Santap BBQ a'la Brazil

Food & Travel 15 Juli 2020

Foto: instagram.com/tucanos_jakarta

Berasal dari suku Taino di Karibia dan Timucua di Florida, istilah BBQ alias barbeque merujuk pada teknik khusus dalam memasak dengan cara memanggang.

BBQ pun juga berkelindan dengan konsep memanggang daging. Proses memasak dengan metode ini biasanya dilakukan di luar ruangan. Daging diasapi di atas bara kayu atau arang.

Dilihat dari perkembangannya, para pencinta daging tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Banyak restoran mulai banyak mengusung menu BBQ dengan memanfaatkan alat pemanggang yang dirancang secara khusus.

Peralatan BBQ tersebut, di restoran-restoran besar biasanya dibuat dari bahan bata atau logam khusus. Adapun perbedaan BBQ dengan pemanggangan terletak dari lama waktu memanggangnya dan jenis panas langsung yang digunakan.

Proses pemanggangan biasa dilakukan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Terlebih menggunakan besar api dari tingkatan menengah sampai tinggi.

Sementara BBQ cenderung diproses dalam waktu yang lebih lama dan menggunakan api secara tidak langsung. Ada tiga tahapan utama yang harus diperhatikan dalam sajian BBQ.

Pertama, siapkan daging sebagai bahan utama yang digunakan, baik daging sapi, daging kambing ataupun domba dan beberapa jenis seafood.

Tahap kedua mengacu pada peralatan yang digunakan, seperti alat panggang, penjepit, piring dan olahan bumbu khusus buat berbeku.

Bumbu khususnya terdiri dari saus tomat, saus tiram, kecap inggris (worcestershire sauce), paprika bubuk, dry mustard, air jeruk nipis, merica hitam (ground black pepper) garam halus dan gula pasir.

Bagian yang ketiga adalah cara atau proses memasaknya itu sendiri. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah cara menaruh bumbunya dengan dioleskan ke daging yang sedang dipanggang.

Olesan bumbu dioleskan di semua sisi permukaan daging agar bumbu lebih merata dan meresap ketika dipanggang. Seperti negara lain di dunia, Brazil yang berada di Amerika Latin ini juga mempunyai hidangan BBQ yang dikenal dengan sebutan Brazilian BBQ.

BBQ a’la Brazil
Bagi yang ingin mencicipi BBQ a’la Brazil tidak perlu jauh-jauh pergi ke Brazil, karena sudah bisa ditemukan di Indonesia. Mengusung nama Tucano’s Churrascaria Brasileira Brazilian BBQ and Buffet, restoran ini mengusung konsep restoran dengan casual dining all you can eat BBQ. Alamatnya berada di Pavilion Retail Arcade Lt. Dasar, Jalan K.H. Mas Mansyur, Jakarta Pusat.

resto
Sumber foto:instagram.com/tucanos_jakarta

Restoran ini tidak hanya menjual BBQ, melainkan juga steak, salad, pasta, dan sosis. Daging BBQ yang digunakan adalah daging sapi yang terdiri dari picanha (top sirloin) dan alcatra (sirloin). Chef yang membuat olahan ini dan menu lainnya didatangkan langsung dari Brazil.

bbq
Sumber foto:instagram.com/tucanos_jakarta

Paket yang ditawarkan restoran ini mulai dari Rp119.000 sampai Rp238.000. Selain menyajikan makanan, restoran ini juga menyajikan minuman seperti koktail dengan harga Rp45.000 sampai Rp55.000,

Selain itu ada juga minuman Caipirinha and Mojito dengan harga mulai dari Rp110.000, Tropical Ice Cream mulai dari Rp20.000 hingga menu minuman lainnya, seperti kopi, teh, soft drink dan air mineral.

Restoran ini juga menyediakan paket Dine-in seperti Family Package (Paket Keluarga) mulai dari Rp695.000, Churrasco Set dengan menu grilled, salad, steamed rice, fries, dessert dan beverage dengan harga mulai dari Rp165.000/pax.

Yang ketiga adalah Special Set Meal Box dengan harga Rp110.000/pax. Paket menu tersebut merupakan sebagai paket menu khusus untuk dibawa pulang. Restoran ini buka setiap hari mulai dari jam 11.30-21.00 WIB.

Tags : jakarta daging brazil bbq

Artikel ini ditulis oleh : Muhammad Yusuf


Berita Terkait

Food & Travel

Pink Mamma, Cantik dan Elegan Penuh Mawar Pink

Hampir keseluruhan ornamen di dalam café menggunakan warna pink yang memberikan kesan feminim dan elegan.

11 Apr 2021

Food & Travel

Kue Dongkal, Jajanan Khas Betawi yang Mulai Sulit Ditemukan

Sekilas kue dongkal mirip seperti kue putu.

09 Apr 2021

Food & Travel

O’Good Coffee, Gak Bikin Kepanasan Meski Nongkrong di Siang Bolong

Tempat bersantai bagi anak milenial maupun generasi Z yang katanya identik dengan kopi dan tempat nongkrong asik.

08 Apr 2021

Voucher Rekomendasi

FUNWORLD - JAKARTA

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

Kereta Api Mini TMII

Playground

Rp 19,000 Rp 25,000

Taman Burung TMII

Travel

Rp 25,000 Rp 30,000

Sekolah Menembak Perbakin

Sport

Rp 69,000 Rp 200,000

Terbaru

more

Food & Travel

Mengunjungi Kampung Semanggi Benowo, Penghasil Primadona Kuliner Surabaya

Semanggi merupakan salah satu bahan pecel khas Surabaya.

11 April 2021

News

Kembali Buka! Yuk, Wisata ke Taman dan Hutan Ibu Kota

Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.

11 April 2021

Food & Travel

Jiwa-Jawi Jogja, Destinasi Kuliner dan Budaya

Restoran dengan konsep Jawa baik dari sajiannya maupun desain bangunannya

11 April 2021

Food & Travel

Frogshelter, Punk Coffee Bar Bernuansa Konser Musik

Ngeband sambil ngopi bisa disini.

11 April 2021

Lifestyle

Self Service, Salah Satu Budaya Berjualan di Malang

Konsep self service sangat mudah dijumpai baik dalam berbagai bidang usaha di Kota Malang.

11 April 2021

Berita Video

more