Rujak Kelang, Rujak Khas Pesisir yang Bikin Penasaran

Food & Travel 24 Juni 2020

Foto: brisik.id

Daerah pesisir memang kaya akan hasil lautnya yang melimpah. Tak heran jika ketika mendengar daerah tersebut yang akan terbesit pertama kali adalah ikan. Hal serupa juga terjadi di Desa Branta, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Selain terkenal dengan hasil lautnya, kawasan ini juga terkenal dengan hidangan khasnya yang disebut rujak kelang. Tak hanya karena cita rasanya yang khas, rujak ini dikenal juga lantaran harga seporsinya yang terbilang murah.

Banyaknya cabai dalam seporsi menu rujak kelang bisa disesuaikan dengan masing-masing selera. Hal ini tentu menjadi opsi yang dapat menjangkau preferensi penikmat kuliner sekaligus, baik penyuka pedas, atau tidak.

Namun, hal yang paling menarik dari sajian khas yang satu ini terletak pada tambahan ikan khas pesisir yang turut menjadi bahan utamanya. Hal ini mungkin tidak akan terlalu mengagetkan karena ikan merupakan komoditi utama di daerah asal dari rujak kelang

Nah, salah satu warung yang sudah dikenal karena sajian rujak kelangnya adalah warung Ibu Bibah. Mulai berjualan sejak tahun 2006, warungnya sendiri mulai tersohor pada tahun 2010 lalu.

bibah

Ibu Bibah sendiri bisa dikatakan sebagai penjual rujak kelang pertama di Desa Branta. Warungnya pun sempat viral di tahun 2017, dan terus dikenal dengan sajian khasnya tersebut sampai sekarang.

Usaha kuliner rujak kelang yang dikelola Ibu Bibah ternyata mampu menciptakan pengaruh positif bagi masyarakat. Masyarakat Desa Branta jadi terdorong untuk lebih kreatif lagi mengelola sumber daya alam di sekitarnya.

Rujak kelang Bu Bibah sendiri tak hanya bertumpu pada ikan selaku bahan utamanya. Racikan sambal beserta tambahan buahnya membentuk karakteristik rasa yang unik. Perpaduan rasa ini pun tak jarang membuat banyak penikmatnya ketagihan.

ikan

Menikmati hidangan ini pun diyakini akan lebih nikmat lagi apabila ditemani dengan suasana pantai. Aroma lautan membuat rujak ini seolah memberikan kesan dekat dengan identitasnya sebagai sajian rujak dengan sentuhan rasa makanan laut.

Tambahan ikan tentu merupakan diferensiasi yang paling mencolok antara rujak kelang dengan rujak-rujak lainnya. Istilah rujak kelang sendiri berasal dari sajiannya yang mencampur rujak dengan air ikan.

Beberapa waktu lalu, Brisik juga pernah membahas rujak kelang yang ada di Banyuwangi. Lalu apa bedanya antara rujak kelang versi Banyuwangi dengan Pamekasan? Rujak kelang khas pesisir Pamekasan, tambahan ikannya juga dibuat rujak.

Harganya seporsi rujak kelang sendiri dibanderol senilai Rp10 ribu. Seporsinya terdiri dari ikan, berbagai jenis buah seperti, mentimun, kedondong, dan mangga. Tak lupa juga dengan guyuran sambalnya yang kental dengan dengan aroma ikan yang khas.

Jika penasaran dengan menu tersebut, dapat mengunjungi lokasinya warung Bu Bibah di Desa Branta, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Sebelum masuk ke dermaga yang ada di lokasi, ambil arah ke kiri memasuki gang. Warungnya yang terbilang sederhana persis di pinggir laut.

Tags : pamekasan kelang rujak

Artikel ini ditulis oleh : AnaannaQi


Berita Terkait

Food & Travel

Mencicipi Kesegaran Rujak Kuah Pindang di Warung Men Runtu

Pelanggannya ramai bahkan sempat mendapat review dari beberapa food vlogger.

02 Mei 2021

Food & Travel

Sensasi Manis Pedas Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak buah yang di atasnya diberi es krim.

20 Mar 2021

Food & Travel

Rujak Gamel, Rujak Mirip Seblak Khas Cirebon

Sensasi berbeda dalam rujak gamel tidak akan ditemukan pada rujak lainnya.

05 Feb 2021

Kamu Mungkin Tertarik

News

Ingin Bawa Sepeda Naik MRT dan LRT, Ini Dia Ketentuannya

Pengguna sepeda dapat naik MRT!

01 April 2021

Food & Travel

Cerita dari Bibir Pantai Carita

Pantai yang berada di Kabupaten Pandeglang ini sudah sedemikian tersohor.

27 Agustus 2020

Food & Travel

Ullen Sentalu, Museum Unik Bernuansa Asri

Museum ini dinobatkan sebagai museum terbaik se Indonesia berdasarkan pilihan Trip Advisor.

23 April 2020

Food & Travel

Seafood Harga Sahabat Anak Kost

Kehadiran Abdulloh Corner bisa dijadikan sebagai alternatif sekaligus angin segar untuk para anak kost yang ingin menikmati sajian seafood.

22 Juli 2020

News

Jadi Orang Pertama yang Peringatkan Bahaya Corona, Dokter Ini Tewas

Dokter ini sempat dianggap menyebarkan berita hoax terkait kemunculan virus corona.

07 Februari 2020

Terbaru

more

Food & Travel

Berfoto Ria Di Gang Kecil Dengan Nuansa Kolonial di Jalan Prenjak

Di sini merupakan tempat bersejarah dengan bangunan tua sebagai latarnya.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bakso President dan Sensasi Makan di Tepi Rel Kereta

Makan bakso sambil merasakan sensasi laju kereta api di atas rel.

07 Mei 2021

Food & Travel

Temukan cita rasa kopi otentik di kedai kopi kekinian El’s Coffee

Cafe ini menyuguhkan beragam kopi nusantara.

07 Mei 2021

Food & Travel

Makan Ketan Dengan Pemandangan Indah di Susu Ketan Pak Yan

Menggabungkan panorama gemerlapnya langit bersama dengan menikmati lezatnya ketan dengan segala topping.

07 Mei 2021

Food & Travel

WKWK Cafe, Mulai Dari Lokasi Strategis Sampai Menu Yang Unik

Cafe ini memiliki desain yang bisa dibilang hits, meja coklat tua, dan dinding yang didominasi warna putih lengkap dengan stiker kata-kata.

07 Mei 2021

Berita Video

more