Vihara Dewi Welas Asih, Ikon Tersembunyi Kota Cirebon Untuk Destinasi Wisata Religi

Lifestyle 01 Mei 2021

Foto: instagram.com/explorecirebon

Wisatawan Indonesia mungkin bosan dengan gaya berwisata alam maupun bertamasya ke taman-taman bermain untuk menghabiskan hari libur bersama dengan keluarga. Padahal banyak ikon-ikon budaya religi tersembunyi di Kota-Kota di Indonesia yang tak kalah menarik dengan wisata alam maupun taman bermain. Tak jarang banyak wisatawan yang juga melakukan wisata religi sebagai sarana untuk photo hunting sekaligus mengenal sejarah keberagaman agama di Indonesia, salah satunya seperti Vihara Dewi Welas Asih yang ada di Kota Cirebon.

Vihara Dewi Welas Asih boleh dibilang menjadi salah satu warisan budaya Kota Cirebon yang jarang diketahui oleh para wisatawan. Rumah Ibadah bagi umat Konghucu ini disebut merupakan salah satu simbol toleransi di Kota Cirebon karena setiap sudut bangunannya dipenuhi oleh ornamen yang melambangkan nilai-nilai sosial dan keberagaman. Seperti dilansir dari Jurnal Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI oleh Nurman Kholis, Vihara Dewi Welas Asih mendukung penuh nilai keberagaman yang disimbolkan melalui ornamen-ornamen pada setiap sudut bangunannya, kegiatan-kegiatan sosial yang kerap kali dilakukan bersama umat beragama lain, dan juga menjadi penggiat seni barongsai di Kota Cirebon.

Foto: instagram.com/explorecirebon

Vihara Dewi Welas Asih merupakan klenteng tertua yang berdiri tahun 1559 di Kota Cirebon. Vihara yang berlokasi di Jalan Kantor No. 2, Panjunan, Kota Cirebon ini awal kali dibangun oleh para pendatang Tiongkok yang membawa serta rupang atau patung Dewi Kwan Im untuk diletakkan dalam rumah peribadatan bagi umat Konghucu tersebut. Pada mulanya Vihara ini bernama Tio Kak Sie, namun setelah masa Orde Baru, nama Vihara Tio Kak Sie diubah menjadi Vihara Dewi Welas Asih.

Tempat beribadah bagi umat Konghucu di Cirebon yang telah berusia setengah abad ini awal mulanya hanya sebuah bangunan kecil sederhana, namun karena masyarakat etnis Tionghoa di Kota Cirebon semakin meningkat, maka Vihara Dewi Welas Asih akhirnya diperluas untuk memastikan masyarakat Konghucu dapat beribadah dengan nyaman.

Pastinya bagi Teman Brisik yang gemar atau ingin mencoba berwisata religi, Vihara Dewi Welas Asih Cirebon mungkin bisa menjadi opsi yang menarik. Selain karena seni bangunannya, Teman Brisik juga tentunya sekaligus bisa mengenal sejarah dibangunnya Vihara tertua di Kota Cirebon ini secara lebih dalam lagi. Ditambah ada banyak spot foto menarik yang bisa diabadikan Teman Brisik, dan pastinya memiliki nuansa yang berbeda dengan spot-spot foto pada umumnya. Maka dari itu tak jarang Vihara Dewi Welas Asih ini dijadikan sebagai tempat favorit bagi para fotografer pecinta seni budaya. 

Foto: instagram.com/explorecirebon

Vihara Dewi Welas Asih biasanya sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat awam ketika hari raya Imlek tiba, karena selain bangunannya yang selalu dihiasi oleh banyak ornamen khas tahun baru China, Teman Brisik juga bisa menikmati pertunjukkan barongsai dan melihat ratusan lentera yang dilepas ke langit pada malam menjelang pergantian tahun bagi umat Konghucu. Lentera-lentera tersebut melambangkan doa-doa dan harapan baru bagi umat Konghucu di tahun mendatang. Namun di tahun 2021 lalu, umat beserta pihak Vihara tidak menggelar pelepasan lentera maupun pertunjukkan barongsai dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan. 

Foto: instagram.com/tito_djauhari

Tidak ada biaya masuk untuk Teman Brisik yang ingin mengunjungi Vihara Dewi Welas Asih, hanya saja Vihara ini masih digunakan sebagai tempat beribadah umat Konghucu. Maka bagi Teman Brisik yang ingin berkunjung, pastikan untuk tetap bersikap sopan ya. 

Tags : vihara wisata religi cirebon photo hunting budaya

Artikel ini ditulis oleh : Laurensia Lucinta


Berita Terkait

Food & Travel

Mencoba Mie Jadoel Cirebon di Mie Murni

Mencicipi mie tradisional dengan resep turun temurun di Cirebon.

07 Mei 2021

Food & Travel

Wisata Sejarah Religi di Pulau Mansinam yang Sunyi

Di pulau ini dimulai sejarah penyebaran agama Kristen di Papua.

04 Mei 2021

Lifestyle

Menilik Syahdunya Peribadatan di Pura Segara Kenjeran

Saat berada di area pura akan terdengar tabuhan gamelan khas Bali.

04 Mei 2021

Voucher Rekomendasi

FUNWORLD - CIREBON

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

Njana Tilem Museum

Travel

Rp 25,000 Rp 35,000

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Nge-grill Sampai Puas di Bong O Bong

Harganya mulai Rp65.000.

14 Februari 2021

Food & Travel

Tujuan Cafe, Tempatnya Artistik dan Instagramable

Tampak dari luar saja sudah cozy dan unik.

21 Maret 2021

Food & Travel

Taman Kelinci Padusan, Wisata Ramah Anak di Bawah Kaki Gunung Welirang

Di sini Teman Brisik bisa mengajak anak-anak bermain bersama kelinci yang lucu-lucu.

06 Mei 2021

Food & Travel

K-Bab Minang, Cara Baru Makan Nasi Padang

Kombinasikan tortilla dengan nasi padang yang lamak bana.

29 April 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Berburu Makanan dan Minuman di KRJ (Kampoeng Ramadhan Jogokariyan)

Pasar takjil yang lengkap dan bisa lanjut beribadah sesudah berbuka.

07 Mei 2021

Food & Travel

Mencoba Mie Jadoel Cirebon di Mie Murni

Mencicipi mie tradisional dengan resep turun temurun di Cirebon.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bermalam Dalam Tenda Ger di The Highland Park Resort

Serasa seperti orang bangsa Mongol atau Indian.

07 Mei 2021

Food & Travel

Kumpul lagi di Kedai Kopi Kawan Lama

Ngopi sambil di temanin iringan lagu dari para bang-band ini bisa banget di Kedai ini.

07 Mei 2021

Food & Travel

Berfoto Ria Di Gang Kecil Dengan Nuansa Kolonial di Jalan Prenjak

Di sini merupakan tempat bersejarah dengan bangunan tua sebagai latarnya.

07 Mei 2021

Berita Video

more