News 28 Februari 2021
Foto: Youtube : Kemenparekraf
Presiden Republik Indonesia Ir Jokowi dodo secara resmi meluncurkan kampanye program Beli Kreatif Danau Toba kampanye tersebut akan dilengkapi dengan edukasi dan juga pendampingan bagi para pelaku kreatif agar bisa maju di industri digital dibuka secara daring dan langsung, dihadiri secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, acara peresmian tersebut dilaksanakan di Kabupaten Dairi, Sumatera utara. juga dihadiri beberapa kementerian yang berkolaborasi serta Gubernur, Bupati setempat , DPR RI dan DPRD pada Sabtu (20/2/2021) Pukul 13.00 WIB dengan protokol kesehatan.
Foto : Youtube Kemenparekraf
Bersamaan dengan peresmian kampanye Beli Kreatif Danau Toba tersebut Pemerintah juga memperkenalkan Aplikasi Jaringan Pariwisata HUB atau JP HUB, aplikasi tersebut akan menjadi pencarian dan hingga pemesanan destinasi mulai dari tingkat provinsi hingga desa lengkap dengan atraksi wisata yang sudah ter verifikasi.
Di aplikasi JP HUB tersebut pengguna dapat langsung membeli tiket pesawat dan paket wisata. JP HUB menyediakan proses lebih praktis bagi wisatawan berlibur mulai dari portal informasi dan pemesanan yang terintegrasi hingga sistem pembayaran yang koneksi. JP HUB juga akan menginventarisi wisata dari berbagai kementerian, pemerintah daerah sampai pelaku industri pariwisata lokal untuk diolah menjadi paket pariwisata. Lewat sistem tersebut nantinya online travel agen akan menyampaikan data ke Bank Indonesia untuk diolah sesuai dengan kebutuhan Pemerintah berdasarkan kebijakan yang bermanfaat untuk perkembangan pariwisata nasional.
Presiden menjelaskan kawasan danau toba memiliki potensi yang luar biasa dan dapat di kembangkan, para pelaku UMKM Danau Toba sudah banyak dikenali, salah satu produk yaitu ulos sudah mendunia dan juga hasil kebun kopinya. Kawasan tersebut juga cantik dengan bentangan danau vulkanik, paduan tersebut dapat digaungkan ke nusantara hingga dunia dan diharapkan mampu membangkitkan ekonomi Indonesia lewat industri digital.
"Tahun ini akan mengembangkan potensi daerah, pada 2020 Gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku Ekonomi Kreatif dan UMKM ke platform ecommerce. Waktunya pariwisata Indonesia tumbuh bersama ekonomi kreatifnya horas majua jua" pungkas beliau
Dalam sambutannya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menggunakan songket motif ulos simalungun, rancangan designer israf. biasanya digunakan dalam pernikahan, namun sekarang bisa menjadi pakaian yang mempunyai nilai ekonomi kreatif.
Sandiaga Uno menjelaskan Covid-19 telah memberikan dampak luar biasa tak terkecuali dari sektor ekonomi kreatif. Walaupun ada penurunan di sektor tersebut Sandiaga tetap optimis untuk tetap bergerak dengan melakukan langkah-langkah pencegahan seperti mengikuti protokol kesehatan yang di terapkan, Kementerian Ekonomi dan Kreatif jua memiliki strategi dalam mengembangkan sektornya yaitu Inovasi adaptasi dan kolaborasi.
"Kita kawal dan kita jaga untuk berpihak kepada ekonomi kreatif, untuk mendukung program tersebut agar bisa promosikan di media sosial, juga ada produksi film kita akan launching, Untuk itu saya berterima kasih sudah garcep (gerak cepat) dan gaspol , saya berterima kasih juga kepada beberapa sektor kementerian" ungkap Sandiaga.
Foto : Youtube Kemenparekraf
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan juga memberikan sambutan dengan menjelaskan bahwa "untuk membangun harus dilakukan dengan semangat gotong royong agar berjalan dengan maksimal dan hasil yang memuaskan. Ini adalah sebuah contoh kolaborasi kerja, ini merupakan sebuah terobosan baru untuk membangkitkan industri ekonomi kreatif dan pariwisata, saya kira harus terus kita kejar dua produk dalam penjualan tinggi adalah produk kosmetik dan juga kuliner ini saya kira orang akan mencari kosmetik herbal yang sangat banyak jenisnya. Para pejabat harus menjadi teladan dengan membeli produk-produk dalam negeri" kata Luhut.
Foto : Youtube Kemenparekraf
Pesan luhut tersebut agar para UMKM dan pelaku ekonomi kreatif untuk menguasai pasar digital sehingga dapat meningkatkan sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif.
Artikel ini ditulis oleh : yuda
Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.
11 Apr 2021
Acara ini menjadi sarana peningkatan sektor pariwisata bagian Sumatera Utara yang memiliki banyak potensi.
28 Feb 2021
Diapit oleh dua tebing besar dan memiliki panorama alam yang cukup lengkap
29 Jan 2021
Semanggi merupakan salah satu bahan pecel khas Surabaya.
11 April 2021
Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.
11 April 2021
Restoran dengan konsep Jawa baik dari sajiannya maupun desain bangunannya
11 April 2021
Konsep self service sangat mudah dijumpai baik dalam berbagai bidang usaha di Kota Malang.
11 April 2021