Tawuran yang Bikin Seger di Cirebon

Food & Travel 16 Juli 2020

cirebon tawuran es kuliner

Foto: instagram/@aboutcirebon.food


Jika mendengar kata “tawuran”, apa yang ada di pikiran Anda?

Kata “tawuran” mungkin identik dengan perkelahian antar anak sekolah. Namun di Cirebon ada tawuran yang berbeda dan ini adalah hal yang positif, menyegarkan tenggorokan, dan mengenyangkan. Tawuran yang satu ini juga rasanya dingin dan manis. Ada yang bisa menebak?

Ya, tawuran yang dimaksud adalah jajanan es yang ada di Cirebon. Dinamakan es tawuran karena banyak sekali bahan yang dimasukkan ke dalamnya. Ada alpukat, nangka, kelapa, timun suri, dan melon. Setelah itu, dicampur menggunakan sedikit santan, gula, susu, dan es batu.

Sekilas terlihat mirip dengan es campur tapi nyatanya berbeda. Bedanya dalam es tawuran ditambahkan nata de coco dan irisan jelly. Penyajiannya pun menggunakan batok kelapa. Sangat unik dan terasa tradisionalnya.

es tawuran
Foto: instagram/@novi_borongyu

Sayangnya, saat ini banyak penjual es tawuran yang tidak lagi memakai batok kelapa melainkan dengan mangkuk atau wadah plastik biasa. Namun Anda tidak perlu khawatir. Apabila ingin mencicipi es tawuran yang masih menggunakan batok kelapa, datanglah ke penjualnya yang beralamat di Jl. Fatahillah, Setu Kulon, Kec. Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Lokasi es tawuran ini tepat di depan SD Negeri 2 Setu Kulon. Letaknya juga tak jauh dari Kawasan Wisata Batik Trusmi. Jadi Anda pun bisa mampir setelah jalan-jalan di sana.

Penjual es tawuran di tempat ini sudah buka sejak tahun 2005. Mereka melayani pembeli setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Tempat ini juga sangat mudah dijangkau terlebih lagi jika Anda menggunakan ojek online.



es tawuran
Foto: es-tawuran-diner.business.site

Karena tempatnya sangat bersih dan nyaman, Anda pasti akan betah. Tak perlu terburu-buru menghabiskan seporsi es yang nikmat ini. Untuk tempat duduk, Anda bisa bebas memilih ingin duduk lesehan atau di bangku.

Harga per porsi es tawuran ini adalah Rp12.000. Di sini Anda juga bisa menemukan menu es lain yaitu es krim. Untuk yang menggunakan cup harganya hanya Rp8.000 sedangkan jika menggunakan batok kelapa serta tambahan durian, Anda harus membayar Rp25.000. Jika Anda masih merasa kurang kenyang, di sini juga menyediakan bakso serta mie ayam yang memiliki harga mulai dari Rp13.000 hingga Rp20.000 dan tahu gejrot cabe mewek seharga Rp7.000 saja.

es tawuran
Foto: Picasa/Dede Junaedi

Es tawuran ini juga sudah tersedia di Gojek maupun Grab. Anda yang tinggal cukup jauh dari sini atau malas datang langsung, bisa memesan melalui aplikasi tersebut.

Saat cuaca sedang panas-panasnya, es tawuran bisa Anda nikmati. Rasanya akan menyegarkan dan juga menyehatkan karena banyak buah-buahan yang mengandung vitamin. Tertarik mencicipi es tawuran di Cirebon ini? Dijamin akan ketagihan dan ingin kembali lagi dan lagi.
Artikel ini ditulis oleh Xandra Junia Indriasti

cirebon tawuran es kuliner

Berita Terkait

Berita Video