Terpukau Luasnya Telaga Ngebel di Ponorogo

Food & Travel 08 Oktober 2020

ponorogo jawatimur ngebel telaga travel hiburan

Foto: instagram/@galeri_tuan


Kabupaten Ponorogo terletak di Provinsi Jawa Timur dan berdiri sejak tahun 1496. Nama “ponorogo” berasal dari dua kata yaitu pramana/pramono yang berarti daya kekuatan atau rahasia hidup dan raga/rogo yang berarti jasmani atau badan.

Karena terkenal dengan kesenian Reog, kabupaten ini mendapat julukan Kota Reog. Selain itu juga terkenal dengan banyaknya pondok pesantren, contohnya Pondok Gontor Ponorogo yang telah mendunia.

Tak hanya reog dan pesantren, Ponorogo juga memiliki alam yang sangat indah mulai dari gunung, air terjun, hingga telaga. Salah satu tempat wisata cantik yang tersembunyi di kabupaten ini adalah Telaga Ngebel. Letaknya di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur yang berjarak 30 km dari pusat Kabupaten Ponorogo Telaga ini memiliki luas 150 ha dengan kedalaman 46 meter.

telaga ngebel

Foto: instagram/@s.alfi.n.m

Untuk menginjakkan kaki di Telaga Ngebel, pengunjung bisa melaju di Jalan Raya Ponorogo-Geger sejauh 8,5 km sampai menemui perempatan besar dengan plang jika ke kanan ke arah Telaga Ngebel. Setelah belok kanan dan berada di Jalan Raya Ngebel, teruskan perjalanan sekitar 16 km mengikuti jalan beraspal halus. Papan penunjuk jalan sudah terpampang jelas di jalan tersebut.

Sebelum memasuki telaga akan dikenai biaya retribusi sekitar Rp8.000 saja. Setelah melewati pintu masuk, pengunjung bisa memarkir kendaraan dengan biaya untuk motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Jika ingin berkunjung ke Telaga Ngebel, jangan khawatir perihal waktu karena telaga ini buka 24 jam.



Ketika sampai di pinggiran telaga, pengunjung akan terpukau oleh luasnya Telaga Ngebel ini. Keindahannya pun tidak dapat dipungkiri apalagi dipadukan dengan suasana yang sejuk khas dataran tinggi. Membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di sini.

telaga ngebel

Foto: instagram/@agistarsyl

Pemandangan terbaik ketika di telaga ini adalah saat sunset. Matahari akan menyinari air telaga dengan warna keemasan, kemudian tenggelam di balik bukit yang indah.

Selain berjalan kaki mengitari telaga, ada cara lain untuk seru-seruan yaitu dengan menyewa sepeda air dan speed boat untuk memutari telaga. Tarifnya mulai dari Rp60.000 hingga Rp100.000. Setelah itu, pengunjung dapat menikmati indahnya telaga dari dekat dan menyentuh airnya yang dingin.

Di Telaga Ngebel juga terdapat tempat untuk selfie yang instagramable. Selain itu, juga ada warung-warung yang menyajikan makanan khas tempat ini yaitu nila bakar. Menariknya lagi, Telaga Ngebel juga terkenal dengan duriannya yang melegandaris. Tak lupa, oleh-oleh khas Ponorogo dapat ditemukan di penjual yang ada di pinggir telaga.

Foto: Instagram/@infongebel

Bila ingin menginap, tak perlu kesusahan karena di kawasan Telaga Ngebel ada banyak hotel hingga villa. Salah satunya adalah Hotel Ngebel Indah yang terletak di dekat Masjid Darussalam Nglingi Ngebel. Harga per kamarnya mulai dari Rp220.000. Rekomendasi lainnya ialah SPOT ON 2448 Hotel Tlogorejo 2 yang terletak di pinggiran Telaga Ngebel dengan harga mulai dari Rp120.000.

Artikel ini ditulis oleh Althof Misbahuddin

ponorogo jawatimur ngebel telaga travel hiburan

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video