Mewahnya Museum Fashion Harry Darsono Super Nyeni

Travel 19 September 2021

Foto: tripadvisor.com

Museum tak melulu menyimpan segala sejarah, ada pula yang menampilkan keunikan tersendiri. Pernah dengar museum fashion? Ada loh museum yang menyimpan ribuan koleksi busana. Bicara dunia mode pasti identik dengan sesuatu yang glamour. Sudah pasti museum ini menampilkan koleksinya yang menawan. Bukan hanya isinya, arsitektur dan interior museum ini pun sangat artistik. Kerennya lagi, bukan hanya busana saja yang dipamerkan di sini, banyak pula koleksi seni lainnya yang mengagumkan. Kalau Teman Brisik hobi jalan-jalan ke tempat yang menawarkan keindahan wajib ke museum bak istana ini.

Museum Perancang Busana Ternama

Nama museum unik ini sesuai dengan pemiliknya atau si tuan rumah yaitu Harry Darsono. Di Indonesia, nama Harry Darsono termasuk perancang busana ternama. Dalam museum ini tersimpan seluruh karya terbaik hasil rancangan Harry Darsono. Rancangannya yang paling terkenal yaitu adibusana/haute couture. Tak sembarangan, rancangan tersebut dibuat untuk kalangan elit seperti Lady Diana, Ratu Elizabeth II, Putri Sirikit dari Thailand dan Ratu Rania dari Yordania.

Foto: jakarta-tourism.go.id

Awalnya museum ini adalah sebuah keinginan Harry sedari kecil untuk menampilkan koleksi rancangan pribadinya dan impian itu mampu ia wujudkan. Sudah berdiri cukup lama sedari tahun 1996. Tak main-main rancangannya yang ada di museum ini telah dibuat sejak tahun 1970 hingga saat ini. Gedung museum ini terlihat mewah karena arsitekturnya bergaya Eropa menyerupai kastel.
Foto: tripadvisor.com


Adanya museum fashion ini bisa dibilang cukup langka di Indonesia. Uniknya lagi, saat kamu berada di museum ini ada peraturan khusus, selain tidak boleh berkomunikasi dengan dunia luar selama kunjungan, kamu harus mengganti alas kaki dengan menggunakan sandal. Alasannya karena Harry merasa terganggu dengan suara langkah kaki yang berbunyi dari sepatu. Hal tersebut diungkapkannya karena ia mengidap gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (Attention Deficit Hiperactivity Disorder/ADHD). Selain itu, para pengunjung juga diminta berpakaian santai warna polos dengan tanpa motif.

Karya Elegan dan Klasik yang Go International

Mengunjungi museum eksklusif ini akan mengenalkanmu pada perjalanan karier Harry di dunia seni. Untuk tiket masuknya sebesar Rp185.000 per orang. Terlihat cukup mahal ya, eits jangan salah harga tersebut sangat layak karena selain sesuai dengan isi museum, dari biaya tersebut akan didonasikan kepada beberapa yayasan sosial dan amal milik Harry. Kamu pun akan mendapatkan cendera mata yang bisa dibawa pulang. Serunya lagi, kita juga bisa mencoba beberapa koleksi yang ada di museum ini. Tapi hanya beberapa rancangan saja yang diperkenankan untuk dicoba. Koleksi yang biasa dipakai pengunjung, setiap beberapa bulan sekali selalu diganti dengan koleksi lainnya. Ada tiga lantai yang membuatmu terpesona saat menjelajahinya.

Foto: facebook.com/nuniek

Jika beruntung, saat Teman Brisik di dalam museum ini sang tuan rumah akan memandumu bahkan memainkan piano dan harpa dengan musik klasiknya. Terbayang kan suasananya terasa megah sekali seperti sedang menonton Opera di Eropa. Saat menyusuri koleksi dalam museum ini kamu akan melihat gaun-gaun indah elegan, pakaian adibusana, lukisan sutra, patung, topi, kursi, tea set, sulaman kostum panggung, desain perhiasan dan interior klasik. Mayoritas kostum panggung rancangannya terbuat dari sutra bergaya klasik dan kontemporer. Karya beliau memang patut diacungi jempol karena banyak yang go international.

Foto: seringjalan.com

Berkunjung ke museum ini akan mengesankanmu karena ribuan koleksi adibusana para bangsawan dunia dapat menjadi pengalaman berharga. Mana mungkin kamu tak mengapresiasi karya yang sangat membanggakan ini, bukan? Apalagi kalau kamu pencinta fashion, pasti akan menjadi inspirasi gaya busanamu atau sekedar mengedukasi dan menambah referensimu.

Kalau Teman Brisik belum mengenal sosok Harry Darsono, sekadar informasi, pria yang pernah mendapat gelar kebangsawanan Inggris ini jiwa sosialnya tinggi loh. Ia pernah menjual karpet-karpetnya yang seharga puluhan juta di hari ulang tahunnya. Karpet tersebut ia jual dengan harga miring dan hasil dari penjualannya untuk membantu anak-anak kurang beruntung yang tidak dapat bersekolah.

Kontak dan Lokasi

Sebelum kamu dapat berkunjung ke museum ini, harus membuat janji kedatangan dulu karena tak bisa sembarangan untuk mengunjunginya. Biasanya Harry akan spesial menyiapkan waktu untuk memandu pengunjung sembari menjelaskan rancangannya. Dan ingat, kita harus datang 15 menit sebelum tur dimulai. Kontak yang bisa dihubungi ada di nomor (021) 7668553 dan emailnya hdc71@cbn.net.id. Jam operasionalnya buka setiap hari Senin sampai Jumat, pukul 10.00-12.30 dan 14.00-16.30. Supaya Teman Brisik lebih mengenal Harry Darsono dan museumnya bisa segera lihat webnya di harrydarsonocouture.com.

Alamat Museum Harry Darsono ada di Jalan Cilandak Tengah Raya No. 71 Cilandak, Jakarta Selatan. Lokasi museum tepat di belakang Mal Cilandak Town Square. Untuk sampai di sini, kamu bisa naik MRT dan turun di Stasiun Fatmawati lalu lanjutkan naik transportasi online. Penginapan terdekat dengan museum ada RedDoorz near Cilandak Town Square dengan jarak 150 m, tarifnya mulai dari Rp167.438 per malam.

Tags : brisik.id brisik busana edukasi seru artsy art fashion seni museum jakarta travel

Artikel ini ditulis oleh :

Oana Gemintang
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Jakarta {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Kuliner

Nongkrong di Malam Minggu Makin Seru di Kafe Jejakmu

Nongkrong asyik di kafe dengan minuman dan menu yang unik .

28 Jan 2022

Travel

Curug Gomblang, Airnya Adem Banget!

Airnya dingin banget tidak disarankan untuk mandi.

27 Jan 2022

Travel

Sejuknya Wisata Air Sumber Bening, Telaga Birunya Kediri

Kolam alami dengan pemandangan elok memanjakan mata di pinggiran Sungai Lahar.

27 Jan 2022

Kamu Mungkin Tertarik

Kuliner

Sora, Restoran Jepang di Khatulistiwa

Makanan yang bervariasi dengan harga terjangkau.

17 Februari 2021

Kuliner

Terra Mater, Kedai Kopi Eco Friendly Tanpa Plastik

Kedai kopi ini mengusung gerakan eco friendly

21 Mei 2021

Travel

Lembah Sorory Obyek Wisata Baru yang Tidak Kalah Seru

Wisata cantik yang berubah dari tempat pembuangan sampah.

30 November 2021

Kuliner

Nongkrong Sambil Memperdalam Skill di Cil Room

Nongkrong produktif sambil baca buku di Bogor.

20 November 2021

Kuliner

Nongkrong Asyik Sambil Baca Buku di Kafe Mainmain

Ada toko bukunya bernama Toko Buku Mainmain.

05 Juli 2021

Terbaru

more

Kuliner

Kelola Rasa, Restoran Ciamik di Pinggir Sawah

Tempat makan pinggir sawah dengan panggung live music.

28 Januari 2022

Kuliner

Kopi Kompleks Ngagel, Ngopi Asyik Dengan Nuansa Cozy dan Cutie

Nongkrong di kafe dengan konsep retro vintage yang unik.

28 Januari 2022

Kuliner

Nongkrong di Malam Minggu Makin Seru di Kafe Jejakmu

Nongkrong asyik di kafe dengan minuman dan menu yang unik .

28 Januari 2022

Travel

Curug Gomblang, Airnya Adem Banget!

Airnya dingin banget tidak disarankan untuk mandi.

27 Januari 2022

Travel

Warna-warni Dam Sewu

Seiring berjalannya waktu, keberadaan dam sekaligus dijadikan sebuah tempat wisata gratis.

27 Januari 2022

Berita Video

more