Menyeruput Kopi di Teras Treteh, Nikmatnya Menyatu Dengan Alam

Food & Travel 20 April 2021

Foto: instagram.com/terastreteh

Letaknya yang berada di pelosok sebuah desa di Kecamatan Trawas tak membuat Kedai Kopi Teras Treteh sepi pengunjung. Para pengunjung rupanya dibuat penasaran dengan kenikmatan kopinya yang khas. Ditambah lagi, saat menyeruput kopi disuguhkan dengan keindahan landscape dari Gunung Pawitra dan Gunung Penanggungan yang dipadukan dengan hamparan pepohonan luas nan hijau yang begitu memukau. Tentu saja membuat kedai kopi ini ramai di datangi pengunjung.

Nama Teras Treteh sendiri, rupanya berasal dari pohon yang dahulu kala ada di sekitar tempat ini. Sehingga warga desa setempat menyebut lokasi kedai ini yang merujuk pada istilah pohon tersebut. Hingga pemilik kedai ini memberi nama kedai ini Teras Treteh. Bentuk kedai kopi Teras Treteh ini memang sederhana. Hanya terdiri dari sebuah dapur dan bangunan beratap yang terdiri dari beberapa meja kursi pengunjung. Namun, karena desainnya yang pas dengan konsepnya yang menyatu dengan alam, kedai kopi ini justru sukses menarik pengunjung. 

Foto : Brisik.id /Evio Tanti Nanita 

Supaya para pengunjung merasakan kesan menyatu dengan alam, dibuatlah beberapa tenda kecil di pelataran kedainya. Selain panorama alam pegunungan yang indah, para pengunjung juga akan merasakan hawa sejuk dan dingin khas dataran tinggi pegunungan. Tentunya, kalian bisa memilih tempat duduk indoor ataupun memilih tempat makan di dalam tenda. Tempat makan di dalam tenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam sambil camping. Kalian bisa menikmati menu makanan di dalam tenda yang juga disediakan bantal untuk bersantai.

Selain itu, ada banyak spot foto keren yang instagrammable di sini.  Latar tenda berwarna biru yang unyu berjajar dan juga ditambah dengan latar pemandangan alam area persawahan dan pegunungan yang gagah. Sungguh sangat menyejukkan mata. Terlebih lagi ketika malam hari, pemandangan tampak begitu indah dengan nyala lampu warna berwarna hijau dan merah muda yang menambah suasana malam semakin syahdu. Tempat yang cocok untuk berkumpul bersama teman-teman maupun keluarga. 

Foto : instagram.com/terastreteh

Teras Treteh ini berlokasi di Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Dari pusat Kota Mojokerto berjarak 37 km, bisa ditempuh dalam waktu 57 menit. Dari Jalan Raya Bypass Mojokerto, ambil arah menuju Jalan Raya Trawas-Mojosari. Sampai menemui gang sebelah masjid Baitul Muttaqin, lurus ikuti jalan hingga sampai pada sebuah gang dan sampailah di lokasi. Di sekitar gang ada papan penunjuk untuk memudahkan pengunjung mencapai lokasi. Jam operasional kafe ini buka Senin- Jumat, mulai pukul 11:00-21:00 WIB. Untuk hari Sabtu-Minggu/ hari libur buka dari pukul 08:00-selesai. 

Soal menu, kedai kopi ini menyajikan beragam menu menarik khas pedesaan. Menu-menu di tempat ini jarang ditemui di tempat lain, seperti minuman sari rempah-rempah serta singkong asli hasil kebun sekitarnya. Adapun minuman tradisional yang tersedia di sini di antaranya, kopi tubruk robusta, kopi tubruk arabika, kopi jahe, susu jahe wedang jahe, wedang uwuh, wedang kelor, kopi lajang, kopi mandor, kopi bucin, kopi pandan, kopi gula aren, kopi vanila, kopi duren, kopi susu. Jika ingin minuman yang lebih segar, bisa memilih aneka jus dan ice cream yang juga tersedia. Harganya mulai dari Rp5.000-Rp18.000

Foto : Brisik.id /Evio Tanti Nanita 

Sedangkan untuk menu camilan yang paling favorit yakni ketan durian. Selain itu, ada singkong keju, roti bakar, roti panggang, pisang bakar, French fries, cilok pedas, jagung bakar, sosis bakar, tahu pong. Sedangkan untuk menu berat tersedia nasi goreng, nasi udang bakar sambel areng, nasi ayam geprek, nasi ayam sambel areng, mie kuah telur, indomie + ayam sambel areng, dan indomie+ ayam geprek yang siap mengisi perut kalian. Harganya pun sangat ramah dikantong mulai dari Rp 13.000-Rp 15.000 saja.  

 

Tags : #mojokerto #trawas #teras #kopi #alam


Berita Terkait

Food & Travel

Menyeruput Kopi di Teras Treteh, Nikmatnya Menyatu Dengan Alam

Bersantap dan menikmati kopi dari dalam tenda.

20 Apr 2021

Food & Travel

Toko Kopi Bersaudara, Kafe Aesthetic Berdesain Industrial Unfinished

Tempatnya para seniman dan musisi menggali inspirasi dan bisa tampil ekspresif.

18 Mar 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Mencoba Healing Ke Taman Krida Kudus

Taman dengan berbagai wahana di dalamnya.

22 April 2021

Food & Travel

Santai Berteduh di Taman Bambu Kota Tangerang

Taman ini begitu adem padahal dikelilingi gedung-gedung pusat perbelanjaan dan perkantoran

11 April 2021

Food & Travel

Ngopi Pagi di Café Paling Pagi se-Sidoarjo

Cafe yang menyediakan kopi dan makanan berat untuk memenuhi asupan sarapanmu.

02 Maret 2021

Food & Travel

Macaroni Panggang Bogor Rasanya Bikin Terkenang

Kerap dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bogor.

12 Januari 2021

Food & Travel

Hidangan Lengkap dan Lezat di Wedangan Banyu Langit

Selalu siap membuat mulut dan perut pengunjung terpuaskan.

15 Maret 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Berburu Makanan dan Minuman di KRJ (Kampoeng Ramadhan Jogokariyan)

Pasar takjil yang lengkap dan bisa lanjut beribadah sesudah berbuka.

07 Mei 2021

Food & Travel

Mencoba Mie Jadoel Cirebon di Mie Murni

Mencicipi mie tradisional dengan resep turun temurun di Cirebon.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bermalam Dalam Tenda Ger di The Highland Park Resort

Serasa seperti orang bangsa Mongol atau Indian.

07 Mei 2021

Food & Travel

Kumpul lagi di Kedai Kopi Kawan Lama

Ngopi sambil di temanin iringan lagu dari para bang-band ini bisa banget di Kedai ini.

07 Mei 2021

Food & Travel

Berfoto Ria Di Gang Kecil Dengan Nuansa Kolonial di Jalan Prenjak

Di sini merupakan tempat bersejarah dengan bangunan tua sebagai latarnya.

07 Mei 2021

Berita Video

more