Uji Adrenalin di Puncak Bukit Granit Baginde Belitung

Food & Travel 19 Februari 2021

Foto: Google maps/Rizal

Batuan granit di Pulau Belitung tersebar di pesisir pantai hingga ke pulau-pulau kecil, memberikan pemandangan begitu indah dan sangat jarang ditemukan di tempat lain. Bisa jadi bebatuan tersebut menjadi ciri khas dan penyempurna pesona keindahan alam bumi Laskar Pelangi.

Jika bebatuan granit di pantai Belitung sudah biasa disaksikan, cobalah untuk mendaki puncak batu granit yang tinggi dan begitu besar, namanya Batu Granit Baginde atau biasa disebut dengan Batu Baginda.

Foto: Google maps/Daniel Yosep

Batu Granit Baginde berada di Desa Padang Kandis, Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk mencapainya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari Tanjung Pandan. Destinasi ini tidak ada pungutan biaya masuk alias gratis. Waktu kunjungan fleksibel, kapan saja dan sesuai rencana kedatangan masing-masing pengunjung. 

Sepanjang perjalanan menuju lokasi Bukit Batu Baginde, pengunjung akan melintasi jalanan beraspal serta melewati rumah-rumah warga dengan suasana pedesaan. Begitu memasuki kawasan Kampung Padang Kandis, pemandangan berubah menjadi hutan rimbun serta di kiri-kanan berupa perkebunan kelapa sawit yang subur.

Semakin mendekati bukit, pengunjung bakal melihat dua bongkahan batu granit menjulang tinggi dari kejauhan. Itulah lokasi Batu Granit Baginde. Menurut masyarakat setempat, Batu Granit Baginde sebenarnya adalah dua pasang batu berjenis kelamin jantan dan betina. Hanya saja, yang diperbolehkan untuk dieksplor adalah batu betina saja.

bukit granit baginda
Foto: Google maps/Explore Membalong

Sebelum melakukan pendakian puncak bukit Batu Granit Baginde, disarankan mengunakan pakaian yang senyaman mungkin dan mudah meyerap keringat. Hal penting lainnya adalah gunakan alas kaki yang nyaman dan jangan lupa membawa air mineral.

Setiap pengunjung tinggal melewati jalanan yang sudah dijadikan track pendakian. Di kanan-kiri jalur ini masih tertutupi dengan semak-semak.

Foto: Google maps/Aaron Lisandiro

Butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke atas puncak Batu Granit Baginde. Track-nya tidak ekstrim, cukup mudah dilewati. Hanya saja pada saat mau menuju atas, perlu meniti tangga sedikit curam dan harus berhati-hati.

Setelah sampai di puncak, semua keletihan dan keringat akan terbayar dengan keindahan alam yang tersaji di depan mata. Sepanjang mata memandang disuguhkan hijaunya pepohonan hutan belantara, dipadu bentangan laut luas yang mengelilingi Pulau Belitung. Hembusan angin sepoi-sepoi nan sejuk di atas bukit menambah sensasi rileks. 

Foto: Google maps/Aaron Lisandiro


Puas menikmati alam Belitung dari atas batu granit, saatnya turun sebelum matahari terbenam. Pasalnya menjelang malam jarak pandang akan semakin pendek lantaran tidak ada sama sekali penerangan di sekitar wisata batu.

Sementara itu, bila mencari penginapan terdekat dengan Batu Baginde, pilihannya ada di Pantai Penyabong. Salah satunya adalah Arumdalu Private Resorts. Resort mewah ini cocok sekali dijadikan tempat pasangan untuk honeymoon. Fasilitasnya super lengkap. seperti kolam renang di setiap kamar, lokasi menghadap pantai, wifi, sarapan, ruangan ber AC. Harga sewa sekitar Rp4.000.000/malam. Resorts ini beralamat di Jalan Batu Lubang, Padang Kandis, Membalong, Kab. Belitung. Jarak resort dari lokasi Pantai Panyabong sekitar 4 menit berkendara.

Tags : belitung bangka baginda granit batu wisata

Artikel ini ditulis oleh : Rahayu Supratiwi


Berita Terkait

News

Kembali Buka! Yuk, Wisata ke Taman dan Hutan Ibu Kota

Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.

11 Apr 2021

Food & Travel

Tamasya Gratis Sambil Mengenal Sejarah di Monumen Tugu Juang Jambi

Tergambar sejarah perjuangan pahlawan di Kota Jambi.

11 Apr 2021

Lifestyle

Melepas Rindu Pulau Dewata, di Kampung Bali Bekasi

Nuansa kental Bali terasa di sini.

11 Apr 2021

Voucher Rekomendasi

FUNWORLD - SUZUYA BAGAN BATU

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

Karnival Karawang

Playground

Rp 90,000 Rp 135,000

Interactive Art Museum Bali

Playground

Rp 65,000 Rp 120,000

Kereta Api Mini TMII

Playground

Rp 19,000 Rp 25,000

Terbaru

more

News

Kembali Buka! Yuk, Wisata ke Taman dan Hutan Ibu Kota

Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.

11 April 2021

Food & Travel

Jiwa-Jawi Jogja, Destinasi Kuliner dan Budaya

Restoran dengan konsep Jawa baik dari sajiannya maupun desain bangunannya

11 April 2021

Food & Travel

Frogshelter, Punk Coffee Bar Bernuansa Konser Musik

Ngeband sambil ngopi bisa disini.

11 April 2021

Lifestyle

Self Service, Salah Satu Budaya Berjualan di Malang

Konsep self service sangat mudah dijumpai baik dalam berbagai bidang usaha di Kota Malang.

11 April 2021

Food & Travel

Inovasi dan Kreasi Narassi, Bikin Nyaman dan Betah

Destinasi baru sebagai tempat nongkrong dan ngopi saat menyambangi Kota Tasikmalaya.

11 April 2021

Berita Video

more