik

Suasana outdoor dengan pemandangan Gunung Penanggungan.

14 Apr 2021

Food & Travel

Mengunjungi Kampung Semanggi Benowo, Penghasil Primadona Kuliner Surabaya

Semanggi merupakan salah satu bahan pecel khas Surabaya.

11 Apr 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Dapoer Pandan Wangi, Rumah Makan Sunda Favorit di Bandung

Terong raos menjadi salah satu menu andalan dan rebutan pelanggan di Dapoer Pandan Wangi.

04 Agustus 2020

Food & Travel

Tak Sengaja Ditemukan, Kolam Susu Jadi Destinasi Hits di Gowa

Kolam susu Gowa telah membantu menggerakkan perekonomian warga lokal.

27 November 2020

Food & Travel

Museum OHD, Museum Pribadi Terlengkap di Dunia

2.000 buah koleksi karya seni berada di museum ini.

15 Maret 2021

Food & Travel

Aranka Tempasan, Bersemi Saat Pandemi

Penginapan yang menghadap ke Gunung Rinjani dan memiliki suasana alam begitu kental.

12 Oktober 2020

Food & Travel

Candi Tawangalun, Tempat Semedi Bangsa Jin di Bulan Purnama

Konon sesosok dari bangsa jin sering terlihat melakukan semedi di reruntuhan candi terutama saat malam bulan purnama.

07 November 2020

Terbaru

more

Food & Travel

Ada Kebun Rahasia di Kopihan

Kebun rahasia yang sangat romantis cocok banget sebagai tempat berdua bersama pasangan.

17 April 2021

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Food & Travel

Kedai TAPI, Kedai Kopi dengan Hidangan Daging Sapi Asap yang Lezat

Dagingnya memiliki tekstur lembut dan juice yang dihasilkan dari proses pengasapan selama 5-8 jam.

17 April 2021

Berita Video

more