Pantai Kuang Wai, Tempatnya Instagramable

Food & Travel 20 Januari 2021

pantai kuang wai wisata lombok

Foto: instagram.com/dina_ayu48/


Tidak hanya terkenal akan keindahan pemandangannya, Kuang Wai juga merupakan pantai yang unik nan eksotis. Pantai ini mampu menarik perhatian wisatawan, khususnya para milenial yang ingin mendapatkan foto-foto instagramable.

Pantai Kuwang Wai juga dilengkapi dengan beberapa spot foto, seperti ayunan dan tempat duduk yang langsung menghadap ke laut. Teman Brisik bisa berfoto sepuasnya dan menikmati embusan angin pantai yang menenangkan. Terlebih saat pagi hari udaranya terasa begitu segar.

Pantai ini berada di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Cukup mudah untuk menemukan lokasinya, karena dekat dari jalan raya. Walau jaraknya agak jauh dari Kota Mataram yakni sekitar 62 kilometer atau 1,5 jam perjalanan dengan kondisi jalannya sudah sangat bagus.

Teman Brisik bisa mengikuti rute dari Kota Mataram - Cakranegara - Kediri - Jalur By Pass - Praya - Sengkol - Keruak - Tanjung Luar - Pantai Kuang Wai. Untuk ke sini Teman Brisik bisa menggunakan jasa travel dengan tarif sekitar Rp350.000 per hari. Karena belum terdapat angkutan umum yang beroperasi sampai ke lokasi pantai.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Kuang Wai, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Setelah itu lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 50 meter dari area parkir menuju pantai. Letak pantainya memang agak rendah dari pintu masuk. Sehingga membuat pantainya terlihat berbukit. Pantai ini juga dihiasi bebatuan karang di area pesisirnya yang bisa dilihat dari kejauhan.

Foto: instagram.com/laluraflii/
 
Memasuki kawasan pantai, Teman Brisik akan melewati hamparan tanah yang cukup luas yang ditumbuhi rumput dan pepohonan. Untuk ukuran sebuah pantai, lokasinya terbilang sejuk dan subur. Pantai ini juga sering dijadikan warga sebagai tempat penggembalaan, banyak kerbau dan sapi berlalu lalang di sini.

Air laut yang biru jernih dengan pasir pantai berwarna kecokelatan menjadi suguhan pemandangan Pantai Kuang Wai. Perahu-perahu nelayan yang terapung menjadi penghias pantainya.

Pantai Kuang Wai sangat bagus saat pagi dan sore hari. Pantulan cahaya matahari yang berwarna kemerahan akan membentuk siluet yang indah dari pepohonan. Pastinya juga akan menjadikan hasil foto lebih bagus. Udara pantai juga tidak akan terasa terlalu panas pada waktu tersebut.



Pantai Kuang Wai juga biasa dijadikan sebagai lokasi berkemah. Banyaknya area tanah yang landai cukup memudahkan untuk mendirikan tenda. Teman Brisik bisa memilih lokasi di pinggir pantai yang berpasir atau di bawah pohon yang rindang.

Jika ingin berlama-lama, kamu juga bisa membawa bekal dari rumah seperti snack atau makanan ringan lainnya, karena di sini belum terdapat warung makan dan untuk berjaga-jaga saat perut terasa lapar.

Foto: instagram.com/kwangwae_beach/

Terdapat beberapa bangunan dari kayu sebagai tempat duduk dan bersantai yang dinamakan berugak oleh masyarakat setempat. Tetapi di sini fasilitasnya belum terlalu lengkap, hanya ada tempat parkir, spot foto dan berugak. Sementara penginapan, warung makan, musala dan toilet belum tersedia di sini.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke pantai lainnya, seperti Pantai Rambang dan Pantai Labuan. Pantai tersebut berjarak 3 km dari Pantai Kuang Wai. Apalagi di sana banyak warung makan yang menyediakan aneka seafood dan pastinya menggugah selera.

Penginapan yang cukup dekat dari Pantai Kuang Wai adalah Green Hayaq Hotel. Jaraknya 18 kilometer dari lokasi pantai, di Jalan Diponegoro No.77, Selong, Lombok Timur. Fasilitasnya: antar-jemput bandara, akses Wi-Fi, sarapan, kamar ber-AC dan layanan kebersihan. Tarif menginapnya mulai dari Rp350.000.
Artikel ini ditulis oleh Baiq

pantai kuang wai wisata lombok

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video