Menghirup Segarnya Udara Pagi di Skyland Paralayang Wuluhan

Food & Travel 28 Februari 2021

Foto: brisik.id/RiskiyatunJ

Kota Jember memiliki banyak spot untuk melakukan olahraga paralayang. Salah satu spot paralayang yang sedang viral dan cukup baru yakni Skyland Paralayang. Lokasinya berada di area hutan jati Wuluhan, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tak hanya cocok sebagai tempat melakukan paralayang, destinasi ini juga dapat menjadi referensi liburan bersama teman dan keluarga bertema alam yang sangat worth it untuk dicoba. 

Lokasi dan Akses Menuju Wisata

Diperlukan waktu sekitar satu jam berkendara motor dengan jarak 31 KM dari pusat kota untuk sampai di tempat wisata ini. Untuk memudahkan mencapai lokasi tersebut agar tidak tersesat, bisa mencarinya melalui peta online dengan mengetikkan nama lokasi Skyland Paralayang Wuluhan agar sampai ke tempat tujuan. 

Sangat disarankan menggunakan sepeda motor untuk mencapai tempat ini, karena akses jalan menuju pintu masuk cukup sempit. Selama perjalanan menuju lokasi, akan dimanjakan dengan keindahan hamparan sawah, sungai, dan gerombolan sapi milik warga. Akses menuju lokasi cukup mudah dilewati, akan menjumpai kombinasi jalan beraspal dan jalan tanah yang ketika musim hujan otomatis akan berlumpur, jadi harus ekstra berhati-hati.

skyland wuluhan
Foto: brisik.id/RiskiyatunJ

Perjalanan Menuju Puncak Bukit

Sesampainya di pintu masuk utama, pengunjung akan disambut oleh petugas parkir. Siapkan uang Rp5.000 per sepeda motor untuk biaya parkir. Dari tempat parkir, cari papan nama bertuliskan "Skyland Paralayang" yang selanjutnya akan menjadi panduan menuju pintu masuk wisata tersebut. Sebelum mendaki ke atas, pastikan untuk membawa persediaan air yang cukup dan menggunakan alas kaki yang nyaman, karena lokasi bukitnya cukup jauh dari pintu masuk.

Setidaknya harus berjalan ke atas selama 5 menit untuk sampai di pos masuk Skyland Paralayang. Harga tiket masuk hanya sebesar Rp5.000 per orang. Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter atau 20-30 menit untuk sampai di puncak bukit.

Foto: Brisik.id/RiskiyatunJ

Akses jalan menuju puncak bukit didominasi jalanan berliku dan beberapa bagian jalan sudah dipasang semacam paving block untuk kenyamanan perjalanan pengunjung. Jangan khawatir tersesat, pengunjung hanya perlu mengikuti lintasan yang sudah dibuat oleh pengelola. Jalur pejalan sangat sempit dan hanya cukup dilalui satu orang, jika berpapasan dengan pengnjung lain maka harus ada yang mengalah. Selama berjalan kaki dijamin tidak akan bosan. 

Selain suasana sejuk dan segar, di sepanjang kiri dan kanan jalan dipenuhi dengan tumbuhan liar yang lebat sehingga menyegarkan mata. Disarankan untuk membawa payung atau jas hujan ketika musim hujan, karena tidak ada tempat berteduh selama perjalanan ke atas. Selain sebagai spot paralayang, bukit ini juga biasa digunakan untuk memacu adrenalin para pecinta olahraga downhill.

Foto: brisik.id/RiskiyatunJ

Sesampainya di puncak bukit, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan bukit yang rimbun dan sawah yang ada di sekitar daerah Wuluhan. Terdapat 3 spot foto yang bisa kamu coba untuk berswafoto ria sepuasnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah pagi hari antara pukul 07.00 - 10.00 WIB. Di atas bukit juga terdapat warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan yang bisa disinggahi untuk menyeruput kopi atau teh hangat sambil menikmai pemandangan. 

Foto: brisik.id/RiskiyatunJ

Sayangnya, fasilitas pendukung seperti toilet belum tersedia. Jika tertarik untuk mencoba paralayan. bisa melakukan reservasi terlebih dahulu dengan cara menghubungi pengelola @skyland.wuluhan di instagram. Jangan lupa untuk selalu turut menjaga kebersihan tempat wisata dengan membuang sampah di tempatnya dan menjaga fasilitas yang disediakan.`

Rekomendasi Penginapan Terdekat

Hotel Ambulu Jember dapat menjadi rekomendasi penginapan untuk kamu yang ingin mengeksplore tempat wisata di daerah Wuluhan dan Ambulu. Kamu hanya perlu menempuh waktu 30 menit dari hotel untuk sampai ke Skyland Paralayang Wuluhan. Hotel ini beralamat di Jl. Manggar No.200, Tegalsari, Ambulu, Kabupaten Jember. Harga per malamnya mulai dari Rp.170.000 hingga Rp.1.000.000.

Tags : jawatimur paralayang jember downhill wuluhan

Artikel ini ditulis oleh : Riski


Berita Terkait

Food & Travel

Mr Kopi, Paling Mengerti Kebutuhan Pencinta Kopi

Cafe ini sangat menenangkan dan jauh dari kata bising.

15 Apr 2021

Food & Travel

Mengenang Kenikmatan Ayam Goreng Legenda Kota Surabaya

Rasa ayam goreng yang melegenda terasa di kedai ini.

08 Apr 2021

Food & Travel

Nasi Punel Khas Bangil, Perpaduan Lembutnya Nasi dan Sedapnya Jeroan

Lauknya sangat baeragam, dan tambahannya tidak pelit. Kamu dapat menambahkan lagi berbagai lauk lainnya. Puas pokoknya.

04 Apr 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Asrinya Suasana Hutan Pinus Cikole

Berada dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu.

08 Maret 2021

Food & Travel

Sarapan dengan Hidangan Super Pedas di Geprek Assalam 99 Ngawi

Aneka jenis sambal di pagi hari? Siapa takut! Ayo bergabung.

26 Februari 2021

Food & Travel

Trekking Asyik di Curug Lawe Ungaran

Hijaunya pemandangan memberikan semangat untuk sampai di Curug

13 Januari 2021

Food & Travel

Dolan ke Kopi Sowan

Konsep open space yang membuat suasana terasa asri.

26 Maret 2021

Food & Travel

Pulepayung, Wisata Alam Kulonprogo yang Menawan

Menyuguhkan wisata alam dari ketinggian di atas 500 mdpl.

19 Maret 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Ada Kebun Rahasia di Kopihan

Kebun rahasia yang sangat romantis cocok banget sebagai tempat berdua bersama pasangan.

17 April 2021

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Food & Travel

Kedai TAPI, Kedai Kopi dengan Hidangan Daging Sapi Asap yang Lezat

Dagingnya memiliki tekstur lembut dan juice yang dihasilkan dari proses pengasapan selama 5-8 jam.

17 April 2021

Berita Video

more