Pantai Tanjung Menangis Jadi Tempat Pengobatan

Food & Travel 20 November 2020

sunrise lombok timur lombok wisata alam pasir laut pringgabaya pantai ketapang pantai tanjung menangis

Foto: instagram.com/ruhman_jayadi/


Pantai Tanjung Menangis atau Pantai Ketapang merupakan destinasi wisata yang terdapat di Dusun Ketapang, Desa Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Pantai ini mulai berkembang dan menjadi wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat lokal, bahkan sudah mulai menarik perhatian wisatawan luar negeri.

Perjalanan akan melewati pedesaan yang asri. Di kiri dan kanan jalan terdapat lahan persawahan yang ditanami padi saat musim hujan dan pada musim kemarau ditanami jagung atau tembakau. Setelah melewati area persawahan, pengunjung akan memasuki perkebunan kelapa yang nampak hijau dan rindang. Setelah itu akan memasuki perkampungan penduduk dan tak jauh dari sana terdapat pintu masuk pantai.
 
Foto: instagram.com/el_siregar2018/

Pantai ini terbilang bersih, memiliki garis pantai yang cukup luas dan berpasir hitam. Pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga, selain tempatnya yang relatif sejuk karena ditumbuhi banyak pohon kelapa. Anak-anak juga dapat berenang di area pantai karena ombaknya yang tenang. Pada pinggir pantai dibangun semacam trotoar yang bisa dijadikan tempat bersantai sambil berpiknik bersama keluarga.

Banyaknya masyarakat lokal yang berkunjung ke pantai ini biasanya bertujuan untuk pengobatan. Konon air laut Pantai Tanjung Menangis diklaim memiliki zat ion yang tinggi yang dapat mengobati penyakit rematik, stroke, pegal linu, asam urat dan sebagainya.
 
Foto: instagram.com/kdew1453
Pantai Tanjung Menangis juga memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi perbukitan dan dikelilingi beberapa gunung. Di sebelah utara pantai terdapat Bukit Kayangan, lalu di sebelah barat terdapat pemandangan Gunung Rinjani dan Gunung Mantar - Sumbawa Barat di sebelah timur. Tentunya luas perairan Selat Alas juga memberikan sentuhan keindahan tersendiri di pantai ini.

Jika Teman Brisik datang pada pagi hari akan disambut dengan pemandangan matahari terbit yang menyeruak dari seberang laut. Saat matahari terbit, area pantai akan terlihat kemerah-merahan. Saat pagi hari air laut juga akan surut, jadi Teman Brisik dapat ke tengah pantai untuk menyaksikan matahari terbit dan terumbu karang berwarna-warni di dalam air.

Pantai ini juga dilengkapi dengan jembatan yang menjorok ke tengah pantai. Dari jembatan ini Teman Brisik dapat merasakan embusan angin pantai sambil menikmati pemandangan pantai secara keseluruhan. Jembatan ini juga biasa dijadikan sebagai spot memancing.
 
Foto: instagram.com/novitawatii_1711
Wisata Pantai Tanjung Menangis dibuka 24 jam dengan biaya masuk gratis. Namun hal ini dapat berubah sewaktu-waktu. Fasilitas di pantai ini juga sudah cukup lengkap, terdapat area parkir, musala, warung makan, tempat bilas, toilet dan tempat duduk.



Pantai Tanjung Menangis terletak sekitar 71 kilometer dari Kota Mataram. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan baik menggunakan mobil atau motor. Akses jalannya sudah bagus, namun sekitar 3 kilometer menuju lokasi pintu masuk akan melewati jalan yang agak kecil.

Rute terdekat menuju lokasi Pantai: Kota Mataram - Narmada - Sedau - Mantang - Kopang - Terara - Sikur - Masbagik - Anjani - Aikmel - Pringgabaya - Pantai Tanjung Menangis.

Teman Brisik dapat menggunakan kendaraan pribadi, menyewa kendaraan atau menggunakan transportasi umum menuju pantai. Untuk transportasi umum dari Kota Mataram, Teman Brisik naik engkel/angkot jurusan Mataram-Labuhan Lombok dan turun di Pasar Pringgabaya dengan tarif Rp20.000. Dari pasar ke pantai masih berjarak sekitar tiga kilometer. Selanjutnya bisa menggunakan menuju pantai dengan membayar sekitar Rp7.000.

Salah satu penginapan terdekat dari Pantai Tanjung Menangis adalah Villas Inn Pekosong. Penginapan ini beralamat di Jalan Raya Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, sekitar lima kilometer dari lokasi pantai. Fasilitas yang disediakan: area parkir, antar-jemput bandara, taman, akses Wi-Fi dan sarapan. Tarif untuk sekali menginap sekitar Rp330.000.
Artikel ini ditulis oleh Baiq

sunrise lombok timur lombok wisata alam pasir laut pringgabaya pantai ketapang pantai tanjung menangis

Berita Terkait

Berita Video